OVO Point Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

Ovo Point Bisa Digunakan Untuk Apa Saja

OVO adalah layanan dompet digital yang dibuat dalam bentuk aplikasi pada sebuah Smartphone yang berguna untuk melakukan pembayaran secara online tanpa harus bertatap muka dengan penyedia barang atau jasa. Biasanya setelah membayar menggunakan layanan ini terkadang si pembeli akan diberikan bonus atau cashback bernama OVO Point yang kegunaannya sendiri adalah untuk melakukan transaksi kembali.

Namun bagi Anda yang masih belum begitu paham dengan istilah OVO Point ini mungkin akan bertanya apa itu OVO Point dan bagaimanakah cara menggunakannya? Simak penjelasannya seperti berikut!

PENGERTIAN OVO POINT

OVO Point merupakan cashback atau uang kembali yang diberikan oleh penyedia layanan (online shop) abalila seorang pembeli telah berhasil melakukan transaksi dalam jumlah nominal yang telah ditentukan.
 
Dan banyaknya OVO Point yang bisa Anda dapatkan juga tergantung dari penawaran yang ditentukan oleh penyedia platform yang Anda gunakan, seperti pembelian dari Tokopedia, Grab atau dari aplikasi OVO itu sendiri.

Cara menggunakan OVO Point yang Anda miliki juga sama halnya penggunaan OVO Cash pada umumnya, baik untuk melakukan transaksi pembelian barang, voucher, PLN dan lain sebagainya. Namun perbedaan dari keduanya adalah, OVO Point tidak dapat Anda gunakan untuk melakukan penarikan, transfer ke sesama pengguna OVO maupun bank.

KEGUNAAN OVO POINT

Menggunakan OVO Points sama saja seperti menggunakan OVO Cash di dalam aplikasinya sendiri atau bisa juga untuk melakukan transaksi dari aplikasi lain, seperti Tokopedia. Kurang lebih kegunaannya adalah untuk melakukan pembayaran terhadap pembelian suatu produk dari dalam aplikasi tersebut.
Adapun beberapa contohnya OVO Point bisa digunakan untuk melakukan transaksi sebagai berikut :

1.  Pembelian Pulsa

Seperti pembelian pulsa biasanya menggunakan OVO Cash, Point OVO juga dapat kita gunakan untuk membeli pulsa baik dari aplikasi OVO maupun lewat aplikasi Tokopedia. Cara pembeliannya cukup lakukan seperti biasa. Namun pada saat check out tentu harus pilih opsi OVO Point untuk membayar.
Dengan begitu OVO Cash Anda tidak akan digunakan untuk melakukan transaksi tersebut. Hanya saja perlu Anda ketahui, apabila jumlah atau harga produk lebih besar dari total Point yang dimiliki maka OVO Cash Anda tetap akan dipotong untuk melengkapi kekurangan dari OVO Point.

2.  Pembelian Token Listrik

Ini juga menjadi salah satu manfaat lainnya dari Poin OVO. Yaitu dapat digunakan untuk melakukan pembelian token listrik (PLN). Seperti transaksi yang dilakukan pada pembelian pulsa, saat melakukan pembayaran pilihlah opsi OVO Point.
Cara melakukan pembelian token listrik di OVO adalah cukup buka aplikasi nya, kemudian dari menu utama pilih PLN, lalu pilih lagi salah satunya, contoh Token Listrik. Masukkan nomor meteran listrik dan pilih jumlah dibawahnya. Pastikan metode pembayaran yang dipilih adalah OVO Point, kemudian lanjutkan untuk pembayaran token PLN.

3.  Pembelian (pembayaran) BPJS

Tidak hanya untuk membeli pulsa dan token PLN, bahkan dengan poin tersebut Anda juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran BPJS. Sungguh fungsi yang sangat berguna sekali bukan.

Untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Di dalam menu OVO tentu harus masuk ke pilihan BPJS Kesehatan, lalu masukkan nomor BPJS dan pilih berapa bulan di bawahnya. Nah, setelah masuk ke menu pembayaran pilihlah OVO Point, kemudian tinggal lanjutkan pembayaran hingga selesai.

4.  Pembelian Voucher Game

Pembelian voucher game pada aplikasi OVO dapat Anda lakukan juga menggunakan OVO Point. Ada beragam pilihan voucher game yang bisa Anda temukan di dalam aplikasi nya. Mulai dari voucher Google Play, voucher game Pubg, Free Fire, Call Of Duty dan masih banyak game lainnya.

Jika Anda seorang gamer tentu fitur ini akan sangat memudahkan Anda untuk membeli voucher dan diamond yang terdapat di dalam game online yang Anda mainkan.

CARA MENDAPATKAN OVO POINT

Setelah Anda mengetahui apa manfaat OVO Points mungkin Anda juga penasaran bagaimana sih cara mendapatkan OVO Point?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, OVO Point bisa di dapatkan setelah melakukan transaksi dalam jumlah tertentu pada pembelian produk dari dalam aplikasi. Tapi tidak hanya itu saja. Cara mendapatkan OVO Point juga bisa didapatkan dari pembelian produk di aplikasi Tokopedia dan Grab.

Misalnya di Tokopedia sedang mengadakan promo cashback OVO Point Rp.25000 dari pembelian minimal Rp.50000. Maka untuk mendapatkan jumlah poin itu, artinya Anda harus melakukan transaksi pembelian dari harga minimal yang sudah ditentukan. Sebaliknya jika transaksi Anda dibawah minimal maka tidak akan mendapatkan bonus poin apapun.

Jadi kesimpulannya, cara mendapatkan OVO Point tersebut tidaklah kita peroleh secara cuma-cuma / gratis. Karena poin ini hanyalah bonus yang diberikan oleh penyedia aplikasi tersebut karena kita sudah bersedia untuk menggunakan layanannya.

AKHIR KATA

Itulah beberapa fungsi serta cara menggunakan OVO Point yang terdapat di aplikasi OVO. Semoga Anda tidak kebingungan lagi fungsi dan manfaatnya bisa digunakan untuk apa?

Karena sudah tertulis jelas, OVO Point bisa digunakan untuk bertransaksi kembali seperti penggunaan saldo OVO Cash yang biasa kita gunakan, terkecuali untuk fungsi transfer antar akun OVO dan bank, itu tidak bisa.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *