Cara Buka File PDF Di Android Dengan Mudah

Cara Buka File PDF di Android – Secara umumnya PDF dapat dibuka dengan mudah menggunakan PC / Laptop. Karena kebanyakan file atau dokumen PDF itu sendiri dibuat menggunakan software yang ada pada perangkat PC. Eits! Tapi jangan salah, PDF bukan hanya bisa dibuka ataupun dibuat dari komputer saja. Bahkan ponsel Android pun bisa digunakan untuk membuka dan membuat dokumen PDF.

Karena pada kesempatan inilah robotandro.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka file PDF tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi secara mudah pada smartphone Android. Nah sebelum melanjutkan cara buka file PDF di Android, apa sih PDF?

Pengertian File PDF

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Sebuah format dokumen yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Portable Dokument Format ditulis dengan akhiran (ekstensi) Dokumen.pdf (.PDF) seperti halnya dokumen word yang memiliki ekstensi .doc atau .docx.

Isi dari dokumen PDF dapat berupa teks/tulisan, foto dan halaman web yang dapat diambil melalui metode konversi atau semacamnya. Biasanya berkas PDF berguna sebagai media belajar yang berisi tentang tutorial dan informasi yang lengkap. Media dari dokumen inilah yang biasa kita sebut juga dengan Ebook (Electronic Book).

Sederhananya, PDF adalah sebuah berkas dokumen yang berisikan tentang berbagai informasi layaknya sebuah buku. Hanya saja berkas PDF tidak ditampilkan dalam bentuk fisik, melainkan dibuat dan dibaca melalui media elektronik seperti Komputer dan Laptop.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu PDF? Kalau sudah, mari kita lanjut ke pertanyaan selanjutnya, bagaimana sih cara buka file PDF di HP Android?

Baca Juga : Tes Wajah Mirip Artis

Cara Membuka File PDF di HP Android dengan Mudah

Cara membaca berkas PDF di smartphone Android sesungguhnya tidaklah sulit, bahkan Anda bisa membuat sendiri file PDF hanya dengan smartphone yang Anda gunakan sekarang. Adapun langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan 2 metode atau cara.

Trik yang pertama adalah membuka file pdf menggunakan aplikasi. Dan yang kedua adalah cara membuka file pdf tanpa aplikasi. berikut adalah caranya.

1.  Cara Buka File PDF di Android dengan Adobe Acrobat Reader

Cara buka file PDF di Android pada tips yang pertama ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi dari Adobe bernama Adobe Acrobat Reader yang bisa diinstal secara gratis via Google Play Store.
Adapun langkah-langkah selengkapnya yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

•  Download aplikasi Adobe Acrobat Reader melalui Google Play Store.

•  Install aplikasi seperti biasa pada ponsel Android.

  Buka Adobe Acrobat Reader.

  Kemudian silahkan login menggunakan akun Google atau Facebook.

  Lalu verifikasi kan akun yang telah Anda daftarkan.

  Setelah itu, pada langkah ini Anda sudah bisa membuka file pdf yang tersimpan di HP.

  Baca, Edit atau Buat sendiri file PDF yang kamu inginkan.

  Selesai.

Itulah bagaimana cara buka file PDF di HP Android menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader pada smartphone Anda.

2.  Cara Buka File PDF di Android Tanpa Aplikasi

Apabila Anda tidak ingin mengunduh aplikasi hanya untuk membuka dokumen PDF. Berikut ini adalah cara membuka file PDF tanpa aplikasi baik dari smartphone maupun komputer.

  Bukalah aplikasi Browser Chrome atau semacamnya di HP Android Anda.

•  Lalu ketik alamat url smallpdf.com/id/pdf-reader.

  Setelah masuk, klik tulisan “Pilih file“.

  Baru setelahnya upload file PDF yang  disimpan dalam File Manager HP atau bisa juga via Google Drive.

  Secara otomatis dokumen PDF akan tampil di halaman browser.

  Anda bisa membaca, mengedit dan mengkonversi dokumen PDF tersebut dengan mudah.

  Selesai.

Nah seperti itulah cara buka file PDF di Android tanpa aplikasi. Trik ini tidak hanya berlaku untuk HP Android saja, tetapi baik pengguna iOS dan Windows bisa mengikuti cara ini.

Penutup

Cara membuka file PDF di HP tidaklah sulit. Seperti halnya pada pengguna PC. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah software yang mendukung untuk view atau melihat berkas PDF tersebut. Selain itu kamu juga bisa membuka dan mengedit file PDF tanpa aplikasi tambahan, yaitu lewat alamat web browser. Sehingga memang semudah itulah cara buka file pdf di Android.

Baiklah, cukup sekian informasi tentang Cara Membuka File PDF Di HP Android. Semoga informasi ini dapat berguna dan memberi manfaat untuk pembaca. Dan jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, silahkan tuliskan di kolom komentar atau melalui kontak yang tersedia.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *