Iklan

Cara Cek Spesifikasi HP Lengkap Pada Smartphone Android



Cara cek spesifikasi HP merupakan hal perlu kita perhatikan. Karena memang bukan rahasia lagi bahwasanya spesifikasi Smartphone merupakan bagian yang sangat penting oleh para penggunanya. Mulai dari kamera, RAM, baterai, resolusi layar, CPU, GPU dukungan Sensor dan lain sebagainya.

Spesifikasi atau bisa juga disebut Spek adalah informasi HP yang menampilkan fitur dan dukungan sebagai perlengkapan di dalamnya. Biasanya nilai yang tinggi dari Spek HP akan dianggap sebagai fitur yang bagus untuk menunjang kebutuhan oleh pemiliknya.

Sayangnya tidak sedikit orang yang tidak tahu tentang informasi ponselnya sendiri, bahkan tidak mengerti apa saja fungsi dan kegunaan dari fitur di dalam Smartphone yang sering digunakannya sehari-hari. Oleh karena itu, robotandro.com akan mengulas bagaimana sih cara cek spesifikasi HP?

Cara Cek Spesifikasi HP Android

Untuk mengetahui informasi HP sebenarnya tidaklah begitu sulit, tidak diperlukan trik khusus untuk itu. Kamu bisa mengetahuinya baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi sama sekali. Keduanya sama-sama bisa dugunakan intuk melihat informasi pada Smartphone.

Baca Juga : Cara cek GPU HP

Akan tetapi perbedaannya, cara menampilkan spesifikasi HP dengan aplikasi jauh lebih lengkap ketimbang tanpa menggunakan aplikasi. Nah, pada tutorial ini robotandro.com akan menjelaskan tuntas panduan dari kedua cara yang telah disebutkan tadi. Bagaimana caranya? Simak terus ulasannya!

Cara Cek Spesifikasi HP Tanpa Aplikasi

Cara mengecek informasi ponsel Android tanpa aplikasi adalah yang paling sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti panduannya sebagai berikut:

1.  Lewat Pengaturan

Cara cek spesifikasi HP lewat pengaturan ponsel:

  Dari tampilan menu utama, masuk ke Setelan / Pengaturan.


  Gulir ke bawahnya, temukan tulisan Tentang Ponsel atau About Phone (bahasa inggris).

  Pada tampilan ini akan terlihat informasi perangkat seperti sisa memori, RAM, versi Android, dan sebagainya.

•  Berhasil.


2.  Lewat Panggilan

Pada trik yang kedua ini fungsinya tidak lebih seperti di atas. Kelebihan trik ini ya cukup mengetikkan kode nomor pada papan tombol untuk memanggil.

  Cara cek IMEI: ketik *#06# maka otomatis akan tampil dua info tentang IMEI pada layar HP yaitu IMEI1 dan IMEI2.

  Menampilkan menu Enginer Mode: ketik *#888#

  Menampilkan OS Version: ketik *#1234#

  Melaporkan Bug: ketik *#800#. Bug yang dimaksud adalah masalah pada jaringan WIFI, Bluetooth, GPS, Kamera dan sebagainya.


Cara Cek Spesifikasi HP Menggunakan Aplikasi

Kali ini caranya berbeda dari sebelumnya. Cara mengetahui info device menggunakan aplikasi artinya kita harus mengunduh tool-nya terlebih dahulu dari Google Play Store. Adapun kelebihan dari trik ini informasi yang akan kita dapatkan jauh lebih lengkap dibandingkan tanpa bantuan aplikasi.

Maka dengan cara ini sangat kami rekomendasikan pada sobat semua yang ingin mencari tahu informasi lengkap tentang spek smartphone yang digunakan.

Cara cek spesifikasi HP menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:

1.  Aplikasi CPU-X

CPU-X adalah aplikasi Android yang utamanya untuk mengetahui jenis CPU dan GPU pada Smartphone yang kita gunakan. Tetapi tidak hanya itu saja, CPU-X juga menyediakan informasi secara lengkap tentang fitur Camera, Battery, Sensors, Memory dan Network.

Cara cek spesifikasi HP menggunakan CPU-X, cukup download aplikasinya melalui aplikasi Google Play Store. Setelah diinstall dan dibuka, silahkan untuk mengecek informasi HP melalui menu yang tersedia yang tampil di halaman utama, seperti Camera, Features dan Sensors.

Kelebihan lainnya dari CPU-X adalah adanya menu Smartphone yang mana akan menampilkan info tentang ponsel keluaran terbaru sehingga untuk kamu yang tidak mau ketinggalan info-info tentang Smartphone, maka aplikasi ini cukup recomended untuk diinstall di perangkatmu.


2.  Aplikasi CPU-Z

Aplikasi ini memang mirip seperti aplikasi di atas, baik dari namanya serta fungsi dan kegunaannya juga tidak jauh berbeda yang fokus utamanya adalah untuk melakukan pengecekan jenis CPU dan GPU.

Cara cek spesifikasi HP Android menggunakan CPU-Z adalah:

  Unduh aplikasi CPU-Z dari Play Store Android.

  Lalu install, kemudian buka aplikasinya di Smartphone kamu.

  Setelah terbuka, kamu dapat melihat informasi jenis Chipset HP di menu SOC ada CPU dan GPU.


  Cara mengetahui spesifikasi HP secara lengkap pilih dari menu navigasi di atasnya, seperti Device, System, Battery dan Sensor.

  Sukses.

CPU-X setidaknya sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store sehingga kamu tidak perlu khawatir terhadap keakuratannya. Dengan size (ukuran) yang bahkan tidak lebih dari 2 MB tentu tidak akan membuat perangkatmu lemot untuk diinstall.

3.  Aplikasi Sensor Box

Sensor Box adalah apilkasi yang berguna untuk mengecek dukungan sensor pada Smartphone. Sensor yang dapat di deteksi oleh aplikasi Sensor Box adalah:

•  Sensor Akselometer

  Sensor Cahaya

  Sensor Orientasi

  Sensor Jarak Dekat

  Sensor Suhu

  Sensor Gyroscope

  Sensor Suara

  Sensor Magnet

  Sensor Tekanan

Kesimpulannya aplikasi Sensor Box fungsi utamanya adalah untuk mengetahui fitur sensor di dalam Smartphone, yang mana informasi ini tidak bisa kamu temukan di pengaturan ponsel (About Phone). Untuk size nya cuma berukuran 4,6 MB dari Play Store.

3.  Apikasi AIDA64

Cara cek spesifikasi HP dari aplikasi AIDA64 juga sangat sederhana seperti poin nomor 1 dan 2. Di AIDA64, kamu dapat melihat tentang software dan hardware yang tertanam di ponsel, contohnya info Sistem, CPU, Layar, Jaringan, Baterai dan Sensor.

Dengan ukuran aplikasi sebesar 6,3 MB, tampilannya senderhana saja. Namun aplikasi ini sudah berhasil mencapai lebih dari 10 juta unduhan di Playstrore, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan fungsinya.


4.  Aplikasi Geekbench 5

Kalau aplikasi sebelumnya berguna untuk cek spesifikasi ponsel, di Geekbench 5 kamu juga akan melihat seberapa cepat kinerja CPU. Informasi tersebut mencakup nilai skor Single-Core dan Multi-Core Score.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui seberapa cepat prosessor HP dalam menjalankan sebuah game, terutama yang berkualitas HD. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para gamer. Size nya memang agak besar dari aplikasi sebelumnya, yaitu sekitar kurang lebih 84 MB.

5.  Aplikasi 3DMark

Sama halnya dengan Geekbench 5, aplikasi 3DMark juga bertujuan untuk menguji kemampuan dan kecepatan Smartphone dalam menjalankan game 3D. Pada mulanya 3DMark hanya dapat digunakan pada perangkat PC, tapi akhirnya aplikasi ini bisa diinstall di ponsel Android.


Untuk kamu seorang gamer, tentu aplikasi seperti ini sangat direkomendasikan untuk di install. Karena selain untuk mengetahui kecepatan juga dapat melihat informasi Smartphone yang memiliki skor terbaik dalam pengujian speed. Info ini dapat kamu lihat dari menu Compare, seperti gambar berikut.

Kesimpulan

Cara cek spesifikasi HP bukan hal yang sulit dilakukan. Silahkan ikuti panduan yang telah dijelaskan tadi, semuanya dapat dicoba secara gratis pada Smartphone yang kamu miliki. Baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, itu semuanya sangat aman dan direkomendasikan untuk mengetahui informasi HP secara mudah dan lengkap.

Sekian informasi dan panduan yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Dan jika ada yang tidak dimengerti mengenai Cara Cek Spesifikasi HP di atas, silahkan untuk bertanya, baik di kolom komentar atau dari kontak yang tersedia. Terimakasih, semoga sukses.


Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Cara Cek Spesifikasi HP Lengkap Pada Smartphone Android"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel