Cara Jitu Mempercepat Upload File di Google Drive

Google drive merupakan salah satu fitur google yang berfungsi menyimpan sebuah file secara online. Pengguna google drive dapat menikmati ruang sebesar 15 GB dan sudah terintegrasi baik dengan semua macam teknologi, dari android, I phone, dan semacamnya. Meskipun demikian, dengan penyimpanan sebesar itu, tidak menjamin proses upload bisa lebih cepat. Maka dari itu, diperlukan cara mempercepat upload file di google drive.


Namun, beberapa orang merasakan, membutuhkan waktu yang lama ketika akan mengupload file ke google drive. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Mulai dari file terlalu besar, internet yang lambat atau mungkin kuota sudah habis. Maupun dikarenkan, Anda menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan banyak internet, adanya gangguan pada server google, dan lain sebagainya.
Lalu, apakah hal tersebut dapat ditangani? Tenang saja. Mari simak informasi mengenai cara mempercepat upload file di google drive, berikut ini!

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive


Berikut beberapa cara mempercepat upload file di google drive yang dapat Anda coba sendiri.

1.  Gunakan WiFi

WiFi memiliki kapasitas kecepatan internet yang lebih memadai dibandingkan internet data di handphone Anda. Bahkan jika perlu, silahkan pasang VPN untuk melindungi privasi Anda. Agar kecepatan internet semakin stabil dan bertambah. Anda dapat menggunakan WiFi kafe, sekolah, kampus, ataupun kantor.

2.  Stop Penggunaan Aplikasi Lain yang Membutuhkan Banyak Internet

Jika Anda sudah menggunakan WiFi, namun penguploadan ke google drive tetap lama, maka cek kembali apakah Anda sedang menjalankan aplikasi yang memakan banyak internet atau tidak. Jika Anda sedang menggunakan aplikasi yang membutuhkan banyak internet, maka silahkan Anda stop atau hentikan terlebih dahulu pemakaiannya. Supaya jaringan internet Anda fokus digunakan untuk mengupload file ke google drive.

3.  Membagi File Menjadi Beberapa Bagian

Selanjutnya, lihatlah ukuran file Anda, apakah terlalu besar atau tidak. Jika file tersebut dirasa memiliki ukuran yang besar, maka bagilah file tersebut menjadi beberapa bagian dan upload secara bergantian. Hal ini untuk menjaga kualitas file Anda tetap bagus, namun tidak memperlama proses upload ke google drive.

4.  Lakukan Compress File

Mungkin file Anda terlalu besar dan Anda berkeberatan jika harus membagi file tersebut menjadi beberapa bagian. Maka, silahkan Anda compress file tersebut, sekarang compress file secara online juga bisa kok. Setelah file tersebut di compress maka ukuran file tersebut akan mengecil dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengupload file tersebut ke google drive. Namun, jika file yang Anda compress berupa gambar atau video makan kualitas gambar atau video tersebut akan turun dan terdapat bercak-bercak.

Cek Kuota dan Perbarui Paket Internet

Terakhir, mungkin proses upload lama dikarenakan kuota Anda habis. Jika hal ini terjadi maka isi ulanglah terlebih dahulu kuota internet Anda, supaya proses upload ke google drive dapat berjalan lancar. Atau mungkin Anda perlu memperbarui paket internet jika Anda sudah melebihi batas pemakaian wajar paket internet unlimited sehingga sinyal internet Anda akan menjadi lola (loading lama) dan menghambat proses upload.
Demikian, informasi mengenai cara mempercepat upload file di google drive yang dapat Anda coba. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan bisa membantu permasalahan Anda. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *