Iklan

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh Untuk Performa Lebih Baik




Cara agar penyimpanan tidak penuh penting untuk kamu ketahui. Tentu, agar HP atau Smartphone yang kamu gunakan dapat berfungsi dengan baik.

Terkadang file-file yang ada di memori penyimpanan tidak begitu banyak. Namun tiba-tiba penyimpanan internal HP sudah penuh. Dan ketika penyimpanan sudah penuh kinerja pada HP akan berkurang. Sehingga mengakibatkan kurang nyamannya dalam melakukan aktivitas penggunaan HP.

Inilah Beberapa Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh


Apabila yang terjadi hanya beberapa saat saja, mungkin itu tidak akan mengganggu. Namun yang terjadi sebaliknya HP/Smartphone kamu akan terasa lambat. Bahkan terasa panas saat digunakan.

Supaya HP bisa berfungsi dengan baik tanpa ada kendala, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi masalah pada penyimpanan HP.

Adapun cara agar penyimpanan tidak penuh pada Smartphone yang kamu gunakan adalah sebagai berikut :

1.  Langkah 1: Hindari Install Aplikasi yang Berat


Apabila kamu memiliki hobi bermain game ataupun hobi memasang berbagai macam aplikasi media sosial. Kebiasaan hobi tersebut jelas dapat memenuhi penyimpanan HP. Sebab, aplikasi tersebut memiliki grafis yang tinggi sehingga bisa memberatkan kinerja pada HP / Smartphone.

Aplikasi dengan grafis tinggi membutuhkan banyak file gambar dengan ukuran yang besar. Hal inilah yang memenuhi penyimpanan dan dapat memperlambat kinerja HP. Maka dari itu hindari memasang aplikasi yang berat. Pastikan memasang aplikasi sesuai dengan kemampuan dari penyimpanan, serta RAM HP.

2.  Langkah 2: Hapuslah Aplikasi Tidak Penting


Apabila kamu sudah tidak menggunakan aplikasi, sebaiknya dihapus saja. Seperti aplikasi games yang sudah tidak atau jarang sekali digunakan.

Aplikasi game biasanya banyak menggunakan penyimpanan di dalam HP. Apabila kamu ingin memasang aplikasi game lainnya. Sebaiknya aplikasi sebelumnya dihapus saja dengan cara uninstall aplikasi tersebut.

3.  Langkah 3: Hapus Cache Aplikasi


Aplikasi yang digunakan biasanya akan memiliki sampah cache yang tersimpan. Aplikasi tersebut memiliki data-data yang tersimpan yang tidak akan terlihat di penyimpanan internal. Data-data inilah yang disebut dengan cache. Sampah ini bisa saja memiliki ukuran
ratusan MB.

Cara agar penyimpanan tidak penuh, sebaiknya dihapus saja. Untuk menghapus cache umumnya terdapat di Pengaturan kemudian masuk ke Pengaturan Penyimpanan / aplikasi. Dalam penyimpanan pilih data dalam cache, kemudian hapus. Sampah cache pun otomatis akan terhapus.

4.  Langkah 4: Hapus Aplikasi Bloatware Atau Bawaan


Aplikasi Bloatware merupakan aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak pertama kali membeli HP. Sehingga aplikasi bawaan tersebut hanya memenuhi penyimpanan internal HP.

Oleh karena itu, aplikasi yang tidak terlalu penting sebaiknya dihapus saja. Apabila tidak bisa dihapus, kamu bisa menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Caranya buka di bagian Pengaturan lalu pilih bagian Daftar Aplikasi dan pilih semua. Setelah masuk pilih aplikasi bawaan yang akan di nonaktifkan.
 

5.  Langkah 5: Cek Data Aplikasi Perpesanan

Ketika kamu menggunakan aplikasi  perpesanan. Tanpa disadari kamu pernah mengunduh foto, video, dokumen, dan data lainnya. Hal tersebut sering terjadi dan semakin lama data tersebut memenuhi penyimpanan internal di HP.

Cara agar penyimpanan tidak penuh periksalah aplikasi perpesanan melalui file manager. Masuk ke dalam folder aplikasi yang akan dihapus. Kemudian hapuslah data yang tidak perlu ataupun tidak dibutuhkan.

6.  Langkah 6: Install Aplikasi Cleaner Dan Anti Virus


Rutinitas yang tidak boleh dilewatkan agar penyimpanan tidak penuh. Membersihkan data HP dengan menggunakan aplikasi cleaner dan antivirus. Aplikasi tersebut bisa membersihkan dan menjaga HP dari virus atau malware.

Untuk membersihkan sampah dan data yang tidak penting bisa menggunakan aplikasi cleaner. Sementara untuk mencegah data-data dan virus masuk ke dalam sistem hp menggunakan Aplikasi antivirus.

Gunakan aplikasi pembersih terpercaya seperti CCleaner atau Clean Master yang dapat kamu download dari Playstore secara gratis. Begitupun dengan antivirus.

7.  Langkah 7: Gunakan Kartu Micro SD Sebagai Memori Penyimpan Media


Saat ini sebagian besar kartu micro SD tidak dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi. Namun, kartu micro SD ini bisa digunakan sebagai penyimpanan eksternal. Penyimpan ini bisa dipakai untuk menyimpan foto, video, musik, dan sejenisnya.

Hal tersebut merupakan cara agar penyimpanan tidak penuh. Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan sekaligus meningkatkan kinerja HP.

Kesimpulan


Selalu menjaga ruang penyimpanan pada HP atau Smartphone sangatlah penting untuk dilakukan. Hal tersebut tentunya dapat membantu kinerja HP lebih maksimal baik untuk aktivitas bermain game, sosial media, browsing dan lain sebagainya.

Sekian informasi tips dan Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh pada HP atau Smartphone. Semoga bermanfaat.
Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh Untuk Performa Lebih Baik"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel