Iklan

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Untuk Smartphone Lama

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Untuk Smartphone Lama
JawaraPonsel.com

Semua kalangan saat ini menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran. Maka dari itu, pengguna smartphone yang sudah lama kerap mengalami masalah baterai cepat habis di luar ruangan. Cara mengatasi baterai cepat habis untuk smartphone perlu diketahui oleh para penggunanya.

Wajar saja, sekarang ini aktifitas belanja online hingga membaca berita bisa disajikan secara instan oleh smartphone. Kondisi baterai yang awet digunakan setidaknya satu hari penuh dipastikan bisa membantu memudahkan orang untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Untuk Smartphone Lama

Kondisi baterai yang cepat habis biasanya rentan dirasakan oleh pengguna smartphone lama. Smartphone keluaran terbaru menyajikan baterai yang lebih tahan lama dan sistem fast charging sehingga membantu pengguna yang tidak memiliki banyak kegiatan lewat smartphonenya.

Dilihat dari harganya, smartphone kekinian juga relatif lebih mahal sehingga banyak yang enggan beli smartphone baru selagi yang lama bisa digunakan. Namun, jangan khawatir jika Anda menggunakan smartphone lama yang mengalami masalah baterai boros. Berikut ini akan disajikan cara mengatasi baterai yang cepat habis untuk smartphone lama :

  1. Atur Kecerahan Layar

Makin lama layar dihidupkan maka daya yang dipakai juga semakin banyak. Untuk itulah atur tingkat kecerahan supaya baterai bisa lebih tahan lama. Beberapa smartphone menghadirkan fitur adaptive brightness yang disesuaikan secara otomatis dengan pencahayaan sekitar.

  1. Instal Aplikasi Seperlunya

Banyaknya aplikasi yang digunakan juga membuat daya yang dibutuhkan semakin besar. Terkadang ada aplikasi yang berjalan di belakang layar sehingga tetap menguras daya meskipun tidak digunakan.

Maka dari itulah, Instal aplikasi seperlunya saja. Jangan lupa juga mematikan proses latar belakang yang berjalan dari aplikasi tertentu serta menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

  1. Matikan GPS dan Bluetooth

Meskipun tidak digunakan namun dua fitur ini kerap dihidupkan oleh si pemakainya. Disarankan jika memang sedang tidak digunakan untuk mematikan GPS dan juga Bluetooth, namun terkadang ada kalanya smartphone terpengaruh performanya jika fitur ini dimatikan.


  1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Manfaatkan mode hemat baterai supaya daya tahan baterai bisa lebih lama. Apalagi ini sangat diperlukan jika ada kegiatan di luar ruangan yang memungkinkan Anda jauh dari tempat charger.

  1. Sinyal Buruk Berpengaruh

Banyak yang tidak tahu jika sinyal yang buruk akan berpengaruh pada baterai cukup signifikan. Smartphone akan terus menerus mencari jaringan dengan tower terdekatnya supaya koneksi tetap aman dan stabil. Ketika masa pencarian inilah yang akhirnya smartphone terus menerus beroperasi.

  1. Update Sistem Operasi

Semakin baru versi sistem operasi maka semakin bagus pula fitur yang digunakan. Sejauh ini, versi android yang lebih baru memberikan kinerja yang lebih optimal dan juga penghematan daya baterai. Oleh karena itu, jika ada update sistem operasi maka jangan ragu untuk melakukannya.

Itu dia 6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis untuk smartphone lama yang mungkin sampai saat ini masih Anda gunakan. Jangan buru-buru beli smartphone baru jika baterai cepat habis, karena langkah mudah di atas bisa jadi solusi paling tepat.

Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Untuk Smartphone Lama"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel