Iklan

Ketahui Cara Agar HP Tidak Ngelag Dan Lemot Saat Digunakan


HP yang tiba-tiba lemot adalah hal yang sangat menjengkelkan bagi setiap pengguna Smartphone. Apalagi disaat kamu sedang asik-asiknya bermain game, atau mungkin hanya sekedar scrolling di media sosial, kemudian layar HP menjadi macet tersendat alias ngelag.

Tentu saja hal yang seperti ini akan membuat kamu merasa kesal saat menggunakannya. Kemudian muncul-lah suatu pertanyaan seperti ini:

  Kenapa hp saya lemot dan ngelag?

  Bagaimana cara mengatasi agar hp tidak ngelag?

HP yang lemot memang harus segera kamu tangani secepatnya, karena jika dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan berbagai macam masalah lainnya seperti:

  HP tiba-tiba restart sendiri

  Layar HP nge-blank dan

  HP menjadi nge-hang sampai tidak bisa digunakan lagi.

Tentu kamu tidak mau hal seperti itu terjadi kan? Karena itu pada tulisan ini akan saya uraikan apa saja faktor penyebab kenapa HP Android lemot atau ngelag dan solusi bagaimana agar HP tidak ngelag saat digunakan.

Faktor Penyebab HP Lemot

Penyebab kenapa HP jadi lemot dan ngelag bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti berikut ini: 

1.  Game dan Aplikasi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, kebutuhan kita akan sebuah Smartphone semakin banyak bahkan daripada kemampuan yang bisa di-handle oleh Smartphone tersebut.

Sehingga HP yang kamu gunakan menjadi ngelag akibat penginstalan aplikasi dan game-game berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau RAM HP.

2.  Memori Penyimpanan Penuh

Setiap HP memiliki batasan dalam menyimpan suatu file seperti musik, foto dan video. Jika kamu terlalu sering menampung berbagai file di HP-mu lambat laun media penyimpanan itu akan jenuh juga sehingga membuat kinerja Smartphone menjadi menurun dan hasilnya hp menjadi lemot.

3.  HP Panas

Main Sosmed dan game sepanjang hari memang menyenangkan. Tapi yang perlu kamu tahu bahwa HP atau Smartphone juga membutuhkan istirahat untuk mengisi tenaganya kembali. Dengan kata lain, penggunaan yang berlebihan dalam satu sesi (berjam-jam) sangat tidak disarankan karena selain membuat HP panas juga akan merusak baterai HP.

4.  Terinfeksi Virus (Malware)

Virus pada sebuah Smartphone ada bermacam-macam seperti halnya pada PC/Laptop.  Virus ini bisa datang darimana saja, contohnya virus WhatsApp yang sudah banyak beredar saat ini.

Selain itu virus juga bisa datang dari berbagai aplikasi pihak ketiga yang kamu install. Biasanya ini disebabkan karena mengunduh dan menginstall aplikasi dari luar Playstore yang tidak teruji keamanannya. Dampak dari virus ini bukan hanya sekedar membuat HP menjadi lemot atau macet tetapi bahkan bisa mencuri data-data pribadi yang tersimpan di Smartphone.

Baca Juga : Cara Membersihkan Layar dan Casing HP

Cara Mengatasi Agar HP Tidak NgeLag

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP ngelag adalah sebagai berikut.

1.  Uninstall Aplikasi

Maksud dari uninstall aplikasi ini adalah meng-hapus game dan aplikasi yang tidak diperlukan.

Memang tidak salah jika kamu gemar mengoleksi beragam aplikasi dan game pada Smartphone yang kamu gunakan. Akan tetapi, ada baiknya jika aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan itu diuninstall saja dari perangkat.

Efeknya kamu akan merasakan RAM HP jadi bertambah dan membuat kinerja Smartphone meningkat hingga keluhan pada masalah hp lemot pun jadi berkurang.

2.  Gunakan Aplikasi Pembersih

Manfaat menggunakan aplikasi pembersih adalah, kamu bisa mendeteksi berbagai file dari ukuran besar sampai ukuran kecil. Dengan begitu akan memudahkanmu untuk menyeleksi file mana saja yang ingin dihapus agar tidak salah. Gunakanlah 1 saja aplikasi pembersih agar tidak memberatkan perangkatmu, contohnya Clean Master.

Sama halnya dengan poin nomor 1, membersihkan file berukuran besar di perangkat HP, memberikan dampak ruang penyimpanan semakin bertambah. Atau jika kamu merasa file-file itu penting pakailah penyimpanan Cloud (online) seperti Google Drive, agar file tersebut masih dapat digunakan sewaktu-waktu kamu membutuhkan.

3.  Bersihkan Cache

Cache merupakan tumpukan sampah yang disebabkan dari aplikasi yang pernah digunakan. Cara membersihkan cache bisa dilakukan dengan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau sejenisnya.

Sedangkan untuk cara manual, masuk ke Menu - Pengaturan - Manajemen Aplikasi - Daftar Aplikasi - (nama aplikasi) - Penyimpanan, pilih "Hapus cache".

4.  Menggunakan Antivirus

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus merupakan salah satu masalah fatal yang dapat merusak HP bahkan membuat data di ponsel-mu hilang dicuri oleh pembuat virus. Karena itu sangat penting untuk memilih aplikasi Antivirus untuk mencegah HP lemot dan semacamnya.

Ada banyak aplikasi Antivirus yang bisa kamu install dari Playstore, dan saya lebih merekomendasikan untuk menginstall Antivirus Avast untuk HP Android.

5.  Update Perangkat Lunak

Selalu update perangkat lunak setiap ada pemberitahuan oleh system. Pembaruan oleh sistem ini biasanya akan menyertakan peningkatan terhadap proses kinerja smartphone.

Selain itu update perangkat lunak juga terbukti dapat meningkatkan keamanan sistem.

Perangkat lunak sistem bisa diunduh dari Pengaturan - Pembaruan Perangkat Lunak - Update. Setelah itu HP akan otomatis mati/restart untuk mengupdate perangkat lunak tersebut.

6.  Vactory Reset

Vactory Reset (reset ke setelan pabrik) harus menjadi metode terakhir jika upaya yang kamu lakukan untuk mengatasi HP lemot dan ngelag di atas tidak berhasil.

Vactory Reset berarti akan menghapus seluruh data yang ada di HP termasuk aplikasi, dokumen, foto, musik, video dan semua akun yang pernah dibuat di HP tersebut. Cara melakukan vactory reset dapat dilakukan melalui 2 cara:

  Cara 1: Menu - Pengaturan - Pengaturan Tambahan - Cadangkan dan reset - Reset ke setelan pabrik -  pilih: "Reset pengaturan sistem saja" atau "Hapus semua data".

  Cara 2: Dalam keadaan ponsel mati, tekan tombol power dan volume atas bersamaan. Gunakan tombol volume untuk bepindah. Pilih wipe data/factory reset, tekan tombol power untuk memilih. Otomatis HP Android akan direset ke pengaturan awal.

Baca Juga : Cara Download Foto dan Video di Instagram

Kesimpulan

Sebuah handphone bisa mengalami masalah lemot dan ngelag karena disebabkan beberapa faktor tertentu. Dan jika dibiarkan saja akan menimbulkan masalah terus berkembang seperti nge-hang dan kemudian HP mati total, tidak bisa menyala.

Karena itu sangat penting bagi kamu untuk terus memantau kesehatan Smartphone secara berkala demi menjaga kestabilan perangkat. Dengan begitu HP akan terbebas dari berbagai masalah ngelag dan sebagainya sehingga tidak perlu mencari cara memperbaiki hp rusak.

Mengikuti cara yang sudah dijelaskan di atas cukup ampuh untuk mengatasi masalah HP patah-patah atau ngelag. Karena itu perhatikan setiap langkah dengan cermat agar tidak salah. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Akhir Kata

Sekian informasi Cara Mengatasi HP Lemot dan Lag pada Semua Tipe Smartphone Android. Semoga informasi yang dituliskan di atas dapat memberikan manfaat pada para pembaca. Jika ada poin yang tidak kamu pahami bisa ditanyakan lewat komentar atau bisa juga menghubungi kontak saya.

Terimakasih.

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Ketahui Cara Agar HP Tidak Ngelag Dan Lemot Saat Digunakan"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel