Inilah Cara Reset Akun Google di Android yang Harus Diketahui

Cara reset akun google di Android



Apabila ponsel mengalami masalah atau bila Anda ingin menjual ponsel, ada baiknya dilakukan penyetelan ulang atau reset. Hal ini biasanya dapat membuat ponsel dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Selain itu, reset berguna untuk mengamankan data bila ponsel harus beralih tangan. Oleh karena itu, simak cara reset akun google di android berikut.

Cara Reset Akun Google di Android

Apabila Anda mendapati akun google mengalami kendala dan harus dilakukan reset, Anda bisa menghapusnya terlebih dahulu. Begitu juga bila Anda ingin menjual ponsel agar data Anda aman dan tidak dibobol oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab, juga harus dilakukan penghapusan akun. Salah satu tujuannya tentu untuk menghilangkan dan mengamankan semua data yang tersimpan di akun. Berikut beberapa cara untuk menghapus akun.

  1. Reset Akun Google Melalui Pengaturan Ponsel

 E:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_20210826-123252.pngE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_20210826-123259.png 
dokumen pribadi

 

Cara pertama untuk reset adalah dengan menghapusnya terlebih dahulu dari perangkat atau ponsel. Apabila sudah terhapus, Anda bisa memasukkannya kembali. Cara pertama ini bisa Anda lakukan meskipun Anda tidak terkoneksi dengan internet. Adapun langkah untuk melakukan penyetelan ulang melalui pengaturan ponsel adalah sebagai berikut.

Cara reset akun Google di Android:

  • Buka pengaturan.

  • Cari akun atau profil atau bisa juga melalui google. Dikarenakan tiap merek ponsel berbeda-beda, Anda bisa mencarinya dengan kata kunci yang hampir atau mendekati dengan akun google. 

  • Pilih akun atau profil google yang dikehendaki.

  • Setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda bisa mencari cara untuk menghapusnya. Yaitu Anda bisa menghapusnya dengan cara menahannya atau memilih titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

  • Apabila akun sudah terhapus, Anda bisa memasukkannya kembali langsung dari pengaturan ponsel tersebut. Yaitu Anda tinggal memilih pilihan tambah atau menambahkan akun. Biasanya cara reset akun google di android ini paling umum dilakukan. 

  1. Reset Akun Google Melalui Aplikasi Surel atau E-Mail

Bagaimana cara reset akun Google di Android?Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_20210826-130153(1).png 
dokumen pribadi

 

Pada dasarnya melakukan reset juga bisa melalui aplikasi surel yang ada di dalam ponsel itu sendiri. Namun, syaratnya Anda harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu. Baik itu melalui kuota dari kartu perdana maupun melalui akses wifi yang tertangkap oleh ponsel Anda. Bagi Anda yang ingin menghapus akun melalui aplikasi surel yang ada di dalam ponsel itu sendiri, Anda bisa melakukan langkah cara reset akun Google di Android sebagai berikut.

  • Buka aplikasi surel atau email google.

  • Pilih akun yang dikehendaki.

  • Pilih pengaturan.

  • Pilih kelola akun.

  • Pada bagian data dan privasi, Anda bisa menghapus akun Anda yang ada di bagian bawah sendiri seperti gambar.

  • Apabila sudah terhapus, Anda bisa menambahkan kembali akun Anda melalui setelan dan tambahkan akun. Ikuti terus langkah yang telah tertera pada surel. Cara reset akun google di android ini termasuk cara yang paling terbukti.

  1. Reset Akun Google Melalui Reset Pabrik

E:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_20210826-123252.pngE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_20210826-144521(1).png 
dokumen pribadi

 

Cara reset akun google di android berikutnya adalah dengan cara melakukan penyetelan ulang layaknya pengaturan yang berasal dari pabrik. Jadi, ponsel yang dilakukan penyetelan ulang akan terlihat layaknya ponsel baru yang barusan keluar dari pabrik. Apabila Anda melakukan penyetelan ini, semua data-data Anda yang ada di dalam ponsel maupun google menjadi hilang.

Bagi Anda yang tidak ingin data-datanya hilang secara permanen, ada baiknya Anda melakukan back up data atau menyimpan data tersebut ke tempat yang baik. Anda bisa menyimpan atau menyalin ke laptop terlebih dahulu. Bisa juga Anda menyimpannya melalui cloud storage atau penyimpanan di internet. Misalnya melalui google drive. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah reset pabrik berikut.

  • Buka pengaturan yang ada di ponsel.

  • Cari buat cadangan dan setel ulang. Pada umumnya, ada beberapa ponsel yang memiliki pilihan-pilihan lain di dalam menu ini. Misalnya untuk mengatur ulang baik itu jaringan, data maupun pengaturan layaknya ke pengaturan pabrik. Ada juga menu untuk menghapus semua data di telepon. Ada juga mengembalikan pengaturan ke pabrik tanpa harus menghapus data apapun. Anda tinggal memilih saja.

  • Pilih kembalikan ke setelan pabrik. Setelah Anda memilih menu ini, biasanya ponsel Anda akan mati sementara kemudian menyala kembali dengan pengaturan layaknya dari pabrik. Jadi, saat Anda mengoperasikan ponsel terasa layaknya Anda membeli ponsel baru. Cara reset akun google di android yang satu ini termasuk cara cepat.

  • Setelah ponsel Anda menyala dan terasa seperti ponsel baru dibeli, Anda akan melihat notifikasi untuk memasukkan akun baru. Terutama untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu yang harus menggunakan akun google. Cara memasukkan akun baru ini bisa dilakukan melalui aplikasi surel atau email, bisa juga dilakukan melalui pengaturan ponsel itu sendiri. 

  1. Reset Akun Google Melalui Pengaturan Aplikasi Tertentu Produk Google

Inilah cara reset akun Google di AndroidAgustus 202125 Agustus 2021Screenshot_2021_0826_185304.jpgE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_2021_0826_185319.jpgE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_2021_0826_185336.jpgE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_2021_0826_185344.jpgE:EKudo-WardahKERJAK4JOB 2021Job Agustus 202125 Agustus 2021Screenshot_2021_0826_185354.jpg 

dokumen pribadi

 

Cara reset akun google di android yang bisa Anda lakukan adalah melalui aplikasi tertentu. Aplikasi yang dipilih adalah aplikasi khusus dari google. Misalnya aplikasi google drive, google maps dan aplikasi lainnya. Cara ini dilakukan tanpa harus membuka koneksi internet. Bagi Anda yang ingin melakukan cara ini, ikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka pengaturan yang ada di ponsel.

  • Pilih menu aplikasi.

  • Pilih salah satu aplikasi yang merupakan produk keluaran dari google. Misalnya chrome, google play, google drive, youtube, duo atau aplikasi lainnya.

  • Pilih penyimpanan.

  • Pilih kelola ruang.

Pada saat Anda masuk ke pilihan ini, Anda akan melihat beberapa pilihan lagi. Pilihlah hapus semua data yang digunakan untuk menghapus akun, pengaturan yang telah dipasang di aplikasi ini, dan semua data-data yang telah tersimpan di aplikasi ini. 

Misalnya data hasil penjelajahan atau history, cache dan kata kunci atau password yang telah tersimpan di aplikasi. Cara reset akun google di android ini sekaligus untuk meringankan kerja memori dalam mengolah aplikasi. Dengan begitu, angka indikator RAM menjadi lebih besar.

  • Masukkan akun baru.

Setelah semua data terhapus dan akun sudah tidak terdeteksi, Anda bisa memasukkan kembali akun google Anda. Adapun cara memasukkan akun ini bisa dilakukan melalui aplikasi yang merupakan produk google ini. Bisa juga Anda memasukkan melalui aplikasi lainnya. Namun, Anda harus terkoneksi dengan internet. Jika tidak ingin terkoneksi internet, Anda bisa langsung masuk ke pengaturan.

Masuk Kembali

Setelah Anda menghapus semua akun melalui beberapa cara di atas, Anda bisa langsung masuk kembali menggunakan akun baru maupun akun lama Anda. Apabila Anda yang baru beli ponsel bekas tapi masih bisa berfungsi, Anda bisa memasukkan akun baru saja. Tujuannya agar verifikasi lebih mudah. Namun, bagi Anda yang hanya ingin reset, Anda bisa memasukkan akun lama.

Itulah beberapa informasi mengenai cara reset akun google di android. Cara tersebut bisa dilakukan melalui pengaturan langsung pada ponsel, bisa dilakukan dari aplikasi surel, bisa dilakukan dari aplikasi lainnya yang merupakan produk google, maupun melalui reset pabrik. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan lupa pastikan kuota internet tersedia untuk memasukkan akun bila ingin terkoneksi.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *