Cara Mudah Mengatasi Smartwatch Tidak Bisa Connect ke Android

Smartwatch tidak bisa connect


Siapa sih yang nggak kenal smartwatch? Gadget pintar satu ini telah menarik banyak perhatian dan minat masyarakat akhir-akhir ini. Apa Sih yang membuat gadget satu ini sangat diminati? Tidak seperti jam tangan biasa, smartwatch terbukti memiliki banyak manfaat, mulai dari hiburan hingga kesehatan. Oleh karenanya, tak heran apabila jam tangan jenis ini kian populer dan diburu. 

Namun begitu, diantara penggunaannya, terdapat salah satu permasalahan yang cukup sering ditemukan. Permasalahan ini yakni smartwatch tidak bisa connect ke perangkat Android. Apabila Anda salah satu yang pengguna yang menjumpai masalah tersebut, maka jangan khawatir. Terdapat cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut yang tentunya bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke teknisi. 

Penasaran apa saja caranya? Yuk simak dengan seksama cara mudah mengatasi smartwatch tidak bisa connect ke Android berikut ini!

Mengecek Ketersediaan Update Software

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk bisa mengatasi permasalahan gagal connect adalah dengan mengecek ketersediaan update software. Apabila terdapat update software yang perlu dilakukan guna meningkatkan beberapa fitur smartwatch, tentu Anda harus segera mengupdatenya. 

Untuk mengecek ketersediaan update software, cara yang perlu dilakukan adalah dengan mengeceknya melalui Play Store ataupun pengaturan aplikasi pada ponsel Anda. Klik dan lihat software yang digunakan untuk menyambungkan smartwatch kemudian cek apakah ada update yang harus dilakukan. 

Memastikan Bluetooth Aktif

Bluetooth menjadi fitur terpenting dan utama karena menjadi penyambung antara smartwatch dengan ponsel Android. Apabila smartwatch tidak bisa connect, cobalah untuk memeriksa Bluetooth pada ponsel Anda. Pastikan Bluetooth dalam keadaan aktif. 

Sembari memastikan aktif tidaknya Bluetooth, Anda juga harus memastikan untuk tidak mengaktifkan Mode Pesawat pada ponsel. Oleh karena itu, yang perlu Anda cek adalah keaktifan Bluetooth dan nonaktifkan Mode Pesawat pada Android. 

Restart Ponsel Android

Cara mudah selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gagal connect smartwatch ke Android adalah dengan merestart ponsel. Cara ini dilakukan apabila kedua cara di atas sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil. 

Setelah melakukan pengecekan ketersediaan update software dan telah memastikan Bluetooth aktif, namun belum berhasil connect, segera restart ponsel Anda. Dengan melakukan restart ponsel akan membuat ponsel Anda menjadi lebih ringan dalam menjalankan berbagai tugas. Setelah restart, coba lah kembali untuk menghubungkan smartwatch dengan ponsel Android. 

Restart Smartwatch

Restart smartwatch menjadi cara mudah yang terakhir untuk mengatasi permasalahan smartwatch tidak bisa connect. Untuk melakukannya, Anda dapat melakukannya langsung melalui jamnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka menu Pengaturan. Setelah itu, pilih menu Sistem dan cari opsi Putus Sambungan & Reset. Ikuti tahapannya hingga jam Anda berhasil di restart. 

Itulah 4 cara mudah yang bisa Anda lakukan apabila terjadi permasalahan smartwatch tidak bisa connect. Cara di atas dapat Anda coba dan praktekkan dengan mudah tanpa harus didampingi oleh seorang teknisi. Namun, apabila keempat cara di atas belum membuahkan hasil, sebaiknya Anda membawa smartwatch Anda ke tempat servis. Hal ini karena kemungkinan terjadi masalah yang serius, baik itu di software atau hardwarenya. 

Segera lakukan tindakan penanganan sesaat setelah mengetahui smartwatch Anda bermasalah. Jangan sampai biarkan permasalah tersebut berlarut-larut dan menyebar menjadi permasalahan lain apabila tidak segera diatasi. 

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *