Cara Update Android 10 Ke Android 11


Setelah rilisnya versi terbaru dari Operating System Android beberapa bulan yang lalu, yaitu Android 11. Banyak sekali pertanyaan oleh pengguna Smartphone tentang bagaimana cara update Android 10 ke Android 11?

Nah, menanggapi pertanyaan “cara update Android 10 ke 11” di Smartphone sebenarnya cukup gampang. Tetapi pertanyaan yang seharusnya adalah “Apakah HP saya support untuk update ke Android 11?”

Seperti yang telah kita ketahui, Android 11 telah diluncurkan oleh Google pada tahun lalu tepatnya tanggal 8 September 2020. Pada beberapa merk atau tipe ponsel telah mendapatkan full version dari Android 11, sementara pada beberapa tipe ponsel tertentu mendapatkan Android 11 versi Beta (versi percobaan).

Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa Android 11 hanya dapat ditemukan atau di-update pada merek-merek HP tertentu saja yang beruntung mendapatkan versi Android tersebut. Lalu, bagaimanakah cara mengetahui HP Android saya mendukung update ke Android 11?

Untuk itu kamu bisa mengikuti tutorial cara update Android 10 ke 11 di bawah ini. Jika HP kamu memang support pembaruan Android 11, maka selamat. Namun jika tidak bisa, maka kamu harus bersabar sampai ada pembaruan Android 11 di HP kamu.

Cara Update Android 10 ke 11

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tidak semua handphone Android bisa diupgrade ke versi Android 11. Contoh merk yang bisa update OS ini adalah Samsung, Realme, Xiaomi, Vivo dst.
Karena itu kamu bisa memeriksa terlebih dahulu apakah ponselmu sudah bisa mencicipi Android 11 dengan mengikuti cara berikut ini.
Berikut ini cara update Android 10 ke 11 :
1. Pertama bukalah menu pengaturan dari HP Android kamu.
2. Masuk ke “Pembaruan perangkat lunak“.
3. Klik ikon pengaturan di sudut kanan atas.
4. Kemudian klik “Versi uji coba” dan silahkan tunggu beberapa saat.
5. Jika HP kamu tidak support maka hanya menampilkan “No test version available“. Dengan kata lain belum bisa mendapatkan pembaruan Android 11.
6. Jika tampil pilihan pembaruan Android 11 Beta maka kamu bisa mengunduh atau mendownload nya langsung.
7. Setelah download berhasil, tinggal install saja update Android 10 ke 11, seperti pada contoh gambar di HP Realme berikut.
Langkah terakhir adalah menunggu sampai Android 11 berhasil terpasang. Maka kamu sudah bisa menikmati beragam fitur yang tersedia di Android 11.
Selesai.

Kelebihan Dan Fitur Android 11

Setelah update Android 10 ke 11 maka kamu akan mendapatkan fitur dan tampilan yang agak berbeda daripada versi sebelumnya. Berikut ini merupakan daftar fitur yang tertanam di Android 11.

1. Fungsi Tombol Power

    
Salah satu fitur yang menarik dari Android 11 ini adalah fungsi tombol power yang berbeda dari versi sebelumnya. Saat kamu menekan tombol power akan muncul kontrol perangkat rumah pintar serta dompet digital.

2. Notifikasi Melayang

Fitur yang unik lainnya adalah notifikasi yang muncul dilayar akan berbeda dari versi lamanya.
Jika versi Android sebelumnya notifikasi pesan akan muncul normal dari bagian layar atas, namun pada Android 11 notifikasinya  akan ditampilkan dalam bentuk gelembung yang melayang di layar ponsel. Menarik bukan?

3. Pengaturan Izin Aplikasi


Umumnya saat kita menginstal dan membuka sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan meminta perijinan satu kali terlebih dahulu dari kita. Seperti aplikasi pengedit foto yang meminta izin untuk memindai file foto yang akan ditampilkan.
Di Android 11, izin aplikasi akan lebih dibatasi pada saat kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini tentu sangat berguna untuk melindungi datamu dari pihak sumber aplikasi yang tidak bertanggung jawab.
Itulah beberapa kelebihan dan keunggulan setelah kamu update Android 10 ke 11. Sebenarnya masih banyak fitur kelebihan dari Android 11 yang tidak ditulis semuanya, seperti fitur dark mode yang memiliki tingkatan yang bisa diatur.
Karena itu kamu bisa jelajahi sendiri beragam fitur menarik lainnya yang akan memanjakan matamu saat menggunakan Operating System Android 11.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *