Cara Mengganti Akun Google Di Android Dengan Mudah

Unsplash.com

Salah satu komponen penting yang dibutuhkan dalam penggunaan ponsel pintar Android adalah email yang aktif untuk menjalankan sistem Android. Namun terkadang email tersebut bisa saja mengalami masalah sehingga Anda perlu mengganti akun Google. Maka dari itu, mengetahui cara mengganti akun Google di Android merupakan hal yang penting bagi pengguna ponsel pintar.

Sejak ponsel berbasis Android muncul di pasaran, Anda diharuskan untuk login ke email gmail atau akun Google yang dimiliki agar bisa menikmati setiap aplikasi yang ada di Play Store. Tanpa melakukan login ke dalam akun Google yang dimiliki maka ponsel pintar tersebut pun tidak akan bisa beroperasi.

Baca Juga : Cara Mengganti Profil Akun Google

Cara Mengganti Akun Google Di Android Secara Mudah

Bagi Anda yang ingin melakukan penggantian akun Google di Android, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan di ponsel pintar yang Anda miliki. 

1. Cara Mengganti Akun Google Di Android Dengan Membuka Menu Settings

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengganti akun Google di Android adalah dengan terlebih dahulu membuka menu Settings atau Pengaturan yang ada di ponsel Android Anda. Untuk masuk ke menu Settings, silakan terlebih dahulu Anda bisa membuka ponsel pintar tersebut dan kemudian klik pada ikon bergambar Gerigi yang ada di ponsel Anda.

2. Masuk ke Menu Account

Cara mengganti akun Google di Android yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan masuk ke bagian menu Account. Pada halaman menu pengaturan tersebut silahkan Anda scroll dan temukan menu Account kemudian silahkan klik pada bagian tersebut untuk membuka menu lanjutan yang ada.

3. Pilih Menu Akun Google

Tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mengganti akun Google di perangkat Android adalah dengan klik pada bagian pilihan Google. Kalau Anda sudah menggunakan ponsel pintar tersebut cukup lama maka biasanya akan terdapat beberapa list akun yang Anda miliki terutama media sosial.

Pastikan Anda melakukan klik pada bagian akun Google karena Anda akan berupaya mengganti akun Google yang ada di ponsel Android tersebut.

4. Hapus Akun Google Yang Sudah Terpasang di Ponsel

Ketika Anda sudah klik akun Google dan kemudian muncul akun gmail yang sudah terikat dengan ponsel pintar tersebut, maka Anda perlu menghapusnya terlebih dahulu sebelum mengganti akun tersebut dengan yang baru.

Cara penghapusan akun Google lama tersebut pun cukup mudah. Silakan Anda bisa langsung klik pada bagian menu ikon bergambar titik tiga yang ada di bagian atas kanan. Kemudian silakan Anda bisa pilih “Hapus Akun” atau “Remove Account”.

Kalau Anda sudah klik pilihan “Hapus Akun” tersebut maka akan muncul konfirmasi pemberitahuan bahwa ketika Anda menghapus akun Google lama tersebut maka akan ada sejumlah data yang hilang di ponsel terutama yang berkaitan dengan Google. Kalau Anda memang sudah melakukan back up data dan sudah yakin untuk ganti akun, silakan klik “Hapus Akun/Remove Account”.

5. Menambahkan Akun Google Baru

Ketika Anda sudah menghapus akun Google lama yang ada di ponsel pintar Anda tersebut, maka perangkat tersebut kini sudah tidak lagi terikat dengan akun Google manapun. Dengan demikian, Anda sudah bisa menambahkan akun Google baru ke dalam perangkat ponsel pintar berbasis Android tersebut.

cara mengganti akun Google di Android yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menambahkan akun Google baru yang sudah Anda miliki. Untuk melakukan hal ini, silakan Anda bisa klik pada bagian menu “Add Account”.

Setelah terbuka, silakan Anda bisa pilih “Google” karena Anda ingin mengganti akun Google yang ada di perangkat Android tersebut. Setelah mengklik menu pilihan Google tersebut maka Anda akan diminta untuk memasukkan data alamat email baru yang akan digunakan untuk login ke Google.

Baca Juga : Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Menambahkan Akun Email Yang Sudah Ada

Kalau Anda sudah memiliki akun email yang ingin ditambahkan, maka silahkan Anda bisa klik pada bagian Existing. Setelah itu silahkan Anda bisa menuliskan data-data yang diminta seperti alamat email dan kata sandi yang dibutuhkan untuk login ke akun Google yang Anda miliki.

Kemudian silahkan Anda bisa klik pada bagian privacy policy dengan cara klik “Saya Setuju/I Agree” agar proses login tersebut dapat dilanjutkan.

Cara mengganti akun Google di Android yang selanjutnya adalah dengan menunggu beberapa saat hingga proses login tersebut dapat dilakukan. Kalau data alamat email dan kata sandi yang dimasukkan sudah benar maka secara otomatis Anda akan dibawa login ke akun Google baru Anda tersebut.

Dengan demikian, Anda pun sudah berhasil mengganti akun Google di Android tersebut dengan menggunakan akun Google Anda yang baru.

Menggunakan Akun Email Baru

Selain menggunakan akun gmail yang sudah Anda miliki, Anda bisa juga membuat email baru langsung di perangkat Android yang Anda miliki. Caranya silahkan Anda bisa klik bagian “New” untuk membuat email baru di perangkat tersebut.

Jika sudah, maka akan muncul formulir pendaftaran gmail yang harus Anda lengkapi. Silakan Anda bisa mengisikan data diri yang diminta seperti nama lengkap, nomor hp, dan juga pilihan nama alamat email yang Anda inginkan.

Untuk melakukan pendaftaran email baru ini, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada di layar ponsel Anda. Biasanya Anda hanya perlu melengkapi data-data seperti pembuatan email umumnya untuk mendapatkan email baru.

Jika Anda sudah melakukan semua tahapan tersebut dengan benar dan sudah berhasil login ke Google maka Anda pun sudah bisa melakukan cara mengganti akun Google di Android dengan benar.

Apakah Aplikasi Yang Terinstal Akan Hilang Saat Penggantian Akun Google?

Mungkin banyak diantara Anda yang kemudian bertanya-tanya apakah ketika melakukan penggantian akun Google maka akan membuat aplikasi yangs udah terpasang akan ikut hilang dari ponsel Android tersebut?

Jawabannya adalah tidak. Aplikasi yang terpasang di ponsel Android tersebut tidak akan hilang meski Anda melakukan penggantian akun Google di perangkat ponsel Android yang Anda miliki tersebut.

Jadi secara umum aplikasi yang sudah Anda pasang di ponsel tersebut akan aman dan tidak serta-merta langsung hilang. Kemungkinan terbesarnya adalah Anda perlu melakukan penyesuaian dengan akun Google baru tersebut pada sejumlah aplikasi di ponsel Anda.

Data yang akan hilang adalah data-data terkait dengan gmail tersebut di perangkat ponsel Android Anda. Jadi ketika Anda mengganti akun Google dengan yang baru maka untuk aplikasi yang terikat dengan Google seperti gmail, ataupun game-game yang Anda login menggunakan Google lama Anda maka perlu dilakukan pengaturan ulang dengan akun baru tersebut.

Demikianlah pembahasan terkait dengan beberapa cara mengganti akun Google di Android yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan adanya pembahasan yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi kalau ingin melakukan penggantian akun Google di perangkat Android yang Anda miliki.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *