Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

pixabay.com

Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram – Anda mungkin sudah mengetahui fakta bahwa ada banyak sekali akun palsu yang bertebaran di media sosial baik itu di Facebook, Twitter dan Instagram.

Beberapa pengguna akun fake ini mungkin bermaksud untuk menyembunyikan identitasnya di Internet atau untuk menunjukkan kegemarannya terhadap hobi / idola. Namun di lain sisi tak sedikit juga yang menggunakannya untuk berbuat jahat, seperti menipu orang lain misalnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan merangkum beberapa tips bagaimana cara mengetahui pemilik akun fake Instagram. Hal ini baik untuk mengindentifikasi apakah akun yang baru saja mulai mengikuti Anda itu palsu atau mungkin untuk mengetahui apakah seseorang yang Anda kenal memiliki banyak pengikut palsu.

Apa itu Akun Fake Instagram?

Biasanya, akun Instagram palsu dibuat untuk tujuan bisnis, untuk mulai mengikuti akun atau terlibat dengan akun yang membayar layanan mereka, yaitu followers, like, dan comment Instagram.

Dengan membeli barang dari pemilik akun bisnis ini, orang dapat meningkatkan jumlah mereka di Instagram dan dengan demikian terlihat lebih populer. Kebanyakan orang melakukan hal ini dengan cara membeli pengikut, atau layanan dari bisnis yang dapat mengembangkan akun Instagram tersebut.

Dan terlepas dari apa yang dikatakan beberapa layanan, akun yang mulai mengikuti saat Anda membelinya bukanlah akun asli milik orang sungguhan, melainkan akun palsu yang dibuat dengan cara meniru akun orang sungguhan dan terlihat asli, tetapi ada sejumlah besar memberitahu di mana Anda dapat mengidentifikasi akun palsu.

Jenis akun palsu lainnya adalah akun yang dibuat seseorang untuk tujuan menguntit. Jenis akun Instagram ini tidak begitu banyak, tetapi sifat akunnya masih mirip dengan jenis lainnya. Yang berarti bahwa cara mengetahui pemilik akun fake Instagram dapat dilakukan dengan metode yang sama.

Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

Sekarang, pengikut palsu tidak hanya di Instagram tetapi juga di Facebook, Twitter, Tumblr, dan sebagainya. Seiring dengan semakin pentingnya peran media sosial dalam masyarakat, semakin banyak orang yang mulai melihat keberadaan media sosial orang lain karena berbagai alasan.

Di Instagram, topik akun palsu sedang ramai diperbincangkan. Orang-orang yang menyebut diri mereka influencer telah diidentifikasi telah membeli sejumlah besar pengikut untuk membuat akun miliknya terlihat lebih populer dari biasanya.

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengetahui pemilik akun fake Instagram yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1.  Cek Profil Akun

Hal pertama untuk cara mengetahui pemilik akun fake Instagram ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda, karena ini memang sudah menjadi hal yang umum.

Ketika Anda mengunjungi beranda pemilik akun palsu pada dasarnya mereka hanya berusaha terlihat seperti manusia biasa, jelas mereka akan menggunakan foto profil manusia asli. Sering kali, Anda mungkin dapat melihat bahwa gambar profil yang mereka gunakan adalah foto yang tidak sesuai oleh pengguna aslinya.

Selain itu pemilik akun palsu adalah mereka yang memiliki postingan yang sangat aneh di feed mereka, postingan yang jarang digunakan oleh orang sungguhan. Sering kali, feed mereka penuh dengan selfie. Dan bukan hal yang aneh jika selfie yang mereka bagikan bahkan terlihat berbeda. Karena jelas itu adalah pemilik akun fake Instagram.

 

2.  Cek Informasi Identitas Akun

Di dalam aplikasi Instagram terdapat fitur yang memungkinkan Anda bisa mengenali informasi dari pengguna suatu akun. Jadi Anda dapat mengetahui pemilik akun fake Instagram dengan mudah melalui cara berikut.

•  Bukalah aplikasi Instagram yang terinstall pada ponsel Anda

•  Ketuk di menu pencarian, lalu ketikkan nama sebuah akun yang ingin Anda ketahui informasi identitasnya.

•  Setelah masuk ke beranda profil tersebut, tap ikon titik di bagian kanan atas

•  Pilih pada menu Tentang Akun Ini atau dalam bahasa inggrisnya About This Account

•  Pada langkah ini Anda bisa melihat info tanggal kapan pemilik akun tersebut bergabung di Instagram

•  Selain itu Anda juga akan melihat informasi lokasi, serta nama pengguna dari akun sebelumnya

•  Selanjutnya cobalah Anda klik pada Nama Pengguna Akun Sebelumnya

Cara mengetahui pemilik akun fake Instagram dalam hal ini, Anda cukup amati di bagian Nama Pengguna Akun Sebelumnya yang mana statusnya selalu berubah-ubah.

Biasanya pemilik akun ini melakukannya dengan tujuan agar terhindar dari pengguna akun lain yang ingin melacak, sehingga menurunkan resikonya diketahui oleh orang lain. Namun dengan fitur tersebut di atas, Anda dapat mengidentifikasi akun palsu dengan mudah.

3.  Cek Tanda Centang Biru

Cara mengetahui pemilik akun fake Instagram dari pengguna lain, Anda bisa mengecek nya dengan melihat apakah akun tersebut memiliki centang biru atau tidak.

Pemilik akun asli yang sudah populer di Instagram, seperti nama artis atau selebgram yang memiliki banyak sekali followers atau pengikut, biasanya terdapat tanda centang berwarna biru di samping nama nya yang mengindentifikasi akun tersebut asli.

Sedangkan pemilik akun palsu di Instagram yang hanya meniru nama-nama dari tokoh terkenal tersebut tidak mempunyai tanda centang biru sama sekali, yang artinya bahwa akun Instagram itu palsu. Dengan begitu cara mengetahui pemilik akun fake Instagram dapat Anda lihat dari tanda centang yang kami sebutkan.

 

4.  Melacak Akun Instagram Seseorang dengan Nomor HP

Metode selanjutnya bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk melacak akun Instagram seseorang, Anda bisa melakukannya dengan menyiapkan nomor HP.

Agar dapat melanjutkan metode ini tentunya hal yang perlu Anda persiapkan adalah nomor telepon dari seseorang yang ingin Anda lacak akun Instagram nya. Berikut  langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  Buka Instagram, lalu login ke akun Anda seperti biasanya

  Tap di bagian menu Profil Anda

   Kemudian klik ikon garis tiga di sebelah kanan atas, lalu pilih Discover People atau Temukan Orang
 
  Klik tombol Connect pada bagian Contact untuk menghubungkan kontak ponsel ke Instagram

  Setelah itu pilihlah Get Started untuk menyambungkan kontak

Maka pada langkah ini semua nomor yang terdapat pada kontak HP akan tampil di Instagram jika mereka memang memiliki akun. Dengan demikian Anda bisa terhubung ke akun dari nomor tersebut.
 

Kesimpulan

Itulah berbagai cara mengetahui pemilik akun fake Instagram yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan metode yang disampaikan di atas dapat meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan oleh pemilik akun palsu.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *