Inilah Perbedaan CPU dan GPU yang Harus Diketahui!

Perbedaan CPU dan GPU

technotification.com


Pada saat Anda ingin membeli komputer, baik itu berupa laptop maupun desktop, biasanya Anda akan mencari informasi terlebih dahulu di internet maupun ke toko. Saat itu pula, Anda akan menemukan istilah CPU dan GPU pada informasi tersebut. Bagi Anda yang belum tahu apa perbedaan CPU dan GPU, ada baiknya Anda terus menyimak informasi berikut.

  1. Perbedaan CPU dan GPU dari Akronim Nama

Apabila Anda perhatikan, meskipun hanya sekilas saja. Antara CPU dan GPU memiliki huruf yang berbeda. CPU merupakan akronim dari Central Unit Processor, sedangkan GPU adalah akronim dari Graphics Processing Unit. Jadi, dari penamaannya saja sudah sangat berbeda.

  1. Fungsi

nextren.grid.id

Jika diibaratkan sebuah tubuh, maka CPU adalah sebuah otak dari sebuah komputer. Sesuai dengan nama akronimnya, komponen ini merupakan sentral atau pusat dari semua komponen yang ada. Komponen ini menerima masukan atau input dari berbagai macam sumber baik itu dari hardware seperti keyboard, mouse, dan lainnya maupun dari software. 

Hasil dari pemrosesan dari masukan tersebut akan ditampilkan kembali melalui hardware lainnya seperti seperti monitor maupun speaker. CPU sendiri merupakan komponen yang terdiri dari beberapa komponen lainnya. Seperti control unit dan arithmetic logic unit, yang membuatnya dapat melakukan berbagai perhitungan.

Komponen control unit tersebut bekerja untuk mengatur instruksi perhitungan. Sedangkan arithmetic logic unit bekerja sebagai eksekutor instruksi perhitungan tersebut. Tidak hanya itu saja, ada komponen lainnya, yaitu cache dan system memory atau RAM yang digunakan untuk menyimpan, dan juga mengambil seluruh data yang akan diolah.

Sedangkan GPU hanyalah pusat pemrosesan untuk kebutuhan grafis. Misalnya, pemrosesan gambar dalam permainan komputer. GPU sendiri memiliki komponen yang tidak jauh beda dengan CPU, yaitu control unit, arithmetic logic unit, cache, dan memory-nya sendiri. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini GPU telah dirancang sedemikian rupa, sehingga terdiri dari dua kategori yaitu integrated dan discrete. 

Jadi, perbedaan CPU dan GPU yang paling kentara adalah dari segi fungsinya. CPU berfungsi untuk memproses semua proses komputasi, sedangkan GPU hanya memproses dari segi grafis saja. Tak jarang, banyak yang menyebutkan GPU hanyalah bagian dari CPU yang memiliki peranan penting.

  1. Penggunaan Memori

windowscentral.com

Pada saat komputer sudah dijalankan, CPU akan mulai bekerja dengan mengkonsumsi atau membutuhkan tenaga lebih banyak dari memori. Hal ini berbeda dengan GPU yang bekerja menggunakan lebih sedikit memori. Hal ini disebabkan, CPU bekerja lebih luas untuk memproses semua pekerjaan di dalam komputer. Dibandingkan dengan  GPU, yang bekerja untuk memproses dari segi grafis saja.

Dikarenakan CPU bekerja lebih banyak dan pada area yang lebih luas , dibandingkan dengan GPU. Hal ini tentunya akan membuat kecepatan proses CPU berkurang daripada GPU. Oleh karena itu,  Anda bisa melihat tampilan grafis yang bekerja lebih baik, daripada Anda melakukan rendering video, misalnya. 

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis GPU HP

Kesimpulan dari perbedaan CPU dan GPU yang paling utama adalah fungsinya dalam menjalankan komputer, yaitu untuk memproses komputasi dan memproses sisi grafis. Perbedaan fungsi ini bisa mempengaruhi kecepatan dan penggunaan memori saat bekerja. Sekalipun memang jika dilihat dari segi fisik, kedua komponen ini terlihat mirip. Karena memang terbuat dari piringan silikon, yang dicetak oleh rangkaian elektronika, dan dikemas dalam logam.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *