Iklan

Mari Mengenal Aplikasi CPU X, Fungsi dan Cara Penggunaannya!

fosslicious.com


Bagi Anda yang selalu ingin tahu terkait dengan komponen komputer, baik itu software maupun hardware .Terutama pada sistem operasi Linux, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama CPU X. Mungkin bagi sebagian orang, istilah ini masih terdengar asing, jika dibandingkan dengan aplikasi CPU Z. Nah, aplikasi ini juga terlihat hampir sama. Yuk, mari mengenal aplikasi CPU X, fungsi dan cara penggunaannya berikut.

Mengenal Aplikasi CPU X, Fungsi dan Cara Penggunaannya, Dilihat dari Pengertiannya 

Pada umumnya, setiap perangkat yang diprogram dengan komputasi memiliki spesifikasi masing-masing. Baik itu komputer yang berbentuk laptop dan desktop dengan basis open source ataupun tidak, maupun gawai dengan basis Android ataupun iOS.

Spesifikasi yang disematkan tiap perangkat pastinya pun berbeda antara software dan hardware. Oleh karena itu, bila Anda ingin mengetahui spesifikasi tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu.

Apakah Anda pernah mendengar aplikasi CPU Z? Apabila Anda memiliki perangkat seperti komputer laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows, Anda bisa melihat semua spesifikasi yang ada di dalam komputer menggunakan aplikasi CPU Z ini. Begitu juga dengan komputer sistem operasi Linux, Anda bisa melihat spesifikasi di dalamnya, yang menggunakan aplikasi CPU X.

Fungsi Aplikasi CPU X

Anda telah mengetahui gambaran besarnya terkait dengan komputer, sekaligus spesifikasinya. Sekarang mari mengenal aplikasi CPU X, fungsi dan cara penggunaannya lebih mendalam lagi. CPU X adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari tahu mengenai  informasi dasar tentang komputer Anda. 

Misalnya terkait informasi terkait CPU, memory cache, motherboard, sistem operasi, subsistem grafis dan lain sebagainya.  Jadi, aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi kepada Anda, terkait semua bagian komputer dengan sistem operasi Linux.

Aplikasi yang yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan menggunakan GTK ini juga dapat digunakan dan disimpan dalam USB flashdisk atau portable. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan aplikasi ini di mana saja Anda berada. 

Jadi, bila Anda ingin menaikkan atau upgrade hardware komputer, Anda bisa melihat terlebih dahulu komponen yang ada di dalam komputer itu sendiri. Setelah itu, Anda bisa membelikan hardware tambahan lagi untuk dipasang.

Penggunaan Aplikasi CPU X

Aplikasi yang khusus digunakan pada sistem operasi Linux ini, sebenarnya bisa juga digunakan pada Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Jika biasanya menjalankan suatu perintah pada sistem operasi Linux menggunakan sebuah perintah teks di terminal, maka justru aplikasi ini kebalikannya. 

Aplikasi CPU X ini menggunakan perintah grafis dan tidak memerlukan perintah teks di terminal. Jadi, aplikasi ini mirip dengan aplikasi CPU Z, yang bekerja di sistem operasi Windows.  Pada saat Anda menggunakan aplikasi ini, Anda akan melihat beberapa informasi terkait spesifikasi komputer dalam beberapa tab bagian.

 ubunlog.com

 

Tab pertama biasanya berisi segala informasi terkait dengan CPU komputer seperti gambar di bawah ini.


 

ubunlog.com


Pada tab kedua, biasanya berisi informasi cache yang ada di dalam komputer. Cache sendiri merupakan komponen yang menyimpan semua data dalam komputer. Sehingga saat ada permintaan data dari komponen lain, cache dapat melayani dengan lebih cepat.

 ubunlog.com

Pada tab ketiga, Anda akan melihat informasi terkait dengan motherboard. Komponen Motherboard sendiri adalah komponen yang terdiri dari beberapa komponen yang lain. Pada tab ini, Anda bisa melihat tipe motherboard, bios, dan chipset. Pada tab keempat, Anda bisa melihat rincian terkait dengan memori komputer secara real time



ubunlog.com

 

Pada tab kelima, Anda bisa melihat informasi terkait dengan sistem komputer. Baik itu sistem operasi maupun memori penyimpanan yang digunakan. Sedangkan pada tab keenam, Anda bisa melihat informasi terkait dengan kartu grafis yang tersematkan dalam komputer.

Machine generated alternative text: 4 M.mory System Griphics •ench About
Card O
Vendor NVICA (nltha driver)
Model GFU9M[CeForceCTS2OM)
Temperature 61,00C Usage 3%
CPU clock 737 MHz Memory clock 79 MHzMachine generated alternative text: c’,: — J
4 M.mocy System GcaphIcs Bnch About
Oper.tnç System
Kernel Lkiw 5.4.O37çener,c
Dêstrib*,on Ubuntu 20.04 LTS
Host name el*rmjnosyceros
UptIme O dqs, 1 hours, 13 mIrjtes, 26 seronds
Corn piler cc (Ubuntu 9.3.0-lOubuntu2) 9.3.0
Used 4312MB/ 8133MB 5102%
Butters 182MB? 8133 MB 2.24b
Cached 2806M6/8133MB 34.50
Free 832 MB? 8133 MB 10,23%
Swap OMB/4242MB 0.00% 

 ubunlog.com 

Pada tab ketujuh, Anda bisa melihat informasi terkait dengan bench CPU. Tab Ini digunakan untuk melihat keadaan CPU saat menjalankan benchmark ringan. Sedangkan untuk berikutnya, Anda bisa melihat informasi terkait dengan aplikasi CPU X yang Anda gunakan. 


Machine generated alternative text: CPU-X
4 - About
CPU-X is a Free software that gatheis Information
on CPU. motherboard and more.
Versìon 32.4
Author: XœQ
Site: tps://Xttiš.iPU-X
License
CopyrIght 02014-2019 Xoeg
Ni software is distributed aider the terms of GNU GPi ,i
TNs prootn comes with ABSOLUTELY NO WARRANTY
Çp. vMachine generated alternative text: 4 Mcnory Systcn Cnphks B•ncb About
Prime numbers (slow)
Score 32694 e 1 mages
Run
Prime numbers (east)
Parameters
Duration I + flveads 1 

ubunlog.com

Kesimpulannya, dalam mengenal aplikasi CPU X, fungsi dan cara penggunaannya ini, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini, yang bertujuan  untuk melihat informasi atau spesifikasi komputer. Aplikasi bisa dijalankan di sistem operasi Linux maupun DB. Penggunaan pun terbilang mudah, dikarenakan menggunakan perintah grafis. 

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Mari Mengenal Aplikasi CPU X, Fungsi dan Cara Penggunaannya!"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel