Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air dengan Mudah

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air penting untuk Anda ketahui. Memang menjadi sebuah masalah jika tiba-tiba ponsel kesayangan kemasukan air tanpa sengaja. Hal ini tentu menimbulkan berbagai masalah pada perangkat.

Misalnya saja tiba-tiba fungsi pada suara yang menjadi sangat kecil, muncul suara berisik, atau yang lebih fatal adalah suara tidak terdengar sama sekali.
Begini Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Ada berbagai cara untuk mengatasi hp yang terkena air. Berikut ini tips untuk mengatasinya.
1. Cek Volume
Langkah yang harus dilakukan adalah mengecek terlebih dahulu apakah suara yang dihasilkan pada speaker normal atau tidak. Pada saat melakukan proses pengecekan perhatikan dengan cermat kualitas suara yang diberikan. Apakah memang terdengar kurang jelas, atau sama saja. Hal ini tentu saja dapat menjadi diagnosa awal apakah kadar air yang masuk terlalu banyak, atau tidak.
2. Bersihkan Ponsel
Cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air selanjutnya adalah bersihkan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan jarum, cotton bud kecil atau tusuk gigi. Proses pembersihan ini berguna untuk menghilangkan suara noise atau suara berisik sehingga membuat suara asli menjadi tersamarkan.
Dalam melakukan proses ini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memastikan letak speaker yang sesuai, mengingat setiap ponsel Android memiliki letak speaker yang berbeda-beda.
3. Keringkan Menggunakan Hairdryer
Kita tentunya sudah mengenal hair dryer serta kegunaannya. Nah, peralatan ini juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi speaker HP kemasukan air.. Caranya tentu mudah, hanya memerlukan hair dryer kemudian nyalakan dan arahkan panas angin yang dihasilkannya kepada speaker. 
Berikan jeda beberapa saat, serta aturlah suhunya menyesuaikan dengan ketahanan speaker dengan model panas yang paling rendah. Hal ini berguna agar HP tidak terlalu tinggi suhunya setelah dikeringkan.
Apabila Ponsel Anda termasuk dalam jenis removable battery, maka lepas terlebih dahulu casing dan baterainya. Sehingga proses pengeringan dapat berjalan secara maksimal.
4. Keringkan Menggunakan Kipas Angin
Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang selanjutnya adalah dengan bantuan kipas angin. Hampir sama dengan fungsi hair dryer, kipas angin juga dapat membantu menjadi solusi bagi speaker HP yang kemasukan air. Nyalakan kipas angin dan arahkan angin yang dihasilkannya ke speaker tersebut. Ini dapat membantu mengeringkan embun yang masuk di dalamnya.
5. Cek Menggunakan Kode Test Speaker
Apabila pada proses pengecekan pertama suara pada speaker tidak keluar, maka cobalah menggunakan kode pengecekan atau kode informasi hardware. Cara tersebut terkenal sangat akurat untuk mengetahui apakah speaker yang ponsel Anda miliki dalam kondisi yang rusak atau baik-baik saja. Caranya, usahakan untuk membuat speaker tetap menyala. Lalu ketikkan kata kunci kode rahasia dan lakukan tes speaker menggunakan nomor kode tersebut.
6. Keringkan Menggunakan Beras
Beras dipercaya sebagai metode pengeringan HP yang kemasukan air secara efektif. Beras yang memiliki sifat dapat menyerap air yang baik. Sehingga komponen yang lembab termasuk pada speaker HP.
Cara mengatasi speaker Hp kemasukan air menggunakan beras cukup mudah. Siapkan beras secukupnya, kemudian lepas casing HP serta baterainya, jika menggunakan jenis removable. Lalu masukkan HP ke dalam beras, dan tunggulah semalaman. Terlebih dahulu matikan ponsel, lalu jika proses pengeringan telah selesai Anda lakukan, nyalakan kembali HP tersebut, dan test speakernya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *