Fungsi Keyboard Sebagai Alat Kemudahan Tugas dan Pekerjaan Komputer

Keyboard merupakan komponen hardware yang tidak pernah terpisahkan dari Komputer. Fungsi keyboard sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok utama dalam pengoperasian sebuah perangkat. Bahkan pada smartphone jaman sekarang yang menggunakan mode touchscreen (layar sentuh) tetap menggunakan keyboard untuk menginput teks.

Dilihat dari segi bentuk, keyboard pada komputer terdiri dari kotak-kotak kecil yang tersusun rapi di atas papan motherboard. Umumnya dalam kotak-kotak tersebut berisikan teks (huruf) A sampai Z, penomoran (angka) 0 sampai 9 dan berbagai fungsi tombol lainnya.

FUNGSI KEYBOARD

Fungsi keyboard adalah untuk menginput huruf menjadi suatu kata dan kalimat yang tersusun dengan cara mengetikkan huruf dan angka dari tombol-tombol keyboard yang tersedia pada alat penampil teks seperti Notepad, Microsoft Word, Excel dan lain sebagainya.
Selain itu fungsi keyboard juga dilengkapi dengan berbagai perintah khusus yang memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing, salah satunya untuk mengubah ukuran besar dan kecilnya huruf alfabet dengan cara menekan tombol CAPS LOCK
Keyboard komputer juga memiliki perintah khusus lainnya dengan cara mengkombinasikan satu tombol dengan tombol yang berbeda secara bersamaan untuk membuat perintah. Fungsi tombol keyboard tersebut dinamakan shortcut atau pintasan keyboard.

Fungsi Keyboard untuk Tombol Shortcut

Shortcut keyboard memiliki fungsi yang memudahkan bagi pengguna untuk mempercepat sebuah tugas / pekerjaan dalam komputer.

Fungsi shortcut keyboard adalah mengkombinasikan sebuah tombol dengan tombol lainnya untuk memberikan perintah khusus pada komputer, misalnya untuk seleksi seluruh teks cukup menekan tombol Ctrl + A, dan untuk copy / menyalin teks yaitu dengan menekan tombol Ctrl + C maka seluruh teks akan tersalin di papan klip. Sementara untuk menempelkan teks tersebut di Microsoft Word atau Notepad tekan tombol Ctrl + maka teks akan langsung muncul di layar.
Penggunaan kombinasi tombol keyboard jauh lebih praktis daripada harus menggerakkan kursor mouse untuk membuat perintah pada layar komputer. Dengan demikian sudah jelas sekali, fungsi keyboard dengan shortcut adalah berguna untuk memudahkan pekerjaan kita saat mengoperasikan komputer.

Macam-Macam Tombol Shortcut Keyboard

Jika kamu sudah memahami apa itu keyboard dan shortcut keyboard, lalu apa sajakah jenis-jenis shortcut serta bagaimanakah cara menggunakan tombol kombinasi keyboard untuk shortcut?
Fungsi keyboard untuk tombol shortcut pada dokumen umumnya paling banyak diawali dengan tombol CTRL lalu diikuti dengan tombol huruf A Z seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain itu shortcut keyboard kombinasi juga dapat diawali dengan tombol ALT.
Berikut ini contoh cara menggunakan kombinasi tombol keyboard dari macam-macam pintasan / shortcut keyboard.

1. Fungsi shortcut kombinasi ALT

  Tombol Alt + A berguna untuk mengakses menu table.
•  Tombol Alt + B berguna untuk menampilkan daftar teman.
  Tombol Alt + C berguna untuk mengeluarkan dari kotak chat.
•  Tombol Alt + berguna untuk membuka menu edit.
•  Tombol Alt + F berguna untuk membuka menu file.
  Tombol Alt + H berguna untuk membuka menu help.
  Tombol Alt + I berguna untuk membuka menu insert.
  Tombol Alt + O berguna untuk membuka menu format.
  Tombol Alt + T berguna untuk membuka menu tool.
  Tombol Alt + W berguna untuk membuka menu windows.

2.  Fungsi shortcut kombinasi CTRL

•  Tombol Ctrl + A berguna untuk menyeleksi seluruh isi teks halaman.
•  Tombol Ctrl + B berguna untuk menebalkan huruf dan angka (teks).
•  Tombol Ctrl + C berguna untuk mengcopy / menyalin teks.
•  Tombol Ctrl + D berguna untuk memilih font pada teks.
•  Tombol Ctrl + E berguna untuk meratakan teks ke tengah halaman.
•  Tombol Ctrl + berguna untuk mencari teks tertentu.
•  Tombol Ctrl + G berguna untuk Pergi Ke Baris (Go to..)
•  Tombol Ctrl + H berguna untuk mengganti teks / relplace.
•  Tombol Ctrl + I berguna untuk memiringkan teks.
•  Tombol Ctrl + J berguna untuk meratakan teks kiri dan kanan.
•  Tombol Ctrl + K berguna untuk membuat Hyperlink.
•  Tombol Ctrl + L berguna untuk meratakan teks ke sebelah kiri halaman.
  Tombol Ctrl + M berguna untuk membuat increase ident.
•  Tombol Ctrl + N berguna untuk membuat file baru.
•  Tombol Ctrl + berguna untuk membuka file.
•  Tombol Ctrl + berguna untuk print dokumen dengan cepat.
•  Tombol Ctrl + Q berguna untuk menghilangkan daftar nomor urut.
•  Tombol Ctrl + R berguna untuk meratakan teks ke kanan.
•  Tombol Ctrl + S berguna untuk menyimpan file.
•  Tombol Ctrl + T berguna untuk menggeser tap kiri.
•  Tombol Ctrl + U berguna untuk membuat garis bawah pada teks.
•  Tombol Ctrl + V berguna untuk paste / menempelkan teks.
•  Tombol Ctrl + W berguna untuk menutup tugas Ms. Word.
•  Tombol Ctrl + X berguna untuk cut atau memotong teks.
•  Tombol Ctrl + Y berguna untuk mengembalikan perintah berikutnya.
•  Tombol Ctrl + Z berguna untuk mengembalikan perintah sebelumnya.

Fungsi Keyboard pada Tombol Tunggal

Selain menggunakan shortcut dengan kombinasi, setiap satu tombol (tunggal) pada keyboard juga memiliki peran dan fungsinya masing-masing, misalnya tombol Power dan Enter. Berikut macam-macam fungsi keyboard komputer pada masing-masing tombol tunggal.
1.  ESC
Fungsi tombol Esc atau Escape berguna untuk mengembalikan/membatalkan suatu perintah. Contohnya saat bermain game di dalam komputer dengan menekan tombol Esc maka akan mengaktifkan menu pose.
2.  ENTER
Enter sama dengan Masuk. Dengan menekan tombol Enter maka akan otomatis masuk dan menampilkan ke dalam sebuah program yang dipilih. Sementara pada penulisan dalam dokumen seperti Ms. Word dan Notepad, menekan tombol Enter berguna untuk membuat baris atau paragraf baru.
3.  SPACE
Space umumnya merupakan sebuah tombol yang paling panjang pada keyboard komputer di bagian bawah. Fungsi Space adalah untuk membuat spasi atau jarak satu kata dengan kata berikutnya agar mudah untuk dibaca.
4.  BACKSPACE
Backspace sama dengan back (kembali). Kegunaan Backspace adalah untuk kembali ke menu sebelumnya. Berbeda dalam penulisan dokumen, menekan tombol Backspace sama dengan menghapus teks satu persatu.
5.  DEL
Del atau delete adalah tombol yang berfungsi memindahkan file ke dalam kotak sampah atau lebih tepatnya adalah untuk menghapus sebuah file, folder dan sebagainya.
6.  Panah
Tombol panah menunjukkan ke satu sisi arah yang terdiri dari 4 tombol yang saling berdekatan yaitu tombol atas, kanan, bawah dan kiri. Kegunaannya adalah untuk memilih file.
7.  PAGE UP
Fungsi tombol Page Up adalah untuk menaikkan ke halaman atas.
8.  PAGE DOWN
Kebalikan dari Page Up, tombol Page Down berguna untuk turun ke halaman bawah.
9.  CAPSLOCK
Fungsi dari tombol Capslock berguna untuk membuat huruf kecil menjadi besar (kapital) atau sebaliknya pada teks.
10.  PRINT SCREEN
Print Screen adalah tombol yang berfungsi untuk mengambil tangkapan layar yang disebut juga dengan screenshot.
11.  F
Tombol F disusun di bagian atas keyboard, umumnya disertai dengan angka F1 sampai F12. Adapun fungsi tombol F keyboard adalah :
•  F1 berguna untuk menampilkan menu help atau bantuan dalam sebuah program.
•  F2 berguna untuk membuat perintah rename (mengubah nama) pada sebuah file.
•  F3 berguna untuk menampilkan kotak pencarian dari penyimpanan berkas.
•  F4 berguna untuk menampilkan folder yang dibuka dari dari dalam dan di luar folder sebelumnya.
•  F5 berguna untuk me-refresh (menyegarkan ulang) tampilan di layar.
•  F6 berguna untuk membuka address bar di tampilan browser.
•  F7 berguna untuk mengaktifkan Penelusuran Caret yang berfungsi untuk menampilkan kursor di teks.
•  F8 berguna untuk masuk ke tampilan safe mode di dalam browser.
•  F9 berguna untuk mengirim dan menerima email.
•  F11 berguna untuk mengaktifkan tampilan fullscreen (layar penuh) pada sebuah program.
•  F12 berguna untuk menampilkan inspect element di dalam browser.

JENIS-JENIS KEYBOARD

Fungsi keyboard adalah sebagai alat input pada komputer. Tetapi keyboard itu sendiri juga memiliki beragam jenis dengan kegunaannya masing-masing.

1.  Keyboard QWERTY

Jenis papan ketik yang paling banyak digunakan saat ini yaitu QWERTY. Keyboard ini dinamakan QWERTY karena susunan tombolnya diawali dengan huruf Q diikuti dengan W, E, R, T dan Y.
QWERTY merupakan susunan papan keyboard yang dibuat oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1970 an awal. Namun Qwerty mulai aktif digunakan yaitu pada tahun 1974. Pertama kali digunakan pada sebuah mesin ketik yang dibuat oleh E. Remington.
Sampai sekarang keyboard Qwerty dapat kita temukan baik di komputer, laptop bahkan smartphone menggunakan papan ketik ini.

2.  Keyboard DVORAK


DVORAK adalah salah satu jenis keyboard yang dibuat pada tahun 1936 oleh seorang profesor sekaligus psikolog bernama Agust Dvorak.
Fungsi keyboard Dvorak diklaim dapat mengurangi tingkat kelelahan serta memberikan kecepatan jari-jari tangan pada saat digunakan untuk mengetik papan tombol.
Namun sayangnya, keyboard DVORAK telah gagal menggantikan QWERTY lantaran pengguna lebih nyaman dan terbiasa menggunakan QWERTY ketimbang DVORAK.

3.  Keyboard KLOCKENBERG


Keyboard Klockenberg adalah papan ketik yang memiliki desain yang unik, yakni dibuat menjadi dua bentuk terpisah namun dengan fungsi yang saling berhubungan.
Klockenberg sendiri tujuan utamanya adalah untuk mengurangi beban otot oleh pengguna saat mengoperasikan papan ketik keyboard meski digunakan dalam waktu yang lama.
Keyboard Klockenberg tidak menitikberatkan untuk menyaingi keyboard yang sebelumnya, namun lebih untuk melengkapi komponen keyboard yang sudah ada.

4.  Keyboard MECHANICAL


Fungsi keyboard Mechanical kurang lebih sama seperti penggunaan keyboard pada umumnya. Perbedaannya Mechanical menggunakan switch pada papan keyboard untuk memberi perintah pada program.
Awalnya keyboard Mechanical lebih dikhususkan untuk kalangan gamer. Namun agaknya, Mechanical juga menjadi semakin populer di kalangan umum sebagai alat ketik profesional.

5.  Keyboard One-Handed


Sebagaimana keyboard Mechanical, One-Handed keyboard juga dikhususkan untuk kalangan gamers. Bedanya fungsi keyboard One-Handed hanya digunakan untuk satu tangan saja. Dan kelebihannya sendiri tentu agar tidak memakan banyak ruang saat diletakkan di atas meja.

6.  Keyboard NUMERIC


Seperti namanya sendiri, keyboard Numeric berfungsi untuk menginput angka, yang mana tombol-tombol nya itu memang terdiri dari nomor atau angka seperti papan kalkulator.
Kelebihan keyboard Numeric yaitu dapat digunakan untuk menginput data dengan jumlah yang besar dalam waktu yang singkat.

7.  Keyboard MALTRON


Keyboard Maltron merupakan papan ketik yang cenderung memiliki bentuk lebih cekung ke dalam. Tapi meski begitu, keyboard Maltron memberikan kemudahan pengguna untuk mengetik 10 jari yang lebih cepat.
Dan dengan bentuknya yang cekung, keyboard Maltron akan memberikan kenyamanan pada jari tangan saat mengetik di papan tombol.

8.  Keyboard ALPHABETIC


Disebut Alphabetic karena keyboard jenis ini memang memiliki susunan tombol huruf dari A sampai Z yang berurutan. Serta fungsinya sendiri juga tidak berbeda seperti penggunaan QWERTY yang digunakan untuk mengetik seperti biasa di atas papan keyboard.
Akan tetapi jika memang dibandingkan dengan QWERTY, pengetikan keyboard ALPHABETIC jelas masih jauh dibawahnya. Meski tombol-tombol nya disusun berurutan tetapi justru membuat pengetikan oleh jari tangan menjadi lebih lambat dibandingkan QWERTY.

KESIMPULAN

Fungsi keyboard adalah sebagai alat yang digunakan untuk menginput teks dalam sebuah dokumen baik dalam bentuk huruf abjad (A sampai Z) dan juga nomor/angka (0 sampai 9). Sementara fungsi tombol keyboard pada bagian lainnya adalah berguna sebagai pelengkap (jalan pintas) untuk membantu memudahkan pekerjaan kita dalam menggunakan sebuah komputer.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *