Cara Menggunakan DroidCam Untuk Mengontrol Kamera HP dari PC

Umumnya PC atau Laptop sudah dibekali dengan kamera yang terpasang di bagian atas layar. Sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas seperti selfie atau membuat perekaman video. 

Namun pada kebanyakan laptop hanya memiliki sebuah kamera dibagian depan saja. Lalu bagaimana jika kita ingin memotret atau merekam suatu objek tanpa harus menghadapkan layar monitor pada objek tersebut? Jawabannya bisa. Trik yang akan kami bagikan ini adalah memanfaatkan kamera Hp sebagai webcam di PC dengan cara menggunakan aplikasi DroidCam.

Cara menggunakan DroidCam untuk menjadikan sebuah handphone sebagai webcam memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bisa dijadikan sebagai alat cctv di rumah kita. Tentunya hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga keamanan rumah kita hanya dengan sebuah smartphone.

Jaman sekarang kebanyakan orang sudah memiliki smartphone, baik itu anak-anak sampai orang dewasa memiliki perangkat tersebut. Lantas, bagaimanakah cara menjadikan ponsel mu sebagai webcam pada PC? Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah bagaimana caranya.

Cara Menggunakan Aplikasi DroidCam di HP dan PC

Cara menjadikan kamera HP sebagai webcam sebenarnya cukup gampang karena yang dibutuhkan dalam trik ini hanyalah sebuah aplikasi yang bisa di unduh secara gratis. Sesuai judul, di sini kita akan mempelajari cara menggunakan DroidCam untuk mengontrol kamera HP lewat PC.

Dan tentu saja HP diperlukan Adalah OS dari sang robot hijau Android dan sebuah PC Windows. Nah jika semua sudah lengkap, simak caranya langkah demi langkah berikut ini.

1. Install Aplikasi DroidCamp di HP Android

Sebelum mulai ke tahap cara menggunakan DroidCam tentunya HP Android sobat sudah menginstal yang namanya aplikasi DroidCam. Dan khususnya untuk PC Windows sobat juga perlu menginstal software bernama DroidCam Client. Untuk aplikasi DroidCam pada Android, silakan sobat unduh dari Google Playstore. Sementara DroidCam Client untuk PC bisa langsung klik di sini.

2. Buka aplikasi

Jika sudah di download, selanjutnya tinggal buka aplikasi DroidCam pada PC dan Smartphone. Pastikan untuk menghubungkan jaringan wifi PC pada hotspot di HP. Kemudian ikuti langkah berikut.

    Di HP silakan lihat pada tampilan DroidCam, lihat pada tulisan IP dan DroidCam Port.

    Di PC, masukan IP tadi pada kolom Device IP dan begitu juga DroidCam Port.

 


3. Menggunakan Kamera HP Android dari PC

Terakhir, jika cara diatas sudah diikuti tinggal klik saja tulisan “Start” dan tunggu beberapa detik. Secara otomatis akan dialihkan langsung pada kamera seperti gambar di bawah.

Pada tahap ini kita sudah berhasil menjadikan kamera Hp sebagai Webcam untuk PC kita. Dan untuk mematikan kembali kamera tinggal tekan tombol back saja pada Hp maka akan kembali ke halaman semula. Selain itu kita bisa memilih menggunakan kamera depan atau kamera belakang di Hp dengan cara klik ikon di kanan atas pada DroidCam seperti pada gambar.



 
 

Selesai! Nah itulah cara menggunakan DroidCam di HP Android dan PC.

Kesimpulan

Itulah Aplikasi Webcam HP Android bernama DroidCam yang bisa kita unduh secara gratis dari Google Playstore. Dengan cara menggunakan aplikasi DroidCam tersebut cukup bagus bagi sobat yang ingin menjadikan HP sebagai CCTV di rumah sehingga dapat meningkatkan keamanan di rumahmu.

Sekian tips dan trik Cara Menjadikan HP Android Sebagai Webcam Di PC. Semoga saja bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *