Inilah Perbedaan Kabel Data Micro USB dan USB Type C

Setiap pembelian Smartphone di toko resmi pasti akan dilengkapi dengan sebuah kotak penyimpanannya. Dan di dalam kotak tersebut terdapat beberapa komponen pelengkap Smartphone yang kita beli, salah satunya Charger.

Umumnya charger atau cas-an sebuah smartphone dilengkapi dengan yang namanya kabel data. Kabel data ini yang akan menjadi penghubung antara Handphone dengan Charger untuk mengisi daya melalui aluran listrik.

Kabel data pada handphone yang paling umum digunakan yaitu tipe kabel micro USB. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kabel data telah ditingkatkan lagi menjadi USB Type-C. Lalu munculah sebuah pertanyaan “apa sih bedanya kabel micro USB dengan USB Type-C?”

Sekilas kedua tipe kabel data tersebut terlihat tidak ada yang berbeda serta fungsinya juga sama. Namun jika dilihat lebih detail lagi USB Type C memiliki perbedaan fisik pada ujung kabel.

Ujung colokan kabel USB Type C memiliki lengkungan pada kedua sisi. Sedangkan pada micro USB hanya terdapat satu lengkungan saja dan disisi lainnya berbentuk datar. Hal inilah yang menjadi perbedaan utama pada kedua kabel data tersebut.

Kemudian, apa sih kelebihan atau keunggulan USB Type-C dari micro USB?

Perbedaan USB Type-C dan Micro USB

Pada dasarnya kedua tipe kabel ini sama-sama digunakan untuk ngecas dan sebagai alat tranfer data. Hanya saja keduanya memiliki kecepatan transfer yang berbeda pada fungsi tersebut. Berikut perbedaan USB Type-C dan micro USB.

1. – Lengkungan konektor USB Tipe C lebih mudah dicolokkan karena bisa bolak-balik. 

    Sedangkan micro USB harus disesuaikan dahulu sebelum mencolok langsung.

2. USB Tipe C mendukung pengisian daya lebih cepat seperti metode pengisian fast charging.

3. – USB Type-C bisa mentransfer data lebih cepat hingga 10Gbps. 

    – Pada micro USB memiliki transfer data hanya sampai 5Gbps.

4. – USB Type-C bisa juga digunakan sebagai pengganti port HDMI.

Itulah beberapa kelebihan USB Tipe C dibandingkan dengan kabel data micro USB.

Kesimpulannya setelah melihat beberapa perbedaan diatas tentu USB Type-C mempunyai keunggulan yang lebih baik daripada micro-usb. Terutama dalam hal nge-charge hp yang mana saat ini dukungan pengisian daya dan transfer data yang cepat tentu yang paling kita butuhkan.

Check Also

Apakah anda ingin mendownload lagu koplo favorit anda tetapi tidak mengetahui caranya? maka simak cara download lagu dangdut koplo MP3 gratis pakai Y2Mate.

Download Lagu Dangdut Koplo Mp3 Gratis Pakai Y2Mate

Apakah anda ingin mendownload lagu koplo favorit anda tetapi tidak mengetahui caranya? maka simak cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *