Mengenal GPU, Dilihat Dari Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Hal-Hal Penting Lainnya

Mengenal GPU
Baktikominfo

Tak jarang, banyak orang yang salah kaprah, dan menyebut GPU adalah CPU. Namun sebenarnya, GPU dan CPU ini merupakan dua unit yang berbeda. Maka dari itu, yuk mengenal GPU lebih dalam! Tentunya, agar Anda bisa membedakan mana yang dinamakan CPU, dan mana yang dimaksud dengan GPU.

Meskipun keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer. Namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Sebenarnya, selain digunakan pada komputer, kedua unit  juga bisa digunakan pada smartphone. Penasaran, bagaimana fungsi dari GPU dan CPU pada smartphone ini? Mari simak penjelasannya berikut ini, dan pastikan untuk selalu menyimak setiap penjelasan yang akan diberikan, ya!

   

Mengenal GPU, yang Dilihat dari Fungsi GPU pada Smartphone 

Bisa dibilang, CPU (central processing unit) merupakan otak dari sebuah perangkat komputer maupun smartphone. Sebagai gambaran, Anda bisa membayangkan sendiri, apa jadinya jika tubuh seseorang tidak memiliki otak, maupun otak yang ada pada tubuh tersebut tidak berfungsi?

Begitu juga dengan smartphone dan perangkat komputer ini. Semua unit yang ada pada smartphone dan komputer ini, tidak akan berfungsi dengan baik. Bahkan, CPU juga berperan dalam menjalankan perintah untuk melakukan proses yang biasa dilakukan dalam sistem operasi. Baik yang dilakukan pada komputer/PC/laptop, maupun yang terjadi pada smartphone. 

Lebih jauh lagi, fungsi dari CPU ini yaitu bisa menentukan kecepatan komputer/smartphone. Terutama dalam mengakses data, menjelajahi data, mengakses spreadsheet, dan yang lainnya. Lalu bagaimana dengan GPU sendiri? Nah, untuk mengenal GPU ini juga, Anda diharapkan bisa mengetahui apa pengertian dari GPU ini. Baru kemudian, bisa mencari tahu fungsi dari unit yang satu ini.

GPU merupakan chip yang dibuat secara khusus, dan memiliki peran sebagai pengolah sistem grafis, sesuai dengan namanya sendiri, yaitu Graphic Processor Unit. Bisa dibilang, GPU ini adalah processor yang memiliki sejumlah inti yang berukuran kecil, dan berjumlah banyak. Biasanya GPU ini dikemas dalam bentuk kartu grafis, motherboard maupun dalam satu modul khusus yang dikenal dengan nama micro processor.

Dimana fungsi utama dari GPU yang ada pada smartphone itu sendiri, diantaranya :

1. Membantu CPU

Fungsi utama dari GPU pada smartphone yaitu membantu CPU. Terutama dalam membantu melakukan sistem operasi yang diperintahkan pada CPU sebelumnya. Sistem operasi yang dilakukan oleh GPU ini tentu saja yang berkaitan dengan kualitas grafis, yang akan ditampilkan pada smartphone. 

2. Meringankan Beban Pada CPU   

Bagi yang ingin mengenal GPU lebih dalam lagi, Anda perlu tahu, bahwa fungsi lainnya dari GPU yaitu meringankan beban yang ada pada CPU. Dimana pada smartphone yang tidak memiliki GPU, biasanya akan sulit mengakses grafik. Baik itu grafis yang berupa gambar, maupun video. Dikarenakan beban yang ada pada CPU terlalu berat. Sehingga menyulitkan smartphone dalam mengakses setiap gambar/video yang seharusnya bisa ditampilkan. 

3. Bertanggung Jawab dalam Membuat Grafik, Tekstur serta Warna yang Anda Pada Game

Bagi para gamers, kiranya memiliki smartphone yang dilengkapi dengan GPU sangat penting adanya. Karena dengan adanya GPU ini, bisa memungkinkan game yang Anda mainkan tersebut, bisa menampilkan kualitas gambar yang baik. Bukan itu saja, GPU pada smartphone ini juga bisa menghasilkan tekstur gambar yang jernih, serta warna-warna yang mencolok, layaknya sebuah gambar sungguhan. 

4. Terdiri dari Banyak Inti yang Bisa Melakukan Sistem Operasi dengan Kecepatan Rendah

Hal yang harus Anda ketahui dalam mengenal GPU selanjutnya, yaitu bahwa GPU terdiri dari banyak inti. Dimana setiap inti tersebut berukuran sangat kecil. Meskipun demikian, setiap inti tersebut bisa melakukan sistem operasi dengan kecepatan rendah. Sehingga tidak akan membuat CPU menjadi terlalu berat.

5. Memiliki 2 Sistem Operasi/Pemrosesan yang Memiliki Fungsi yang Berbeda

Secara umum, GPU memiliki 2 sistem operasi/pemrosesan. Dimana setiap pemrosesan/sistem operasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Diantaranya :

a.Sistem Operasi/Pemrosesan Puncak

Sistem pemrosesan puncak ini berkaitan dengan titik koordinat pada GPU. Dimana dalam hal ini, GPU akan menangani kalkulasi geometris untuk memproduksi ruang dimensi pada smartphone. Dalam arti, dengan sistem operasi jenis ini, memungkinkan GPU bisa membuat gambar pada game menjadi 3 dimensi.

b. Pemrosesan/Sistem Operasi Pixel

Berbeda dengan sistem operasi puncak, pada sistem operasi/pemrosesan pixel ini bertugas untuk memberikan efek pada smartphone. Sehingga tekstur game dan juga warna yang ditampilkan pada game ini, bisa menjadi lebih berkualitas serta memiliki resolusi tinggi, dan tak berbeda dengan gambar sungguhan.

Mengenal GPU dari Kelebihan dan Kekurangannya 

Dengan mengenal GPU dari penjelasan diatas, Anda tak perlu terburu-buru untuk berspekulasi mengenai GPU ini, dan mengklaim bahwa inilah unit yang paling dibutuhkan oleh smartphone Anda, sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari GPU ini. Diantaranya :

1. Mengenal GPU dari Kelebihan yang Dimilikinya

Pada masa ini, dimana smartphone bisa menjadi salah satu alternatif untuk memainkan game. Tentunya, hal ini membuat para pembuat smartphone merasa perlu untuk melengkapi smartphone dengan fitur-fitur khusus yang mumpuni. Terutama dalam menunjang kemampuan dalam bermain game ini. Salah satunya dengan penyematan GPU pada beberapa smartphone.

Adapun kelebihan dari GPU yang biasa terpasang pada smartphone/PC/laptop ini, diantaranya :

a.Meningkatkan Performa dalam Bermain Game

Untuk mengenal GPU, sekaligus menggunakannya, Anda diharuskan untuk mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh alat pembuat grafis ini. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa salah satu fungsi dari GPU ini yaitu meningkatkan kualitas gambar dan warna pada smartphone. 

Dalam arti, bagi para gamer, kualitas dan warna gambar dari game yang dimainkan menjadi hal sangat penting. Karena sensasi bermain game dengan kualitas buruk, tentunya akan sangat berbeda, dengan saat memainkan game yang memiliki resolusi gambar yang tinggi.

Maka dari itu, kelebihan dari GPU ini salah satunya yaitu untuk meningkatkan performa Anda dalam bermain game. Jadi, bagi Anda yang tengah mencoba untuk mengenal GPU ini, pastinya Anda sekarang tahu dong, salah satu kelebihan dari GPU ini. Nah, untuk selanjutnya, GPU ini juga ternyata memiliki kelebihan yang lain. Ingin tahu, kelebihan GPU selanjutnya? Yuk, simak penjelasannya dalam pembahasan selanjutnya berikut ini.

b. Memiliki Kemampuan untuk Menjernihkan Video Full HD

Kelebihan lainnya dari GPU ini yaitu bisa menjernihkan video dengan kualitas full HD. Jadi bisa dibilang, kualitas video yang ditampilkan oleh PC/smartphone yang menggunakan GPU ini, akan sebanding dengan kualitas dari gambar yang dihasilkan pada game. Dimana keduanya menampilkan gambar yang seolah terlihat nyata (riil).

2. Kekurangan dari GPU

Selain memiliki kelebihan, ternyata GPU juga memiliki beberapa kekurangan. Dimana dengan mengenal GPU yang berkaitan dengan kekurangannya ini, akan membuat Anda tidak terlalu panik saat terjadi beberapa hal yang mungkin diluar ekspektasi Anda sendiri. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini, diantaranya :

a.Boros Batere dan Listrik

Kekurangan GPU yang pertama yaitu boros listrik. Dalam arti, smartphone/laptop yang mendukung (support) GPU, dan terbiasa menggunakannya dalam waktu yang lama, akan cenderung membuat smartphone/laptop tersebut menjadi boros batere. Disisi lain, bagi Anda yang mengenal GPU, dan menggunakannya pada PC, maka hal ini akan membuat penggunaan daya listrik menjadi lebih besar dari biasanya. 

b. Tidak Semua Aplikasi Pada GPU mendukung Full HD

Meskipun GPU ini bisa menjernihkan video dengan kualitas full HD. Namun ternyata, tidak semua aplikasi pada GPU ini bisa mendukung hal itu. Dalam arti, tidak semua aplikasi GPU bisa menghasilkan/menampilkan video dengan kualitas full HD.

c. Hanya Mengandalkan Optimasi Driver

Driver merupakan suatu sistem pada komputer maupun smartphone, yang memungkinkan hardware bisa berkomunikasi dengan sistem operasi yang ada pada komputer/smartphone tersebut. penggunaan driver ini juga berpengaruh pada sistem pengoperasian pada GPU. Dimana GPU ini hanya bisa digunakan jika disertai dengan optimasi dari driver.

Tips Memilih Handphone/Smartphone dan Laptop/PC yang Dilihat dari GPU yang Dimiliki

Jika tadi membahas mengenai fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Kini, untuk mengenal GPU dalam skala lebih luas, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini. Dimana dalam tips kali ini, akan dijelaskan mengenai hal-hal yang harus Anda lakukan dalam memilih handphone serta laptop yang memiliki GPU terbaik. Diantaranya :

1. Pilih Handphone/Smartphone dan PC/Laptop yang Memiliki dan Mendukung GPU yang Diproduksi Oleh Perusahaan Terbaik

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih handphone/smartphone dan juga laptop/PC yang dilihat dari GPU yang digunakan yaitu pilihlah handphone/laptop yang men-support GPU yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan GPU ternama.

Mengapa demikian? Karena GPU yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan GPU terbaik ini, tentunya memiliki spesifikasi dan sistem operasi GPU yang bisa diandalkan. Sehingga Anda tak perlu repot-repot untuk meneliti beberapa GPU yang bahkan, namanya sendiri belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis GPU HP 

2. Cari Tahu Mengenai Performa yang Dimiliki oleh GPU yang Dimiliki

Selain memilih dan mengenal GPU dari pabrikan/perusahaan GPU terbaik, Anda juga bisa memilih hp/laptop dari performa GPU yang dimiliki. Adapun caranya yaitu dengan mengamati spesifikasi yang dimiliki oleh beberapa GPU. Pilihlah yang memiliki spesifikasi dan performa terbaik. Anda bisa mencari hal itu dari daftar spesifikasi yang ada GPU itu sendiri, rekomendasi dari teman, maupun dengan melakukan browsing di internet.

3. Lihat Garansi GPU yang Diberikan

Selain yang telah disebutkan diatas, sebenarnya Anda juga bisa memilih hp/laptop dengan melihat garansi dari GPU yang dimiliki oleh hp/laptop tersebut. Karena meskipun GPU tersebut merupakan produk GPU dari pabrikan terkenal, dan memiliki performa yang mumpuni, namun dengan garansi yang diberikan, setidaknya bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Bilamana terdapat kerusakan, ataupun masalah lainnya, yang terjadi pada saat pembelian.

Merk Smartphone dengan GPU Terbaik

Bagi Anda yang ingin membeli smartphone untuk keperluan gaming, memang cara yang terbaik yaitu memilih smartphone yang memiliki GPU dengan kualitas dan performa yang mumpuni. Agar Anda tidak kebingungan dalam menentukan mana smartphone yang mendukung fitur GPU ini, ini nih rekomendasi merk smartphone dengan GPU terbaik. Diantaranya :

1.Xiaomi Redmi K30 Pro

Smartphone pertama yang mendukung sekaligus mengenal GPU dengan performa terbaik yaitu Xiaomi Redmi K30 Pro. Bisa dibilang, smartphone ini merupakan salah satu dari sekian banyak smartphone yang memiliki GPU yang bisa digunakan untuk aktivitas gaming, namun juga mendukung hal-hal yang berkaitan dengan videografi.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan performa dari GPU ini, dalam menghasilkan kualitas gambar dan video dengan kualitas full HD. Bahkan, dengan resolusi yang dimiliki, membuat gambar pada game menjadi terlihat nyata.

Selain mengenal GPU dengan kualitas prima, Xiaomi Redmi K30Pro ini juga dilengkapi dengan beberapa spesifikasi lainnya, seperti :

  • Processor Octa Core

  • Memiliki RAM sekitar 6GB/8GB/12GB, dengan memori internal sebesar 128GB/256GB

  • Kamera depan terdiri dari motorized 16MP. Sementara kamera belakang menggunakan squad 64MP+5MP+13MP+2MP

  • Kapasitas baterai yang dimiliki sekitar 4700 mAh

2. Xiaomi Mi 10 Pro

Di posisi selanjutnya ada Xiaomi Mi 10 Pro. Smartphone yang satu ini terkenal dengan performa GPU yang mumpuni, yang dipadukan dengan kamera yang menghasilkan gambar dengan resolusi terbaik. Untuk menunjang performanya, smartphone ini dilengkapi dengan beberapa spesifikasi sebagai berikut. Diantaranya :

  • Processor Octa Core

  • Memiliki RAM sekitar 8GB, dan memori internal sebesar 256GB

  • Dilengkapi dengan 2 kamera (dual camera). Dimana kamera depan memiliki resolusi sekitar 20MP, dan kamera belakang, sekitar 108+8+12+20MP

  • Kapasitas baterai sekitar 4500 mAh

3. One Plus 8 Pro

Selain kedua smartphone di atas, One Plus 8 Pro juga bisa menjadi pilihan sebagai smartphone yang mengenal GPU dengan performa terbaik. Meskipun memang, smartphone yang satu ini tidak terlalu familiar bagi sebagian orang, namun dengan GPU yang dimilikinya, membuat smartphone ini layak dijadikan pilihan. Terutama bagi Anda yang memang seorang gamer sejati.

Bukan hanya itu saja, selain GPU yang mumpuni, One Plus 8 Pro ini juga dilengkapi dengan layar besar, dengan refresh rate sekitar 120 HZ. Dengan spesifikasi tersebut, tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para gamer. Dimana Anda sebagai gamer, akan lebih leluasa bermain game, karena layar yang lebih luas, dengan kualitas gambar yang jernih.

Sementara untuk spesifikasi lainnya, diantaranya :

  • Menggunakan processor Octa core

  • Memiliki RAM sekitar 8GB/12GB

  • Kapasitas batere sebesar 4510 mAh

  • Kamera depan sekitar 16MP, dan kamera belakang dengan squad 48MP+8MP+48MP+5MP

4. Oppo Find X2 Pro

Satu lagi smartphone yang mengenal GPU sekaligus mendukung GPU dengan performa terbaik. Namanya yaitu Oppo Find X2 Pro. Merupakan salah satu smartphone yang diproduksi oleh Oppo. Apa saja keunggulan dari smartphone yang satu ini? 

Diantaranya kamera dengan kualitas gambar yang super jernih, performa GPU yang tidak usah diragukan lagi, serta memiliki tingkat kecerahan sekitar 800 nits. Dengan spesifikasi tersebut, membuat smartphone yang satu ini, bisa digunakan  di luar ruangan.

Sementara spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh Oppo Find X2 Pro ini, diantaranya :

  • Processor Octa Core

  • RAM sekitar 12GB

  • Kapasitas batere sebesar 4260 mAh

  • Memori internal sebesar 256Gb/512GB

  • Kamera depan sekitar 32MP, dan kamera belakang dengan bentuk triple camera, dengan spesifikasi 48MP+13MP+48MP

Demikian beberapa penjelasan serta hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam mengenal GPU ini. Bagi Anda yang terbiasa melakukan gaming, kiranya Anda sudah tahu bukan, bahwa GPU merupakan hal utama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih smartphone terbaik. Nah, dari keempat smartphone dengan GPU terbaik diatas, mana yang menjadi pilihan Anda?

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *