Cara Mengaktifkan USB OTG Untuk Menggunakan Flashdisk dan Joystick Di HP

Jaman sekarang Smartphone Android sudah menjadi sebuah alat yang serbaguna untuk kita, terutama sebagai media komunikasi dan hiburan. Dengan ukuran yang pas dengan genggaman tangan, HP ini bisa dioperasikan di manapun dan kapanpun kamu mau.

Dan menariknya, HP Android saat ini sudah didukung sebuah fitur yang mana bisa kamu gunakan untuk mengakses media/file di Flashdisk tanpa bantuan PC atau Laptop. Dengan catatan, HP Android kamu memiliki dukungan koneksi USB OTG. Apa itu OTG?
Pengertian USB OTG

OTG atau On The Go, adalah sebuah fitur yang tersemat pada Smartphone yang memungkinkan kita dapat menggunakan Flashdisk, Joystick, Hardisk, Mouse dan sebagainya melalui port micro USB maupun USB Type-C di HP.
Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menggunakan Laptop untuk mengakses file di Flashdisk. Bahkan kamu bisa main game menggunakan Joystick PC di HP melalui koneksi OTG. Wah, keren sekali kan?
Harga USB OTG sendiri bisa kamu dapatkan di toko aksesoris HP dengan harga kurang dari Rp20.000. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana sih cara menggunakan USB OTG di HP?

Cara Menggunakan USB OTG

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan terlebih dahulu bahwa HP yang kamu gunakan support dengan kabel USB OTG. Biasanya dapat dilihat dari kotak atau buku panduan Smartphone, atau bisa dicek dari aplikasi USB OTG Checker di Playstore. Jika sudah, lanjut ke tahap berikutnya..
Pada dasarnya untuk menggunakan USB OTG di HP, cukup colokan OTG ke lubang atau port USB pada HP. Hanya saja, untuk mengkoneksikan OTG tersebut diperlukan setting untuk mengaktifkannya. Berikut cara menggunakan USB OTG.
Cara mengaktifkan USB OTG di HP Android:
•  Colokan kabel USB OTG ke port USB handphone.
•  Dari tampilan menu utama HP, masuk ke PENGATURAN.

•  Silahkan gulir ke bawah, klik PENGATURAN TAMBAHAN.
•  Lalu temukan tulisan KONEKSI OTG dan aktifkan.
•  Jika kamu menggunakan untuk Flashdisk, tunggu beberapa detik sampai muncul notifikasi di layar atas HP.
•  Kemudian file di Flashdisk tersebut sudah bisa diakses di Manager File (penyimpanan berkas) atau File Eksporer yang dapat diunduh dari Playstore Android.
•  Selesai.
Kesimpulan

USB OTG sangat memudahkan kita untuk untuk menyimpan dan mengakses file dari Flashdisk. Selain itu USB OTG juga dapat juga untuk menyambungkan Mouse, Hardisk dan Joystick yang biasanya digunakan untuk Laptop/Komputer, tetapi bisa juga digunakan untuk Smartphone Android.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *