Iklan

Perbandingan GPU Mali dan Adreno, Mana Lebih Baik?

Unsplash


Ketika Anda mencoba untuk mempertimbangkan GPU kualitas terbaik untuk bermain game HD pada perangkat Android. Muncullah sebuah pertanyaan, mana yang terbaik dan apa saja perbandingan GPU Mali dan Adreno? Kedua GPU tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang akan membantu Anda dalam proses pemilihan sesuai kebutuhan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Perbandingan GPU Mali dan Adreno yang Dilihat dari Kelebihannya

Berikut ini beberapa kelebihan dari GPU Mali dan Adreno. Diantaranya :

1. GPU Mali

GPU Mali bisa menjadi pilihan, karena beberapa kelebihan berikut ini. Diantaranya :

1. Teroptimasi Lebih Baik

Pengguna ponsel Android lebih banyak yang menggunakan GPU Mali daripada kompetitornya. Sehingga, acuan pengembangan aplikasi lebih banyak yang memakai ARM Mali daripada Adreno. Oleh sebab itu, perangkat lunak di pasaran lebih teroptimasi untuk GPU Mali.

2. Kemampuan Rendering yang Lebih Baik

GPU Mali bisa membentuk gambar lebih cepat daripada kompetitornya. Contohnya, Mali G71 dengan kemampuan membentuk gambar hingga 27 juta pixel dalam satu detik. Sedangkan Adreno, hanya sekitar 530 hanya mampu 8 juta per detik.

3. Clock Speed Lebih Tinggi

Frekuensi maksimal GPU Mali mencapai 1 GHz, sehingga lebih tangguh untuk menangani aplikasi dengan multithreading 3D. Sedangkan kompetitirnya, yaitu Adreno hanya memiliki frekuensi maksimal sekitar 650 Mhz saja.

2. GPU Adreno

Berikut ini beberapa perbandingan GPU Mali dan Adreno, yang dilihat dari kelebihan GPU Adreno. Diantaranya :

1. Performa Tinggi

GPU Adreno memiliki performa yang lebih tinggi daripada rivalnya. Khususnya yang berkaitan dengan chipset sekelas. Contohnya, GPU Adreno 506 di Snapdragon 625 menawarkan 130 Gflops. Sedangkan GPU Mali T860 MP2 hanya mampu menawarkan 47 Gflops.

2. Manajemen Panas Lebih Baik

Sebagian besar pengguna ponsel Android mengakui bahwa ponsel dengan GPU Adreno tidak mengalami mengalami kenaikan suhu panas yang cepat seperti rivalnya. Kondisi tersebut terbukti secara konsisten.

3. Mendukung API Paling Mutakhir

GPU Adreno mendukung API terbaru dan API lainnya dalam jumlah yang banyak daripada rivalnya. API yang di dukung oleh GPU Adreno seperti OpenCL 2.0, Open GL ES 3.2, Vulkan, dan DirectX12. Sedangkan GPU Mali hanya mendukung API DirectX12 dan OpenCL khusus seri G.

Perbandingan GPU Mali dan Adreno, Dilihat dari Kekurangan yang Dimiliki

Jika dilihat dari perbandingan GPU Mali dan Adreno, keduanya juga ternyata mempunyai kekurangan masing-masing seperti berikut ini. Diantaranya :

1. GPU Mali

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh GPU Mali, dibandingkan dengan yang dimiliki oleh rivalnya. Diantaranya :

1. Lebih Cepat Panas

Sebagian besar pengguna Android mengakui bahwa ponsel dengan GPU Mali lebih cepat panas saat bermain game. Kondisi tersebut diakibatkan karena  frekuensinya yang lebih tinggi, daripada kompetitornya.

2. Konfigurasi Dibatasi

Sebenarnya, GPU Mali mempunyai potensi untuk lebih powerfull daripada kompetitornya. Misalnya pada Samsung Galaxy S7 Edge dengan GPU Mali T880 MP12. Tetapi sebagian besar produsen ponsel membatasi kemampuan GPU Mali karena alasan kepraktisan.

2. GPU Adreno

Selain GPU Mali, GPU Adreno juga ternyata memiliki beberapa kekurangan, seperti yang akan diuraikan berikut ini. Diantaranya :

1. Lebih Mahal

Qualcomm merupakan perusahaan yang mengembangkan GPU Adreno untuk mendukung SoC Snapdragon. Sehingga biaya pengembangannya cukup mahal. Biaya pengembangan tersebut yang mempengaruhi harga dari GPU Adreno. Sedangkan chipset yang lainnya hanya perlu membeli lisensi dari ARM Mali, yang biayanya relatif lebih murah.

2. Fillrate Lebih Rendah

Chip Adreno yang bekerja untuk membentuk gambar akhir dirasakan cukup lemah. Contohnya, Adreno 530 hanya mempunyai kemampuan membentuk 600 juta gambar segitiga yang Anda perlukan untuk membentuk gambar 3D. Sedangkan GPU Mali G71 dengan kelas setara, mempunyai kemampuan membentuk 850 juta gambar segitiga dalam kurun waktu yang sama.

Baik, seperti itulah perbandingan GPU Mali dan Adreno yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda bisa lebih baik dalam mempertimbangkannya untuk memilih ponsel Android dengan tujuan bermain game. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan budget! Karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Perbandingan GPU Mali dan Adreno, Mana Lebih Baik?"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel