Cara Memblokir Situs di Android Tanpa Root, 100% Aman

Cara memblokir situs di Android tanpa root

Dengan akses internet yang semakin mudah oleh para pengguna smartphone Android, banyak sekali situs yang bisa Anda jelajahi melalui browser / peramban web. Tetapi fakta bahwa tidak semua situs itu mempunyai nilai yang baik, misalnya konten dewasa yang bisa saja ditemukan oleh anak-anak tentu hal ini patut menjadi perhatian bagi Anda. Karena itu di dalam artikel ini, kami akan membagikan cara memblokir situs di Android tanpa root dengan mudah dan aman.

#1 Cara Memblokir Situs di Android Tanpa Root dari Browser

Jika Anda mencari cara memblokir situs di Android tanpa root dan tanpa menginstal Aplikasi apa pun, Anda dapat mengikuti tutorial ini. Tetapi jika Anda ingin melakukan pemblokiran situs web menggunakan aplikasi, silahkan gulir ke halaman di bawah ini.

Untuk memblokir situs secara langsung pada sebuah browser, Anda perlu mengubah pengaturan di dalam browser web Anda secara manual atau metode lainnya yakni dengan menambahkan beberapa ekstensi ke browser web Anda.

Ada banyak browser web yang tersedia, tetapi di sini kami hanya memilih 4 browser yang paling sering digunakan oleh pengguna HP atau tablet Android seperti: Google Chrome , Firefox , Opera , dan Microsoft Edge.

1.  Blokir situs web di Mozilla Firefox Android Tanpa Root


Ada cara super mudah dan gratis untuk memblokir situs web di Android tanpa root pada browser Firefox, yakni menggunakan add-on gratis, karena Firefox memungkinkan pengguna untuk menambahkan plugin ke browsernya, jadi Anda dapat melakukan dengan mudah seperti berikut :

1.  Buka aplikasi Firefox di HP atau tablet Android Anda;

2.  Masukkan url berikut: https://addons.mozilla.org/en-US/android/  

3.  Kemudian cari add-on bernama “Block Site”, dan klik “Add to Firefox”; blokir situs di firefox

4.  Setelah plugin ditambahkan ke Firefox Anda, kembali ke halaman Pengaya dan ketuk Blokir Situs, lalu tambahkan URL untuk situs web yang ingin Anda blokir di Firefox di ponsel Anda. Selesai.


2.  Blokir Situs Web di Opera Android Tanpa Root


Meskipun Opera memungkinkan pengguna untuk memblokir Iklan di dalam aplikasi, tapi Opera tidak mendukung untuk memblokir situs web di Android. Jadi cara memblokir situs di Android tanpa root pada browser Opera, Anda harus menggunakan ekstensi yang kami sebutkan di atas. Caranya, Ikuti langkah berikut :

1.  Buka aplikasi Opera di ponsel atau tablet Android Anda;

2.  Masukkan url “https://addons.opera.com/en/” di kolom alamat, lalu temukan “Block Site” di halaman add-on;

3.  Kemudian tambahkan “Block Site” ke Opera Anda;

4.  Selanjutnya, buka add-on dan masukkan URL untuk situs web yang ingin Anda blokir dari Opera di perangkat Android Anda.

Nah itulah cara memblokir situs di Android tanpa root di dalam browser Opera jika Anda menggunakannya.

3.  Blokir Situs Web di Edge Android Tanpa Root


Microsoft Edge, sebelumnya dikenal sebagai Internet Explorer, cukup populer di kalangan orang tua, yang memungkinkan orang tua untuk menambahkan akun anak dan mengontrol situs web mana yang dapat diakses oleh anak-anak mereka. 

Langkah-langkah untuk cara memblokir situs web di Android tanpa root pada browser Edge memang tidak semudah itu, tetapi jika Anda bisa membuat akun khusus anak, sehingga Anda akan dijauhkan dari situs web yang mengganggu dan berbahaya saat menggunakan ponsel Android.

Langkah 1. Buatlah akun khusus anak Anda atau orang lain pada Microsoft Edge.

1.  Masuk ke akun Microsoft Anda secara online;

2.  Pilih Family > Add a family member link > Child, masukkan alamat email orang yang ditambahkan;

3.  Klik tombol “Send invite“, lalu periksa dan konfirmasi undangan di akun Outlook orang yang ditambahkan;

Langkah 2. Blokir situs web di akun Edge Anda.

1.  Masuk ke akun Microsoft Anda secara online lagi;

2.  Pilih Family > Your Family > Content restrictions > Web browsing; 

3. Cara memblokir situs web di Android tanpa root di Edge, buka always blocked, lalu tambahkan URL situs web yang ingin Anda blokir;


Langkah 3. Instal dan atur Microsoft Edge di ponsel atau tablet Android

1.  Buka aplikasi Microsoft Edge di ponsel Android;

2.  Ketuk tombol titik 3 untuk masuk dengan akun khusus Anak yang telah Anda tambahkan;


4.  Blokir situs web di Google Chrome Android Tanpa Root

Bisakah cara memblokir situs web tertentu di Chrome untuk Android tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga? Jawabannya memang tidak. Tetapi di dalam browser Chrome itu sendiri memiliki pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk memblokir notifikasi dan pop-up dari beberapa situs web yang dipilih. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu :

  Jalankan Aplikasi Google Chrome di HP Android Anda seperti biasa;
  Buka situs web yang ingin Anda blokir;
  Kemudian ketuk tanda 3 titik vertikal di sebelah kanan bilah alamat, lalu buka ikon Info;
  Ketuk pengaturan situs; 

Ubah Izin dengan menekan tombol menu pengaturan, Anda dapat memblokir media, pop-up, dan sebagainya. Selesai.

Pengaturan internal Google chrome tidak memungkinkan pengguna untuk memblokir situs web di Android secara langsung, tetapi hanya memblokir konten (seperti video dan suara) dan membuat halaman webnya tidak lengkap, untuk membuat pengguna keluar dari situs web karena pengalaman buruk.

Cara lain untuk memblokir situs web di Android tanpa root pada Chrome secara permanen adalah menggunakan alat ekstensi. Tapi seperti yang kita semua tahu, ekstensi Google Chrome dirancang untuk desktop saja, jika Anda ingin menambahkan ekstensi chrome ke perangkat Android, Anda perlu mengunduh dan menginstal browser web tambahan (rekomendasi: Browser Yandex), lalu buka Web Store Chrome , cari “Block Site” dan tambahkan ekstensi chrome ke browser Yandex. Kekurangannya adalah, Anda harus mengunjungi situs web dan memblokirnya di Yandex.

Dalam catatan situs, UC Browser, browser web yang populer di Asia, juga mengalami kasus serupa. Ini memungkinkan pengguna dengan mudah memblokir hal-hal seperti iklan dan pemberitahuan. Tetapi tidak ada fitur atau ekstensi bawaan yang disediakan untuk memblokir situs web di Android.

 

#2 Cara Memblokir Situs di Android Tanpa Root Menggunakan Aplikasi Tambahan

Faktanya, cara termudah untuk memblokir situs web di Android tanpa root adalah menggunakan aplikasi pemblokir web yang profesional, yang membantu memblokir semua jenis situs di semua jenis browser, baik itu Google Chrome, Firefox, Edge atau Opera, bahkan Samsung Internet. Di sini kami merekomendasikan aplikasi pemblokir web berperingkat tinggi untuk Anda yaitu BlockSite.

Seperti namanya, BlockSite dirancang untuk memblokir situs web yang tidak diinginkan di perangkat Android. Sebagai aplikasi pemblokir situs No.1 di Google Play, BlockSite telah menerima banyak ulasan positif. 

Aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk memblokir segala jenis URL yang Anda inginkan. Selain itu, BlockSite hadir dengan pemblokir situs dewasa bawaan serta dengan fitur pemblokiran terjadwal. Semuanya terserah Anda sehubungan dengan apa dan kapan harus memblokir. 

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk tetap fokus dan menjadi lebih produktif. Berikut cara memblokir situs di Android tanpa root menggunakan BlockSite, antara lain :

    Langkah 1. Unduh aplikasi BlockSite via Google Playstore. Lalu install di ponsel Android Anda

    Langkah 2. Pertama, Anda disarankan untuk mengaktifkan fitur Blokir Situs Web Dewasa

    Langkah 3. Ketuk ikon tambah di sudut kanan bawah dan masukkan situs web yang ingin Anda blokir di sana

    Langkah 4. Kembali ke antarmuka utama. Untuk mengatur jadwal, cukup klik ikon jam alarm di sudut kanan atas

Selesai!
 

Akhir Kata

Demikianlah artikel kami tentang cara memblokir situs di Android tanpa root pada berbagai jenis browser yang sering digunakan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda semua. Semoga sukses!

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *