Cara Cek GPU HP Dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Android

Bagaimana cara cek GPU HP? Sepertinya merupakan pertanyaan yang cukup jarang keluar oleh para pengguna HP atau Smartphone. 

Kebanyakan orang saat membeli sebuah ponsel lebih peduli soal RAM, kamera dan baterai. Padahal di dalamnya juga terdapat beberapa komponen penting seperti CPU dan GPU.


Nah jika kamu ingin mengetahui cara cek GPU HP pada Smartphone Android kamu, di bawah ini robotandro.com akan memberikan tutorialnya. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu juga mengetahui apa itu GPU.

Pengertian GPU


GPU merupakan singkatan dari Graphic Processing Unit atau dalam bahasa Indonesia-nya Unit Pemroses Grafis.

Menurut Wikipedia, GPU adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat pembuatan gambar dalam frame buffer yang ditujukan untuk output ke tampilan perangkat.

Jadi secara kesimpulannya, Unit Pemroses Grafis (GPU) memiliki fungsi mengolah grafis yang akan ditampilkan pada layar, seperti pada saat bermain sebuah game, menampilkan gambar 3D, vector dan sebagainya.

Jenis-jenis GPU Pada HP Android


Baik pada smartphone merk Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme dan berbagai HP Android lainnya, mempunyai chip khusus yang tertanam di dalamnya, salah satunya ada namanya GPU. Dan GPU itu sendiri memiliki jenis-jenis yang berbeda.

Beberapa jenis GPU yang paling sering ditemui pada perangkat Android saat ini ada:

•  GPU Mali

GPU Mali adalah seri GPU yang dipelopori oleh perusahaan ARM Holdings. Pada tahun 2005,  sekitar 95% Smartphone di dunia menggunakan GPU Mali. Hingga kini GPU Mali dapat ditemukan pada seri ponsel Mediatek, Samsung dan Huawei yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

•  GPU Andreno 

GPU  Adreno mulanya adalah Imageon yang dirancang oleh ATI Thechnologies, hingga ATI akhirnya diambil alih AMD. Sementara Imageon beralih ke Qualcomm. Dan kemudian jadilah Imageon berubah menjadi Andreno.

Seperti yang kita tahu Qualcomm merupakan perancang dari seri ponsel Snapdragon. Maka tidak heran saat ini, GPU Adreno cukup digemari, terutama dikalangan para Gamer.

•  GPU PowerVR

GPU PowerVR dibuat oleh perusahaan Imagination Thechnologies yang mulanya sering dijumpai pada Smartphone iPhone sampai akhirnya Apple beralih pada Fusion. Pada kenyataannya, saat ini GPU PowerVR dapat kita temui pada berbagai Smartphone dengan chipset Mediatek seperti Realme dan sebagainya.

•  GPU Tegra

Dilansir dari Wikipedia, Tegra merupakan seri sistem pada chip (SoC) yang dikembangkan oleh NVIDIA untuk perangkat seluler untuk ponsel cerdas, asisten digital pribadi dan perangkat internet seluler.

Nvidia Tegra mengintegrasikan unit pemrosesan pusat arsitektur ARM (CPU), Unit Pemroses Grafis (GPU), Nortbridge, Southbridge dan Memory Controller menjadi satu paket.

Nah, itulah beberapa jenis GPU HP yang dapat kita temui pada kebanyakan perangkat Android saat ini.

Adapun semua jenis-jenis tersebut sudah pasti mempunyai peranan masing-masing untuk memaksimalkan kinerja pada Smartphone Android. Nah, ingin tahu bagaimana cara cek GPU HP kamu? Yuk Simak terus ulasannya!

Pentingnya Mengetahui Jenis GPU Pada Smartphone Android

Sama halnya ketika kamu pertama kali ingin membeli sebuah smartphone, tentu yang akan dicek terlebih dahulu adalah spesifikasinya, seperti memori internal dan RAM, terutama bagi pengguna yang ingin menikmati bermain game di smartphone.

Meskipun pada dasarnya di smartphone Android bisa menginstal game secara langsung di Google Play Store, namun ada juga versi game tertentu yang hanya bisa diunduh melalui situs internet.

Karena itu, cara mengetahui nama GPU HP Android menjadi sangat penting, sebab setiap game yang tersedia di internet haruslah disesuaikan dengan jenis GPU masing-masing yang digunakan. Apabila tidak sesuai maka kemungkinan besar, game tersebut tidak akan bisa dimainkan.

Cara Cek GPU HP Android

Berikut ada terdapat 5 cara cek GPU HP Android menggunakan aplikasi yang kami rekomendasikan untuk diinstal di Smartphone kamu. Dan jika kamu juga tertarik mengetahui spek HP lengkap seperti sensor (gyroscope,  akselometer, kompas, dst), kecepatan CPU, GPU, dll bisa lihat di Cara Cek Spesifikasi HP Lengkap Pada Smartphone Android.

1. Menggunakan CPU-X

Yang pertama ada aplikasi bernama CPU-X yang berfungsi mengetahui spesifikasi lengkap dari sebuah Smartphone, dan utamanya adalah Smartphone Android.

Berikut cara cek nama GPU HP menggunakan aplikasi CPU-X :

•  Pertama, kamu perlu install aplikasi CPU-X dari Google Play Store Android.

•  Kemudian bukalah CPU-X seperti biasanya.

•  Tekan pada tulisan CPU.

•  Disini kamu bisa melihat informasi dari CPU Smartphone Android.

•  Cara mengetahui jenis GPU HP, cek pada tulisan GPU yang ada di bagian bawah.

•  Contohnya nama GPU pada gambar berikut adalah PowerVR.


•  Selesai.

Selain cara cek GPU HP, informasi yang dapat ditampilkan oleh CPU-X seperti Memory, Network, Sensor, Camera dan sebagainya. Dan yang paling saya suka di aplikasi CPU-X, kita bisa melihat informasi tentang Smartphone terbaru yang sedang tren saat ini, contohnya seperti gambar berikut.



2. Menggunakan CPU-Z

Kalau sebelumnya cara cek GPU HP ada CPU-X, kali ini kita akan cek nama GPU menggunakan CPU-Z.

Berikut cara cek GPU HP dengan CPU-Z:

  Download terlebih dahulu aplikasi bernama CPU-Z via Google Play Store.

  Install dan buka aplikasi CPU-Z.

  Otomatis akan terlihat jenis chipset HP yang kita gunakan pada bagian menu SOC.

  Cara cek GPU HP bisa kamu lihat tulisan “GPU Renderer” di bagian bawah, nah itulah jenis GPU Smartphone yang kita gunakan.

  Selesai.


3. Menggunakan DevCheck Hardware

Kali ini namanya cukup berbeda dari sebelumnya, namun cara mengetahui GPU HP di DevCheck Hardware juga semudah cek nama GPU HP seperti aplikasi di atas. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah seperti yang dituliskan pada panduan sebagai berikut.

  Download aplikasi DevCheck Hardware baik dari Google Play Store atau bisa melalui link DevCheck Hardware untuk mengunduh.

•  Install dan jalankan aplikasi tersebut di HP Android.

  Kemudian akan terlihat berbagai informasi lengkap dari perangkat yang kamu gunakan.

•  Untuk melihat nama GPU HP, klik bagian menu Hardware di navigasi atas.

  Kamu bisa lihat nama jenis GPU (PowerVR) seperti pada gambar berikut ini.


Simpel!

4.  Menggunakan DevInfo

DevInfo atau Device Information adalah aplikasi Android yang berguna untuk mengetahui informasi tentang dukungan perangkat yang kita gunakan baik untuk mengetahui nama / versi Android maupun untuk cek nama GPU HP Android.

Berikut inilah cara cek GPU HP Android dengan menggunakan aplikasi “DevInfo” :

•  Pertama, silahkan install Aplikasi DevInfo dari Playstore.

•  Setelah buka DevInfo, akan  menampilkan halaman utama, yaitu menu dashboard.

•  Di bagian ini, kamu dapat melihat informasi sisa RAM dan memori HP sangat lengkap.

•  Jika ingin mengetahui jenis GPU HP langsung menunju ke bagian CPU dari menu navigasi.

•  Maka akan terlihat nama dari jenis graphic processing unit pada Smartphone yang kamu gunakan.

5.  Menggunakan Device Info HW

Yang terakhir, ada aplikasi bernama Device Info HW yang cukup handal dalam urusan menampilkan informasi lengkap pada Smartphone yang kamu miliki sekarang, termasuk di dalamnya yaitu bagaimana cara mengetahui jenis GPU HP Android secara mudah seperti berikut. Caranya:

•  Seperti biasa unduh terlebih dahulu  Aplikasi Device Info HW di Google Play Store.

•  Setelah itu baru install aplikasi, dan buka.

•  Tekan menu kedua dari atas yang bertuliskan SOC.

•  Lihat pada tulisan GPU seperti yang saya lingkari, nah itulah nama GPU HP yang digunakan pada Smartphone yang saya miliki. 


Selesai! Mudah sekali bukan?

Kesimpulan

Cara cek GPU HP untuk kebanyakan ponsel memang memerlukan trik tertentu untuk melakukannya. Seperti yang telah dijelaskan pada tutorial, adapun tool atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui nama GPU HP ada :

•  CPU-X

•  CPU-Z

•  DevCheck

•  DevInfo

•  Device Info HW

Kelima aplikasi tersebut memang dibuat khusus untuk mengetahui spesifikasi lengkap pada HP Android kita, seperti untuk cek nama GPU, CPU, RAM, Baterai dan informasi lengkap lainnya tentang Smartphone.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *