Fungsi Dan Kegunaan Google Lens Untuk Mendeteksi Foto

Kegunaan Google Lens  Pernahkah kamu berjalan-jalan di suatu tempat, tiba-tiba kamu melihat objek yang menarik di sekitar entah itu tanaman, binatang atau bisa juga benda-benda menarik lainnya, tetapi masalahnya kamu tidak tahu nama maupun informasinya?

Yang akan kamu lakukan mungkin adalah menjepret nya menggunakan kamera HP untuk kemudian kamu simpan dan perlihatkan kepada teman-teman, lalu bertanya kepada mereka perihal informasi tersebut.
Namun bagaimana jika teman-teman mu juga tidak tahu nama objek yang kamu potret tersebut?
Karena itu hadirlah sebuah teknologi aplikasi yang dibuat oleh Google bernama Google Lens yang mempunyai kegunaan untuk mendeteksi nama serta mencari informasi dari foto yang kamu ambil dari kamera Smartphone tersebut.
Kegunaan Google Lens untuk mendeteksi foto itu bisa berupa suatu benda / barang dan juga makhluk hidup seperti hewan, tanaman bahkan informasi nama orang bisa bisa kamu dapatkan. Hanya saja, bukan berarti bisa mendeteksi informasi wajah teman mu ya, apalagi wajah kamu sendiri.

Fungsi dan Kegunaan Google Lens

Kalau tidak bisa mendapat informasi tentang wajah teman saya, lantas foto seperti apa yang bisa dideteksi oleh Google Lens?
Adapun Fungsi dan kegunaan Google Lens bisa mendeteksi gambar-gambar sebagai berikut:
1.  Foto benda seperti alat tulis, perkakas, merk barang dan masih banyak lagi.
 
2.  Foto tempat atau bangunan.
3.  Foto berbagai aneka jenis makanan.
4.  Foto tumbuhan seperti bunga dan daun.
5.  Foto hewan.
 
6.  Foto merk dan benda yang terdeteksi juga akan menampilkan toko online terkait.
7.  Foto artis atau tentu saja orang yang sudah terkenal.
Kurang lebih seperti itulah foto yang bisa dideteksi menggunakan Google Lens.
Kalau kamu menanyakan kenapa tidak bisa mendeteksi wajah teman atau mungkin wajahmu sendiri, ya jelas tidak mungkin kecuali dia atau kamu adalah orang yang sudah terkenal seperti artis penyanyi, aktor, pesepak bola dan orang terkenal lainnya.
Selain kegunaan Google Lens untuk memberikan informasi dari sebuah foto, Google Lens juga memiliki fungsi dan kelebihan seperti berikut :
 

1.  Menterjemahkan Bahasa Teks Pada Foto.

Kegunaan Google Lens dapat mendeteksi teks dalam berbagai bahasa, baik itu bahasa Indonesia, English, Korea dan lain sebagainya. Bahasa yang terdeteksi kemudian dapat diterjemahkan ke bahasa lain yang kita inginkan, misalnya English ke Indonesia.
Tentu kegunaan Google Lens ini sangat memudahkan untuk seorang murid atau siapa saja yang kesulitan memahami suatu kata yang ditulis dalam bahasa asing pada sebuah teks.
Cara menggunakannya, di Google Lens masuk ke menu Translate / Terjemahan. Pilih bahasa di atasnya, misal English to Indonesian. Kemudian arahkan kamera ke buku atau teks, lalu tekan atau sentuh bagian teks, maka otomatis terjemahannya akan muncul dibawahnya.
 

2.  Menyalin teks dari foto (copy / paste)

Selain berguna untuk menterjemahkan teks dalam berbagai bahasa, kegunaan Google Lens juga dapat dimanfaatkan untuk menyalin teks yang ada pada sebuah foto yaitu dengan bantuan kamera HP.
Cara penggunaannya cukup sederhana. Di dalam Google Lens, masuk ke mode Teks. Selanjut seperti biasa arahkan kamera pada teks tersebut. Kemudian akan ada opsi copy / salin yang muncul dari layar HP. Terakhir, tinggal kamu paste / tempelkan teks tersebut ke aplikasi penyimpanan teks seperti notepad. Selesai.

3. Scan QR Code


Kegunaan Google Lens yang satu ini juga tidak kalah pentingnya untuk kita manfaatkan. QR Code atau kode batang yang biasanya dapat kita temui di berbagai produk barang bisa dideteksi menggunakan aplikasi Google Lens.

Dengan scan QR Code pada Google Lens maka nantinya akan muncul sebuah informasi dari produk tersebut. Biasanya akan diarahkan pada halaman situs web atau bisa saja diarahkan pada aplikasi tertentu dari kode tersebut.
Lengkap sekali kan?
Setelah mengetahui apa saja kegunaan Google Lens, lalu bagaimana cara menggunakan Google Lens untuk mendapatkan informasi dari berbagai gambar atau foto di smartphone?

Cara Menggunakan Google Lens di HP Android

Umumnya aplikasi Google Lens sudah terpasang pada hampir setiap smartphone terbaru sehingga tidak perlu lagi menginstal apalikasinya
Tetapi jika HP yang kamu gunakan memang belum terpasang Google Lens sama sekali tetap bisa mengunduh nya melalui Google Playstore.
Cara Menggunakan Google Lens sebagai berikut :
  Download aplikasi Google Lens di Playstore.
  Kemudian buka aplikasi Google Lens
 
  Secara otomatis akan menampilkan kamera belakang dan siap dioperasikan.
  Potret lah suatu objek yang ingin kamu cari informasinya.
 
  Bisa juga menggunakan foto yang sudah tersimpan di galeri HP.

  Tunggu beberapa saat karena Google Lens sedang mendeteksi gambar ditandai dengan bintik-bintik putih kecil di layar foto.

  Kemudian secara otomatis akan menampilkan informasi dan gambar serupa dari foto tersebut oleh Google, contohnya bunga ini.

Selesai, Sangat mudah sekali bukan?

Kesimpulan 

Kegunaan Google Lens sangat memudahkan kita untuk mendeteksi atau mengetahui nama serta informasi suatu objek melalui gambar yang diprotret pada kamera HP.
Dengan menggunakan Google Lens, maka tidak perlu pusing lagi soal nama atau informasi dari sebuah foto yang kita potret. Cukup arahkan kamera HP pada suatu benda maka dalam hitungan detik informasi tersebut akan muncul di layar Smartphone.

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *