Perbandingan GPU Power FR dan Tegra yang Perlu Anda Ketahui

Perbandingan GPU Power FR dan Tegra

Unsplash.com

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah banyak bermunculan aneka macam kartu grafis untuk menunjang kinerja gadget. Agar bisa mendapatkan perlengkapan dengan performa yang optimal, maka banyak orang yang kemudian mencari perbandingan GPU Power FR dan Tegra sebelum memutuskan untuk memilih jenis kartu grafis yang tepat untuk perangkatnya.

Pengertian dan Perbandingan GPU Power FR dan Tegra

Sebelum membahas secara lebih lanjut terkait dengan perbandingan dari GPU Power FR dan juga GPU Tegra, tidak ada salahnya kalau terlebih dahulu Anda mengetahui pengertian dari masing-masing GPU tersebut. Hal ini bertujuan, agar Anda menjadi semakin mudah dalam memahami karakter dari masing-masing GPU tersebut.

1. Pengertian GPU Power FR

GPU atau yang merupakan akronim dari Graphic Processing Unit merupakan suatu komponen penting dalam perangkat elektronik. Seperti komputer dan smartphone yang berfungsi secara khusus untuk menangani masalah render grafis.

Oleh karena itu, GPU Power FR merupakan salah satu jenis kartu grafis yang dibesut oleh perusahaan Power VR. Brand ini sendiri bisa dibilang  cukup berpengalaman dan telah memiliki nama besar dalam bidang industri GPU. Bahkan sudah menjadi pesaing ketat bagi brand besar lainnya. Seperti AMD dan ATI, yang saat ini sudah semakin meningkat popularitasnya.

2. Pengertian GPU Tegra

Selain GPU Power VR, jenis GPU lainnya yang juga cukup populer di pasaran adalah GPU Tegra. Produk GPU Tegra ini sendiri merupakan jenis GPU yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2008 yang lalu.

Pada awalnya, GPU ini disematkan pada media player Zune HD. Oleh karena media player ini tidak memiliki App Store tersendiri, maka penggunaan GPU ini terasa begitu stagnan dan kurang begitu banyak diminati. Namun seiring dengan semakin banyaknya vendor yang menggunakan produk GPU ini, Tegra menjadi salah satu produk GPU yang kini cukup diperhitungkan di pasaran.

Perbandingan GPU Power FR dan Tegra

Setelah mengetahui secara sekilas tentang pengertian dari masing-masing jenis GPU, maka kini Anda bisa melangkah lebih jauh pada pembahasan mengenai perbandingan GPU Power FR dan Tegra. Berikut adalah ulasan mengenai perbandingan kedua jenis GPU tersebut.

1. Perbandingan GPU Power FR Dan Tegra dalam Ranah Penggunaan

Sebagai produsen GPU yang sudah cukup populer, membuat persaingan kedua GPU, yaitu GPU Power dan juga Tegra ini menjadi semakin ketat. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau ranah penggunaan dari kedua GPU ini pun semakin luas. Untuk GPU Power VR sendiri, meski memiliki cukup banyak varian seri GPU, namun secara umum GPU ini jarang sekali hadir untuk mengisi segmen ponsel pintar kelas menengah ke atas.

Sementara itu, untuk produk GPU Tegra ini terbilang lebih fleksibel dan bisa digunakan oleh banyak vendor. Sebagai contoh, untuk produk Samsung Galaxy Tab 10.1 dan juga Acer Tab A200, keduanya sudah menggunakan GPU Tegra 2 untuk grafis tampilannya.

2. Perbandingan GPU Power VR dan Tegra yang Dilihat dari Performa yang Dimilikinya

Secara umum, Power VR memang lebih berpengalaman dalam industri GPU. Sebab GPU jenis ini, sudah beroperasi cukup lama, jika dibandingkan Tegra besutan Nvidia. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau secara umum, GPU PowerVR memang sedikit  lebih unggul bila dibandingkan dengan GPU Tegra.

Seperti dilansir dari laman website techcenturion.com yang menyebutkan, bahwa generasi terbaru dari PowerVR yakni GPU PowerVR GT7600 Plus, memiliki Centurion Mark sebesar 95.1 dan menempatkan GPU tersebut pada urutan ke-36 dalam 100 daftar GPU dengan performa tinggi di tahun 2021. Untuk posisi pertama ditempati oleh A14 Bionic’s GPU. Sedangkan Tegra tidak dimasukkan dalam list tersebut.

Demikianlah ulasan terkait dengan perbandingan GPU Power FR dan Tegra yang perlu Anda ketahui. Meskipun GPU memainkan peran penting, namun ketika ingin membeli perangkat  ponsel ataupun komputer, jangan hanya terpaku pada penggunaan GPU semata. Namun pertimbangkan faktor lainnya, seperti CPU dan hal-hal lainnya.

Check Also

Cara Ajukan Pembatalan Tokopedia

Cara ajukan pembatalan Tokopedia –  Waktunya tanggal muda, nih!. Pasti pada sibuk mikirin barang-barang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *