4 Cara Menyimpan Link di Google Drive Mudah dan Praktis!

Cara Menyimpan Link di Google Drive

Pexels.com


Cara menyimpan link di google drive perlu Anda ketahui supaya data yang Anda simpan terjaga keamanan dan kualitasnya. Google drive merupakan perangkat yang dapat menyimpan folder Anda dengan jumlah tak terbatas. Google drive juga bisa dibagikan kepada orang lain melalui link. 

Namun, bagaimana cara menyimpan link di google drive? Yuk, simak ulasan cara menyimpan link di google drive berikut ini!



4 Cara Menyimpan Link di Google Drive Mudah dan Praktis!

Link google drive dapat di share secara private ataupun public. Tergantung dari tujuan si pemilik file tersebut. Ada pula cara khusus supaya link google drive menjadi pendek supaya link URL bisa mudah diingat atau link yang bisa di share dalam bentuk direct link supaya orang lain bisa langsung mendownload file tersebut. Berikut ulasan selengkapnya!

Sebelum memulai pembahasan yang lebih jauh. Anda harus tahu bahwa pengaturan private dibuat jika file tersebut bersifat rahasia. Contohnya ialah file skripsi supaya hak miliknya tidak diakui orang lain. Nah, beberapa langkah yang harus Anda ikuti, ialah sebagai berikut:

  • Silahkan buka akun google drive milik Anda, kemudian masuk dan pilih bagian Folder / File, lanjutkan dengan memilih file yang akan dibagikan, buka file tersebut, kemudian klik opsi bagikan

  • Silahkan Anda bagikan link file pada alamat email yang Anda kehendaki bisa ke teman yang sudah Anda minta sebelumnya atau anggota perusahaan Anda. Serta silahkan Anda tentukan juga, hak akses yang bisa didapatkan oleh orang tersebut atau orang selain Anda. Apakah mereka hanya mendapatkan hak akses untuk sekedar membaca atau bisa menjadi editor dari film tersebut

  • Jika sudah Anda tentukan, maka silahkan pilih kirim

  • Jika sudah terkirim, maka akan muncul tanda notifikasi berupa “dibagikan dengan satu penerima (nama alamat email orang yang Anda kehendaki)”

  • Konfirmasi juga kepada orang yang ingin Anda tuju atau orang yang Anda kehendaki. Jika Anda sudah melakukan langkah diatas maka file tersebut sudah bisa di akses oleh Anda dan orang yang sudah Anda kehendaki. Jika ada orang lain yang mengetahui link tersebut, maka tetap tidak bisa kecuali Anda izinkan terlebih dahulu alamat emailnya.


Berbeda dengan file yang Anda kehendaki di share secara private. Jika Anda memilih pengaturan file untuk dapat di share secara public, maka siapapun dapat mengaksesnya asal memiliki link tersebut. Namun, untuk hak akses bisa mengedit atau membaca saja, Anda yang perlu menentukan. 

Cara menyimpan link di google drive secara public hampir sama dengan yang di private hanya berbeda di hak akses. Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Silahkan Anda buka google drive, buka file yang ingin Anda bagikan, kemudian klik icon titik 3 pada file yang ingin Anda bagikan ke public

  • Pilih menu bagikan link, kemudian atur tanda nonaktif ke tanda aktif. Jika sudah atur tanda nonaktif ini maka file tersebut sudah bisa dilihat oleh semua orang yang memiliki link tersebut. 

  • Setelah itu akan ada tampilan dimana kamu bisa mengatur hak akses siapa yang bisa melihat dan mengedit file tersebut

  • Silahkan copy link dan Anda dapat membagikannya kepada orang yang Anda kehendaki.

  • Biasanya link seperti ini digunakan untuk mengumpulkan tugas yang dikoordinir satu kelas ataupun folder yang berisi materi dosen supaya semua mahasiswa dapat mengakses file tersebut.


Link yang Anda dapatkan dari hasil copy link dari google drive biasanya berbentuk panjang dengan karakter yang berbeda beda dan pastinya susah untuk diingat. Bagi Anda yang ingin memperpendek atau menyingkat link tersebut, maka Anda bisa menggunakan URL Short Tools.  Nah, untuk mengetahui caranya, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Langkah pertama ialah mengcopy link URL dari file yang ingin Anda bagikan dari google drive. Caranya sama, tinggal buka file tersebut, pilih tanda titik 3, kemudian klik bagikan.

  • Lalu akses website bit.ly atau website url short tool yang lainnya dan silahkan salin link yang telah kamu siapkan sebelumnya dari google drive

  • Tempelkan pada kolom teks yang tersedia di website tersebut

  • Centang kolom yang berisikan perintah create dan berikanlah nama singkat untuk link Anda sesuai dengan keinginan Anda

  • Silahkan klik simpan dan tunggu prosesnya beberapa saat sampai link google drive Anda muncul sesuai nama link yang sudah Anda kehendaki sebelumnya

  • Silahkan Anda share link singkat tersebut ke teman atau orang yang ingin Anda bagikan

  • Biasanya link ini digunakan untuk membagikan file berupa formulir. Sehingga orang yang akan mengisi file tersebut ingat ketika membuka mesin pencariannya.


Direct link ialah sebuah link yang disediakan apabila seseorang mengakses link tersebut, maka file yang ada di dalamnya akan otomatis terunduh secara langsung. Contohnya adalah beberapa file baik berupa word, pdf, ataupun ppt yang Anda cari di google ketika Anda klik link tersebut maka filenya akan langsung terunduh di hp atau laptop Anda. 

Nah, untuk membuat direct link semacam itu, beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan link dari google drive yang ingin Anda simpan. Copy link tersebut. Contohnya ialah link berikut :


https://drive.google.com/open?id=ofiyKWin8pn7ntXhHamdziCaIRIE


  • Kemudian ubah link tersebut menjadi link seperti yang tertera berikut ini supaya menjadi direct link :

https://docs.google.com/uc?export=download&id=ID 

  • Ubahlah tulisan ID dengan link google drive Anda setelah tanda = (ofiyKWin8pn7ntXhHamdziCaIRIE ) sehingga akan tampak hasil seperti ini :

https://docs.google.com/uc? export=download&id=ofiyKWin8pn7ntXhHamdziCaIRIE

 

  • Setelah selesai, maka link tersebut sudah siap untuk Anda bagikan ke orang yang Anda tuju. Baik teman sekelas, atau bahkan di share melalui sosial media yang Anda punya.


Kesimpulan

Demikian, beberapa cara menyimpan link di google drive yang bisa Anda coba dengan mudah dan praktis. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, baik menyimpan link di google drive yang akan di share ke public ataupun private, dalam bentuk short link atau direct link. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat!

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *