Cara Memindahkan Data dari HP ke Flashdisk

Cara Memindahkan Data dari HP ke Flashdisk

Cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk perlu Anda ketahui bila Anda ingin melakukan backup satu atau banyak file dari ponsel Anda sehingga tetap aman. Selain itu, ini juga berlaku untuk menghemat ruang ponsel apabila sudah semakin membengkak dari waktu ke waktu.
Dengan demikian, selain manfaatnya untuk mengamankan file-file Anda juga dapat mencegah HP Anda kehabisan memori karena banyaknya file foto, video, musik dan sebagainya yang tersimpan pada perangkat Anda.
Lalu bagaimanakah cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk? Nah, berikut robotandro.com telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda coba sendiri melalui smartphone yang Anda miliki.

Cara Memindahkan Data dari HP ke Flashdisk

Untuk memindahkan data dari HP ke Flashdisk pada dasarnya Anda bisa melakukannya melalui laptop / komputer dengan bantuan kabel USB. Tetapi jika Anda yang tidak memiliki laptop PC, opsi lainnya Anda bisa menggunakan USB OTG yang bisa didapatkan dari toko aksesoris terdekat.

1.  Pindah Data dari HP ke Flashdisk Menggunakan Komputer

Cara pertama yang kami bagikan untuk Anda, hanya berlaku bila Anda memiliki laptop atau PC. Atau jika memungkinkan Anda bisa meminjamkannya dari teman Anda. Maka Anda bisa mengikuti cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk seperti langkah-langkah berikut.
  Pertama, silahkan nyalakan komputer hingga muncul ke tampilan desktop.
  Kemudian tancapkan Flashdisk ke salah satu port USB pada PC, dilanjutkan dengan mencolokkan kabel data HP ke port lainnya.
  Jangan lupa hubungkan juga kabel data tersebut ke ponsel Anda melalui lubang cas HP.
  Jika HP dan Flashdisk sudah terkoneksi ke PC, maka Anda bisa melakukan transfer data dari memori HP ke FD lewat PC yang Anda gunakan.
  Caranya buka File Explorer, lalu masuk ke This PC > Perangkat Anda > Di sini.
  Cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk, klik kanan file Anda, pilih Send to > (nama flashdisk Anda).
  Selesai.

2.  Pindah Data dari HP ke Flashdisk Menggunakan USB OTG

Cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk berikutnya Anda bisa menggunakan USB OTG (On The Go). Pastikan Anda sudah memiliki alatnya untuk mengikuti cara ini. Kalau sudah berikut langkah-langkah transfer data HP ke Flashdisk via OTG, yaitu:
  Siapkan HP Anda, kemudian tancapkan Falshdisk ke USB OTG, lalu connect kan ke HP Anda.
  Apabila memori Flashdisk tidak terdeteksi, silahkan masuk ke menu Pengaturan ponsel.
   –  Scroll ke bawah, masuk ke Pengaturan Tambahan.
   –  Temukan tulisan Koneksi OTG, lalu centang atau aktifkan.
   –  Tunggu beberapa detik sampai muncul notifikasi OTG aktif.
  Setelah koneksi Flashdisk OTG berhasil terkonek, Anda bisa langsung memindahkan atau menyalin file dari HP ke Flashdisk.
  Caranya Anda bisa langsung masuk saja ke penyimpanan file, lalu salin data dari memori HP ke dalam Flashdisk yang terkonek.
Nah itulah bagaimana cara memindahkan file dari HP ke Flashdisk menggunakan kabel USB OTG. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan

Cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk seperti yang kami tuliskan yaitu dengan dua cara. Pertama menggunakan bantuan laptop / komputer. Atau bisa dengan menggunakan kabel USB OTG.
Melalui kedua cara tersebut Anda bisa gunakan baik untuk menyimpan foto, musik, video dan berbagai jenis file lainnya dari ponsel ke Flashdisk Anda. Demikianlah informasi cara memindahkan data dari HP ke Flashdisk. Semoga bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *