Cara Membuat Grafik Di Google Spreadsheet

Cara Membuat Grafik Di Google Spreadsheet

Sumber gambar : tamindir.com

Pada sebuah perangkat aplikasi bernama G Suite telah menyediakan fitur untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam mengolah sebuah data dan angka melalui Google Sheets. Terutama saat pada pekerjaan Anda menggunakan sebuah grafik untuk laporan data, maka dari itu perlu mempelajari tutorial cara membuat grafik di Google Spreadsheet dengan langkah – langkah yang mudah. 

Karena seperti yang Anda ketahui bahwa grafik merupakan suatu alat untuk menyajikan data dan informasi yang menggunakan grafis sebagai media komunikasinya. Maka dari itu untuk membuat membuat sebuah grafik dengan langkah – langkah yang mudah dalam Google Spreadsheet, yuk simak ulasan di bawah ini mengenai langkah – langkah yang bisa Anda ikuti!

Langkah – Langkah Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet

Agar Anda bisa membuat grafik dengan mudah dalam Google Spreadsheet, yuk ikuti beberapa langkah – langkah di bawah ini!

  1. Buka Spreadsheet Pada Google Sheets 

Seperti yang Anda tahu bahwa Google Sheets adalah bagian dari Google Drive, jadi saat seseorang ingin mengakses Google Sheets maka pastikan sudah sign in melalui Gmail atau Google Drive.  Selain itu Anda bisa masuk pada link berikut ini https://sheets.google.com pada browser Anda kemudian langsung klik sign in untuk langkah awal dalam cara membuat grafik di Google Spreadsheet. 

  1. Klik Opsi Blank Untuk Membuat Sheets Baru

Langkah selanjutnya setelah Anda berhasil masuk ke dalam Google Drive atau pada link dalam browser pada langkah sebelumnya maka selanjutnya pilih opsi New dan pilih Google Sheets kemudian Anda harus klik Blank Spreadsheets. Nah setelah itu Anda bisa tambahkan berbagai laporan data atau file ke dalam spreadsheet. 

Namun jika Anda sebelumnya sudah memiliki data yang sudah masuk dalam spreadsheet maka tinggal membuka data tersebut dan melanjutkan dengan langkah berikutnya. 

  1. Block Data Yang Sesuai Dengan Keperluan Anda

Selanjutnya cara membuat grafik di Google Spreadsheet adalah dengan mengklik data sesuai dengan keinginan Anda, cara nya bisa dimulai dengan memilih dan blok data dari kolom teratas atau header. Kemudian langkah selanjutnya tekan header kolom dengan abjad A lalu geret kursor Anda hingga pada kolom E. 

Jadi pada akhirnya nanti baris terakhir akan bisa terblok semua, dan keuntungan dari memakai cara ini adalah saat Anda menambahkan data pada baris bawahnya misalkan 10 baris maka selanjutnya grafik Anda akan otomatis bisa terupdate. 

  1. Pilih Insert Dan Klik Chart

Kemudian dalam langkah cara membuat grafik di Google Spreadsheet selanjutnya adalah pilih opsi Insert dan klik opsi Chart, tab tersebut berada pada jajaran paling atas bersebelahan dengan menu lainnya seperti File, Edit, dan View. 

  1. Pilih Tipe Grafik Yang Ingin Anda Buat

Langkah selanjutnya klik pada opsi tipe grafik atau ‘Chart type’ di bagian atas jendela, lalu klik format grafik di kotak penelusuran yang nantinya muncul maka grafik di tengah halaman itu akan berubah sesuai dengan pilihan Anda. 

Kemudian saat Anda sudah memilih opsi chart maka selanjutnya Anda akan dialihkan kepada menu ‘Chart Editor’. Di dalam menu box yang bertuliskan ‘Chart Type’ akan berisi berbagai pilihan tipe grafik seperti Line, Area, Column, Bar, Pie, Scatter, Map, dan lainnya. langkah selanjutnya cara membuat grafik di Google Spreadsheet adalah pilih dan buatlah grafik yang Anda butuhkan. 

Nah itulah beberapa langkah mudah dalam cara membuat grafik di Google Spreadsheet dengan cara yang mudah, semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *