Simak, Ini Cara Memberi Waktu pada Google Form

Cara memberi waktu pada google form

Diluncurkannya kuesioner online menjadi angin segar di tengah maraknya kampanye pengurangan penggunaan kertas. Inilah yang melatarbelakangi Google Form mulai dimanfaatkan di berbagai bidang. Kegunaannya pun bervariasi tergantung siapa yang membuatnya. Dijadikan sebagai media ujian online dengan cara memberi waktu pada Google Form, misalnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, hampir semua kegiatan, kini menjadi mudah dan fleksibel dengan sistem ‘online’. Belanja, memesan makanan, mengikuti bimbingan belajar, bahkan sekolah dan mengikuti ujian pun bisa dilakukan secara online. Nah, pada bidang pendidikan inilah fitur Google yang terintegrasi dengan Google Drive ini banyak digunakan. Mulai dari pengisian presensi kehadiran, kuis, dan lain sebagainya.

Cara Memberi Waktu pada Google Form, Dilihat dari Kelebihannya


Sebenarnya, ada banyak aplikasi formulir online yang bisa digunakan untuk membuat kuis. Akan tetapi, banyak orang lebih memilih Google Form yang merupakan layanan dari Google ini cukup simpel. Selengkapnya, berikut ini adalah kelebihan kuis yang dibuat dengan Google Form.

1.  Gratis!

Kelebihan pertama adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli software ketika memutuskan membuat kuis dengan Google Form ini. Dengan kata lain, berbagai formulir/kuis dengan tema-tema menarik bisa Anda buat dengan cuma-cuma alias gratis.

2.  Mudah digunakan

Barangkali semua orang pun sudah tahu, jika dengan satu akun Google bisa digunakan untuk sinkronisasi semua produk aplikasi yang dikembangkan Google. Tidak terkecuali, Google Form. Sehingga untuk membuatnya, yang Anda perlukan adalah akun Gmail aktif. Dan bukan itu saja, sebab adanya fitur SpreadSheets juga semakin memudahkan proses pengumpulan datanya.

3.  Bisa memberikan batasan waktu pengerjaannya

Kelebihan berikutnya yakni Anda bisa mengatur timer dengan cara memberi waktu pada Google Form. Dalam proses pembelajaran pada umumnya, fungsi yang satu ini memungkinkan Anda bisa mengajarkan kedisiplinan pada siswa. Sebab jika melewati batasan waktu kapan kuis atau presensi itu berlangsung, mereka tidak bisa mengisinya.

3 Cara Memberi Waktu pada Google Form

Membuat kuis yang dilengkapi dengan tenggat waktu pengisiannya, secara tidak langsung membuat siswa, mau tidak mau harus segera mengerjakannya. Sebab jika tidak cukup waktu, mereka akan kehilangan kesempatan menjawab semua pertanyaan atau bahkan kehilangan kesempatan mengerjakannya. Lalu, bagaimana cara memberi waktu pada Google Form? 
Untuk menambahkan timer ini, setidaknya ada tiga langkah penting yang harus Anda lakukan. Langsung saja, berikut adalah pemaparan selengkapnya:

1.  Login ke Halaman Google Form

Langkah pertama adalah membuka laman Google Formulir atau klik dua kali pada aplikasi Google Form yang sudah terinstall di laptop Anda. Setelah terbuka, login dengan akun gmail yang mana dengan ini, Anda akan ditunjukkan tampilan halaman utama Google Form.

2.  Membuat kuis

Langkah berikutnya adalah membuat kuis berisi soal-soal ujian di blank template. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada langkah ini kita bisa memilih berbagai jenis soal. Mulai dari pilihan ganda, jawaban pendek, jawaban panjang, dan lain sebagainya. Jika hendak menambahkan waktu di Google Form pada file soal yang sudah dibuat, maka Anda hanya perlu masuk pada file di recent form.

3.  Mengatur batas waktu

Selesai membuat kuis, langkah berikutnya adalah mengatur batas waktu. Nah, pertama-tama, yang perlu dilakukan adalah menge-klik tombol Add Ons. Untuk menemukan tombol ini, Anda bisa klik di ikon titik tiga di samping ikon akun Google Anda. Setelah itu, pilih Formimiter > Set limit > pilih limit typedate and time > tetapkan waktu di kolom ‘when due date is set on’ > save and enable.
Demikianlah panduan cara memberi waktu di Google Form yang bisa Anda praktekkan. Sangat mudah bukan? Mulai sekarang, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan Google Form ini hanya sekedar untuk membuat kuis saja. Namun juga, Anda bisa mengubah Google Form seperti yang Anda inginkan. Misalnya dengan cara memberi waktu seperti yang yang telah dicontohkan di atas.

Check Also

Cara Ajukan Komplain Di Shopee 

Cara ajukan komplain di shopee –  Aktivitas belanja barang kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *