Inilah Cara Memindahkan File dari Google Drive ke Google Drive Lain




Data yang memiliki kapasitas lebih dari 15 GB tentu tidak cukup bila disimpan di Google Drive yang gratis. Tak jarang memiliki akun banyak menjadi solusi. Lantas bagaimana cara memindahkan data antara satu akun ke akun lain saat dibutuhkan? Simak cara memindahkan file dari Google Drive ke Google Drive lain berikut.

1. Melalui Laptop atau Komputer

eminetracanada.com

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melalui laptop atau komputer. Pada saat Anda menggunakan laptop atau menggunakan komputer, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. 

  1. Kirim Langsung dengan Fitur Berbagi

Cara pertama ini adalah mengirim data ke akun Anda yang lainnya menggunakan fitur berbagi. Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, ikuti langkah-langkahnya berikut.

  • Buka akun Google utama Anda pada web browser baik itu melalui Chrome, Firefox atau lainnya. 

  • Cari data atau file atau bisa juga folder di mana di dalamnya terdapat beberapa data yang ingin dibagikan atau dipindahkan ke akun Google Drive Anda lainnya.

  • Klik kanan pada file yang Anda inginkan dan cari berbagi atau share seperti gambar di bawah ini.

dokumen pribadi

  • Setelah Anda pilih, Anda akan melihat tampilan untuk memasukkan nama akun kedua seperti gambar berikut. Masukkan nama akun Google Drive Anda lainnya di tempat tanda panah. Apabila Anda ingin mengatur akun kedua Anda hanya untuk melihat ataupun mengedit file tersebut, Anda bisa mengaturnya pada tanda pengaturan yang ada di dalam lingkaran merah.

  • Apabila nama akun Anda telah benar dan pengaturan telah disesuaikan, Anda tinggal memilih tombol selesai yang ada di dalam kotak pada gambar di bawah. Dengan demikian, akun kedua Anda secara otomatis memiliki file yang telah dibagikan. 

dokumen pribadi

  1. Kirim Langsung dengan Fitur Tautan (Link)

Cara memindahkan file dari Google Drive ke Google Drive lain berikutnya adalah menggunakan fitur tautan atau link yang ada di bawah fitur berbagi. Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, ikuti langkah-langkahnya berikut.

  • Buka akun Google utama Anda pada web browser baik itu melalui Chrome, Firefox atau lainnya sama seperti langkah pada poin pertama. 

  • Cari data atau file atau bisa juga folder di mana di dalamnya terdapat beberapa data yang ingin dibagikan atau dipindahkan ke akun Google Drive Anda lainnya.

  • Klik kanan pada file yang Anda inginkan dan cari dapatkan link atau get link seperti gambar di bawah ini. Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi tautan dan pengaturan siapa yang memiliki link dan pengaturan akses.

  • Setelah itu, tautan bisa Anda buka di web browser. Namun, pastikan bila ingin menyimpannya Anda harus membuka akun kedua Anda.

dokumen pribadi

  1. Menggunakan New Incognito Window 

Apabila Anda ingin menggunakan cara ini, Anda harus menyiapkan web browser utama seperti chrome dan web browser incognito chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka akun Google utama Anda pada web browser baik itu melalui Chrome, Firefox atau lainnya sama seperti langkah pada poin pertama dan kedua. 

  • Buka akun Google kedua Anda pada web browser incognito chrome dengan cara klik kanan pada web browser chrome seperti gambar berikut.

dokumen pribadi

  • Apabila kedua browser sudah terbuka, saatnya Anda mencari file yang ingin dipindahkan.

  • Setelah ketemu, Anda bisa melakukan drag and drop atau menahan file tersebut dan menggeser ke akun ke dua Anda yang ada pada web browser incognito chrome.

2. Melalui Ponsel

pindahlubang.com

Bagi Anda yang ingin melakukan pemindahan data dari akun pertama ke akun ke dua melalui ponsel, Anda juga bisa menggunakan poin satu dan dua. Yaitu melalui fitur berbagi dan bagikan link. Poin ketiga sebenarnya bisa saja Anda lakukan, tetapi lebih menyusahkan bila dilakukan.

Baca Juga : Cara Menyimpan Aplikasi di Google Drive 

Itulah beberapa informasi memindahkan file dari Google Drive ke Google Drive lain yang bisa Anda lakukan menggunakan laptop maupun ponsel. Semua poin yang ada pada cara laptop bisa digunakan pada ponsel. Tinggal Anda sesuaikan saja sesuai  kebutuhan.

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *