Tips Ampuh Mempercepat Upload File di Google Drive

Pexels.com

Mempercepat upload file di google drive merupakan salah satu tips atau cara yang paling dicari oleh mahasiswa dan pengguna google drive lainnya. Pasalnya, terkadang google drive memakan waktu cukup lama untuk mengupload suatu file. Sehingga, banyak orang yang ingin mengetahui tips mempercepat upload file di google drive.

Terdapat beberapa faktor penyebab dari lamanya proses penguploadan file di google drive. Mulai dari file terlalu besar, internet yang lambat atau mungkin kuota sudah habis, Anda menggunakan beberapa aplikasi yang membutuhkan banyak internet, adanya gangguan pada server google, dan beberapa faktor lainnya.

Bagaimana tips mempercepat upload file di google drive dengan mudah?  Yuk, simak informasinya berikut ini!

Ini Dia Tips Mempercepat Upload File di Google Drive

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mempercepat upload file di google drive dengan mudah dan tepat!

  1. Cari Wifi Gratis dengan Kecepatan Super

Tips pertama yang perlu Anda coba supaya dapat mempercepat upload file di google drive adalah dengan mencari wifi yang memiliki kecepatan yang tinggi. Sehingga, proses upload tidak mengalami gangguan sinyal. Sebenarnya, upload dengan data seluler juga bisa. 

Namun, bagi Anda yang menggunakan kuota unlimited dan sudah mencapai batas pemakaian harian. Maka, jaringan internet Anda akan menjadi sangat lemot. Sehingga, memakan waktu yang sangat lama jika digunakan untuk upload file dalam ukuran yang besar.

  1. Mencari Server Upload yang Bagus

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan server upload yang bagus. Tenang saja, bagi Anda yang ingin mengupload file ke google drive. Maka, server google drive sudah dapat dipastikan sangat baik dan bagus.

  1. Kompress File Menjadi Zip

Tips yang ketiga ialah dengan melakukan compress file menjadi zip. Jika Anda mengupload file banyak serta besar, maka akan membutuhkan waktu lama ketika server membaca file secara satu per satu. Hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga proses upload juga lama. 

Cara mengatasinya adalah dengan menggabungkan file tersebut menjadi satu kesatuan dalam bentuk zip. Jika file tersebut menjadi bentuk zip, maka server hanya butuh 1 kali membaca file Anda. 

  1. Tips Supaya Tidak Gagal Upload

Tips yang terakhir supaya tidak mengalami gagal upload ialah membagi file menjadi beberapa bagian dengan ukuran maksimal file yang diupload ialah 1 GB. Untuk dapat membagi beberapa file. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Tekan kanan pada file yang ingin Anda pisahkan

  • Pilih add to archive

  • Pilih dan atur ukuran yang Anda inginkan misal 500 MB dan jenis filenya, Anda menginginkan jenis RAR atau Zip

  • Kemudian pilih OK

  • Tunggu beberapa saat hingga pemecahan file tersebut selesai

  • Setelah proses tersebut selesai, cek kembali apakah jumlah filenya sudah sesuai. Apakah ukurannya juga sudah sesuai dengan pengaturan Anda

  • Jika sudah, silahkan upload satu per satu.

Baca Juga : Cara Menyimpan Link di Google Drive

Intinya, informasi mengenai tips mempercepat upload file di google drive dapat Anda coba satu per satu, dari awal hingga akhir. Semoga dapat bermanfaat dan membantu permasalahan Anda. Selamat mencoba!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *