Iklan

Fungsi ISO Dan Shutter Speed Pada Kamera HP

Fungsi ISO pada kamera HP
Fungsi ISO Pada Kamera HP

Apa Fungsi ISO pada Kamera HP? - Secara umum, fungsi kamera adalah untuk menangkap suatu objek dan berbagai pemandangan, lalu menyimpannya dalam bentuk gambar yang bisa dibuka dan dilihat kembali melalui layar HP. Dengan fungsi ini tentunya sangat berguna sekali bagi kita yang ingin selalu mengabadikan setiap momen berharga sebagai kenangan.

Kualitas pada kamera itu sendiri juga berbeda-beda pada setiap merk/tipe Smartphone, biasanya dipertimbangkan dalam segi harga. Kualitas kamera tersebut dapat ditentukan dari nilai MP (Megapixel) yang dapat dilihat dari spesifikasi handphone. Semakin besar pixel maka semakin baik untuk menampilkan gambar yang berkualitas.

Salah satu fitur yang menarik pada kamera Smartphone yaitu adanya Mode Pro / Mode Pakar sebagai pelengkap alat fotografi profesional. Dan yang paling sering kita jumpai dalam Mode Pro ini adanya fungsi ISO pada kamera HP serta sutterspeed yang cukup berperan penting terhadap hasil foto yang dipotret. Selain itu ada juga yang namanya Aperture dan WB (White Balance) sebagai pelengkapnya.

Bagi kamu yang memang sudah ahli dalam bidang fotografi pada Kamera Digital, tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya Mode Pro ini. Sehingga Anda dapat dengan mudah memanfaatkan fungsi ISO pada kamera HP tersebut.

Namun, untuk yang baru mengetahui adanya fitur manual pada kamera HP, mungkin akan merasa bingung dan bertanya-tanya Apa itu mode pro, serta bagaimana cara penggunaannya.

Pengertian Mode Pro

Mode Pro atau disebut juga Mode Pakar merupakan suatu teknik fotografi dengan cara pengambilan gambar yang diatur secara manual dengan menentukan tingkat fokus, warna dan kecerahan yang diinginkan.

Berbeda dengan Mode Auto yang mana setiap pengaturannya sudah disetting secara otomatis oleh sistem, sehingga tidak perlu ribet untuk mengatur tingkat fokus dan kecerahan karena sudah disesuaikan oleh Mode Auto.

Bisa dikatakan Mode Pro pada kamera ditujukan untuk orang-orang yang sudah profesional di bidang fotografi dan tentunya memahami apa saja fungsi pada Mode Pro, seperti ISO, Shutterspeed, Aperture, WB dan AF.

Cara Menggunakan Mode Pro pada Kamera HP


Apa fungsi ISO pada kamera HP?


Untuk mengakses mode manual itu sendiri pada beberapa merk HP, misalnya pengguna Realme, dari menu utama masuk ke aplikasi Kamera -> Pilih "Selengkapnya" -> aktifkan "Mode Pakar". Maka Anda akan menemukan sejumlah kode seperti ISO dan S (Shutterspeed) disertai dengan kode angka / nomor di bawahnya.

Lalu apa fungsi ISO dan Shutter Speed pada kamera HP?

Fungsi Mode Pro Pada Kamera HP

Seperti yang tertulis jelas di atas, di Mode Pro ini kita akan menyesuaikan pengaturan kamera secara manual dengan cara mengubah kode angka untuk mengatur tingkat fokus maupun kecerahan pada gambar. Tentunya Anda perlu memahami fungsi  dari Mode Pro sebelum menggunakannya.

Di bawah ini akan dijelaskan 3 fungsi pada mode Pro, yakni Fungsi ISO, Shutterspeed dan White Balance pada kamera HP.

1.  Fungsi ISO Pada Kamera HP

Fungsi ISO pada kamera HP adalah untuk mengatur tingkat sensitifitas pada sensor kamera terhadap cahaya. Sederhananya, ISO bertugas untuk mengatur tingkat kecerahan, terang atau gelapnya cahaya dari gambar yang akan ditangkap oleh kamera dengan cara mengatur angka/nilai ISO tersebut.

Semakin besar nilai ISO yang diatur maka akan semakin tinggi pula tingkat kecerahan pada gambar atau foto. Sedangkan nilai ISO yang rendah akan membuat foto semakin gelap. Tingkat ISO pada kamera handphone biasanya sekitar antara 100 sampai 6400.

Meski dapat meningkatkan kecerahan, menambah nilai ISO yang terlalu berlebihan akan menyebabkan foto menimbulkan efek noise atau bintik-bintik pada hasil foto. Sehingga penggunaan ISO yang terlalu tinggi tidaklah disarankan.

Cara menggunakan fungsi ISO pada kamera HP:

•  Mengatur nilai ISO yang tidak terlalu tinggi (Low ISO) antara 100 sampai 200. Manfaatnya tentu untuk menghindari efek noise pada gambar sehingga foto akan terlihat bersih dari bintik-bintik yang mengganggu.

•  Pilih tempat dengan pencahayaan yang terang. Penggunaan nilai ISO yang rendah memang akan membuat foto terlihat jernih, namun jika digunakan pada tempat yang gelap dengan pengaturan low ISO maka akan membuat foto jadi semakin gelap.

Kesimpulannya, fungsi ISO pada kamera HP adalah sebagai alat pengatur tinggi dan rendahnya sensitifitas cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera.

Dengan mengatur nilai ISO yang tinggi akan membuat foto semakin terang. Sebaliknya penggunaan ISO yang rendah akan membuat foto terlihat gelap.

Itulah tadi fungsi ISO pada kamera HP. Selanjutnya apa fungsi dan kegunaan Shutterspeed?

2.  Fungsi Shutter Speed Pada Kamera HP

Fungsi Shutter Speed (kecepatan rana) adalah memberi waktu seberapa lama sensor pada kamera akan terbuka untuk menangkap foto yang akan dipotret.  Semakin kecil nilai Shutter maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang ditangkap oleh sensor.

Shutter Speed biasanya digunakan untuk mengambil foto cepat yang bergerak sehingga membuat gambar yang ditangkap terkesan seperti terlihat kecepatan gerakannya, misalnya untuk mengambil gambar sungai yang mengalir.

Contoh nilai Shutter Speed terlihat dengan angka: 1/800s, 1/500s, 1/100s, 1s, 1.5s, 3s,... dan seterusnya. Semakin tinggi mengatur nilai Kecepatan Rana, maka foto yang dihasilkan pada gambar yang bergerak akan semakin terlihat blur.

4.  Fungsi WB Pada Kamera HP

WB atau White Balance hanyalah sebagai pelengkap saja dari fungsi ISO dan Shutter Speed pada kamera HP.

White Balance memiliki kegunaan untuk menampilkan efek warna di dalam sebuah gambar sehingga akan memberikan kesan efek temperatur suhu di dalamnya.

Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan cahaya baik di dalam atau di luar ruangan agar gambar tetap terlihat natural.

Nilai WB yang dapat diatur pada Mode Pro kamera Smartphone umumnya berkisar antara 2000K sampai 9000K.

Semakin tinggi WB maka akan memberikan kesan suhu panas pada foto dengan warna kekuningan. Begitu juga sebaliknya WB yang rendah akan terkesan berefek dingin dengan warna kebiruan.

Kesimpulan

Itulah beberapa fungsi yang paling umum digunakan dalam mode pakar pada sebuah Smartphone.

Ya paling tidak Anda sudah tahu gambaran umum dari mode manual ini yang mana terdapat pengaturan seperti fungsi ISO pada kamera HP.

Mungkin bagi Anda yang tidak ingin repot tentu bisa saja mengabaikan hal ini. Dan kembali ke mode biasa yang mana tingkat fokus dan kecerahan sudah disesuaikan otomatis.

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Fungsi ISO Dan Shutter Speed Pada Kamera HP"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel