Langkah Mudah Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Instagram adalah salah satu platform media sosial terbaik yang berguna sebagai alat untuk berbagi foto dan video secara online melalui fitur unggahan. Terbukti dari data jumlah unduhan dari Google Play Store yang telah mencapai lebih dari 1M oleh berbagai pengguna di seluruh dunia.
Meski sebagai media yang memudahkan kita untuk berbagi informasi pribadi, namun ada kalanya kamu juga merasa jenuh menggunakannya. Sehingga kamu akan mencari berbagai cara untuk menghapus akun Instagram secara permanen atau sementara.
Nah, jika kamu salah satu pengguna yang ingin menghapus akun Instagram, maka kamu bisa melakukannya dengan cara yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Beberapa Cara Menghapus Akun Instagram


Sebagaimana telah kami sebutkan, cara menghapus akun Instagram memiliki dua opsi yang dapat kamu pilih, yaitu secara permanen dan sementara.
Kedua pilihan tersebut tentunya mempunyai fungsinya masing-masing. Cara menghapus akun Instagram sementara artinya akun tersebut tidak benar-benar dihapus, melainkan hanya dinonaktifkan sementara sehingga suatu saat kamu ingin membukanya, maka masih dapat digunakan kembali.
Sedangkan untuk pilihan penghapusan secara permanen, artinya akun IG tersebut tidak dapat kamu gunakan lagi, kecuali mendaftarkan ulang dan memulai lagi unggahan yang baru. Karena itu, silahkan pilih dengan bijak kedua cara tersebut, lalu ikuti tutorialnya seperti berikut,

1.  Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Jika keputusan kamu hanya ingin berhenti sementara dari platform media sosial Instagram, maka opsi ini adalah pilihan yang tepat.
Adapun cara untuk menghapus akun Instagram sementara yaitu;
1.  Bukalah browser pada HP maupun PC (gunakan Chrome atau lainnya).
2.  Masukkan alamat URL www.instagram.com lalu login menggunakan akun Instagram yang terdaftar.
3.  Setelah login berhasil, masuk ke Profil, dan klik Edit Profil.
4.  Gulir ke paling bawah dan pilih “Nonaktifkan sementara akun saya“.
5.  Di bagian ini kamu harus memilih alasan Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? Pilih salah satu, misalnya sebab Masalah privasi.
6.  Ketikkan ulang kata sandi atau password akun Instagram.
7.  Setelah itu klik tulisan pilihan “Akun dinonaktifkan sementara“.
8. Otomatis akun IG kamu akan disembunyikan dari followers atau siapapun di Instagram. Selesai.

2.  Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen


Jika pilihan kamu adalah ingin menghapus akun selamanya dari platform Instagram, maka cara-caranya bisa diikuti seperti berikut,
 
1.  Buka browser Chrome, Mozilla atau sejenisnya.

2.  Silahkan kamu masuk ke alamat URL berikut: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
 
3.  Secara otomatis akan dialihkan ke halaman permintaan penghapusan akun Instagram.
4.  Masukkan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun IG, misalnya pilih karana [Terlalu sibuk/terlalu mengganggu].
5.  Masukkan kata sandi atau password akun.
6.  Terakhir pilih Hapus *nama_akun.
7.  Selesai.
Catatan : proses menghapus pada akun Instagram umumnya memakan waktu hingga satu bulan. Jadi, jika memang ingin menghapusnya secara permanen, usahakan tidak membuka akun selama waktu yang telah ditentukan.

Sebaliknya, jika akun tersebut kamu buka kembali sebelum waktunya, maka proses penghapusan akan dibatalkan dan harus melalui tahap awal lagi untuk memproses ulang cara menghapus akun Instagram.

3.  Cara Menghapus Akun Instagram yang Lupa Password


Jika kamu mengalami kendala tidak bisa memasukkan password pada saat melakukan permintaan penghapusan akun, bisa jadi disebabkan kata sandi yang kamu input tadi salah atau mungkin saja lupa.
Oleh karena itu, cara menghapus akun Instagram yang lupa password, maka terlebih dahulu melakukan pemulihan ulang kata sandi sehingga proses untuk menonaktifkan akun akan berjalan dengan lancar.
Untuk melakukan pemulihan kata sandi Instagram mungkin kamu sudah tahu caranya. Atau jika kamu memang tidak mengerti bagaimana melakukannya, bisa mengikuti cara berikut, yaitu:

3.1  Login

Sebelum mereset ulang password hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencoba login ke akun Instagram kamu terlebih dahulu.
1.  Pertama, buka lagi aplikasi browser di HP atau PC dan masuk ke alamat situs www.instagram.com.
2.  Di halaman login, pastikan untuk memilih opsi Lupa kata sandi?

3.  Masukkan Email atau nomor telepon yang digunakan untuk mengakses akun, lalu klik tombol Kirim Tautan Masuk.
4.  Periksalah pesan instruksi yang menjelaskan untuk pemilihan kata sandi baik lewat email atau SMS.
5.  Ikuti link yang telah diberikan oleh Instagram yang berfungsi untuk membuat ulang kata sandi.

3.2  Reset Password


Langkah berikutnya, setelah Instagram mengirim link pemulihan password, kamu sudah bisa menggunakannya untuk membuat lagi kata sandi yang baru, caranya:
1.  Pertama, klik tautan yang dikirim oleh Instagram.
2.  Pilih browser untuk membuka link.
3.  Buatlah kata sandi baru dan ketik ulang di bagian bawah untuk konfirmasi.
4.  Klik Atur Ulang Kata Sandi.

3.3  Hapus Akun


Langkah terakhir, jika password yang tadi telah berhasil direset ulang, maka cara menghapus akun Instagram sudah bisa kamu lakukan kembali.

1.  Pastikan untuk menggunakan browser agar prosesnya bisa dilakukan.
2.  Jika ingin hapus secara permanen bisa masuk dari alamat URL https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
3.  Pilih alasannya, kenapa ingin menghapus akun tersebut.
4.  Input password baru yang kamu buat tadi.
5.  Klik hapus akun. Selesai.
Itulah bagaimana cara menghapus akun ig apabila kamu mengalami masalah lupa kata sandi atau password. Sehingga demikian, opsi delete akun pun dapat kamu lakukan ulang.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihapus?


Sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa akun Instagram yang dihapus dapat digunakan kembali apabila opsi yang dipilih adalah penghapusan akun sementara. Sedangkan opsi hapus permanen diberikan kesempatan sekitar 30 hari sebelum benar-benar terhapus.
Caranya mengembalikannya, tinggal masuk saja ke situs www.instagram.com atau bagi pengguna HP bisa langsung melalui aplikasi. kemudian silahkan login menggunakan email dan kata sandi seperti biasa. Otomatis akun yang dinonaktifkan tadi sudah bisa diaktifkan kembali. Simpel bukan?

Kesimpulan


Cara menghapus akun Instagram terdapat 2 pilihan, yaitu:
1.  Hapus akun permanen dan,
2.  Hapus akun sementara
Yang mana keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Jadi, perhatikan baik-baik sebelum kamu menggunakan salah satu cara yang tersedia. Sehingga proses dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

Penutup


Demikianlah panduan yang bisa kami sampaikan mengenai cara hapus akun Instagram secara permanen dan sementara. Semoga informasi ini dapat membantu kawan-kawan semua. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Ajukan Pengembalian Dana Di Lazada

Cara ajukan pengembalian dana di lazada – Apakah Anda pernah mendapatkan barang yang bermasalah ketika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *