8 Aplikasi Teleprompter Terbaik Untuk Smartphone Android

Aplikasi Teleprompter Terbaik

pixabay.com


Aplikasi Teleprompter – Bagi sebagian orang bicara di depan kamera merupakan hal yang tidak mudah dan menantang. Terutama untuk seorang YouTuber, menampilkan video yang menarik dan tentunya informatif adalah hal yang menjadi prioritas utama.
Oleh karena itu hadirnya aplikasi Teleprompter menjadi angin segar bagi Anda yang masih kesulitan menghapal skrip baik untuk menyampaikan pidato atau informasi melalui perekaman video pada smartphone Android Anda.

Apa itu Aplikasi Teleprompter?

Aplikasi Teleprompter memungkinkan Anda untuk menampilkan file dokumen yang berisikan teks di depan layar smartphone Anda bersamaan dengan rekaman video aktif ketika Anda memulai.
Dengan perekaman Teleprompter, Anda tidak akan kesulitan lagi berbicara di depan kamera karena di dalamnya Anda bisa menambahkan tulisan secara manual dan menampilkannya secara otomatis dan bergulir layaknya subtitle / lirik lagu di dalam video musik.
Bagi Anda yang tertarik, di bawah ini kami akan merangkum 8 aplikasi Teleprompter terbaik yang dapat digunakan pada smartphone Anda. Silahkan coba salah satunya atau mungkin semua untuk membandingkan mana yang paling terbaik.

8 Aplikasi Teleprompter Terbaik Untuk Smartphone Android

Berikut adalah daftar 8 aplikasi Teleprompter terbaik dan terpopuler untuk smartphone Android, antara lain:

1.  BIGVU Teleprompter

Aplikasi Teleprompter 1

Dengan tampilan antar muka yang simpel dan menarik, aplikasi Teleprompter BIGVU bisa menjadi pilihan baik untuk Anda. Aplikasi BIGVU memberikan opsi 2 rekaman video ketika Anda memilih membuat proyek baru, yakni video dengan skrip atau video tanpa skrip.
Ketika Anda memilih proyek dengan skrip, Anda dapat mengisi dengan teks / tulisan yang Anda inginkan. Dan pada saat perekaman diaktifkan Anda bisa langsung membaca mengikuti teks yang bergulir secara otomatis di layar smartphone.
Namun perlu Anda ketahui, aplikasi BIGVU dapat dijalankan dalam mode koneksi internet aktif. Karena pada saat pertama memulai Anda perlu login dengan social media Facebook atau Email.
Fitur Aplikasi BIGVU:
  Kompitabel dengan perangkat Android dan iPad
  Pengaturan kualitas video yang lebih baik dan dapat disesuaikan sesuai keinginan. Selain itu Anda bisa mengatur kecepatan video.
  Menginput skrip / teks sangat mudah dan sederhana
  Anda dapat menyesuaikan ukuran teks, speed, dan ukuran jendela yang tersedia di samping tombol rekam.
Aplikasi Teleprompter BIGVU telah diunduh lebih dari 1 juta kali dari Google Play Store dengan ukuran 17 MB. Untuk meningkatkan fitur yang lebih maksimal, Anda perlu melakukan upgrade ke versi premium dan mendapatkan fitur seperti:
  Menghapus tanda air (watermark)
  Merekam video dalam format HD
  Meningkankan output audio, dan
  Menambahkan musik di latar belakang

2.  Simple Teleprompter

Aplikasi Teleprompter 2

Beberapa orang lebih memilih tampilan yang sederhana, maka Simple Teleprompter adalah jawabannya. Selain ukuran apk hanya sebesar 1.4 MB saja, aplikasi Telemprompter ini dapat digunakan dalam mode offline, tanpa internet.
Aplikasi Simple Teleprompter berjalan cukup pada versi Android 3.0 keatas. Simple Teleprompter mendukung penyesuaian kecepatan pengguliran, jenis font, warna teks, serta fitur lainnya seperti Mirror the text dan Fixed Orientation.
Sebagai catatan, Anda dapat memasukkan teks dengan menambahkan dokumen txt dari memori internal ponsel atau Anda bisa membuat teks langsung melalui aplikasi Simple Teleprompter.

3.  Parrot Teleprompter

Aplikasi Teleprompter 3
Aplikasi Teleprompter Parrot dirancang khusus untuk Android dan iOS. Parrot Teleprompter hadir dengan beragam fitur menarik yang tentunya sangat disukai pengguna dalam teleprompter profesional.
Alasan utama Anda perlu memilih Parrot adalah tentu saja karena gratis. Serta fitur antar muka yang sangat mudah digunakan, Anda bisa menyesuaikan teks dengan warna dan ukuran pilihan lebih mudah dan praktis.
Aplikasi Teleprompter bergambar burung beo ini juga dapat mengontrol kecepatan gulir, mengatur warna background, dan membuat penyesuaian pada latar depan. Dengan pilihan input jumlah skrip yang tak terbatas, berikut fitu-fitur yang bisa Anda temukan di Parrot Teleprompter.
Fitur Aplikasi Parrot Teleprompter:
  Menambahkan skrip dengan jumlah yang tidak terbatas
  Dapat memilih tampilan 2 mode yang berbeda, yaitu: mode portrait dan landscape
  Dapat menyesuaikan kecepatan gulir pada level tertentu pilihan Anda
  Kemampuan untuk menyesuaikan ukuran teks, dan kostumisasi penuh
  Dapat mengubah warna latar depan dan latar belakang yang dapat membantu visibilitas
  Parrot Teleprompter mendukung file txt, serta kompitable dengan perangkat Android dan iOS

4.  Selvi – Teleprompter Camera

Aplikasi Teleprompter 4

Jika Anda adalah tipe orang yang ingin berbicara di depan kamera dengan membacakan teks dari layar, maka Anda akan menyukai aplikasi Teleprompter Selvi.
Layaknya seperti pembawa acara TV, yang perlu Anda lakukan adalah merekam video menggunakan kamera dan membacakan teks yang baru Anda siapkan dari layar ponsel selama perekaman.
Melalui Selvi – Teleprompter Camera, berikut sejumlah fitur yang akan Anda dapatkan dari salah satu aplikasi Teleprompter terbaik ini.
Fitur Aplikasi Selvi Teleprompter:
  Kemampuan untuk menggunakan kamera depan dan belakang secara bergantian
  Selvi mendukung dokumen txt. Sehingga Anda dapat membuatnya lewat aplikasi lain dan mengimpornya ke Selvi
  Saat menggunakan kamera selfie, Anda bisa menyesuaikan resolusi video
  Membuat gerakan layar untuk menyesuaikan kecepatan dan ukuran font
  Kompitabel dengan perangkat Android dan iOS
  Video dapat langsung di share ke media sosial, termasuk YouTube

5.  Elegant Teleprompter

Aplikasi Teleprompter 5

Elegant Teleprompter mendukung opsi mengimpor teks dari penyimpan perangkat atau via cloud langsung ke dalam proyek yang ingin Anda buat.
Untuk menggunakan aplikasi Teleprompter ini, Anda hanya perlu berbicara seperti biasa di depan kamera dengan teks yang otomatis bergulir di hadapan Anda.
Dengan tampilan antar muka yang sederhana, Elegant Teleprompter hanya berukuran 2,3 MB saja. Berikut beberapa fitur-fitur nya,
Fitur Aplikasi Elegant Telprompter:
  Melihat dan mengubah posisi teks dengan mudah
  Mendukung fitur Bluetooth yang memungkinkan Anda terhubung ke remote
  Untuk melakukan tindakan tertentu lebih cepat, Anda bisa menggunakan tombol pintasan
  Dapat mengimpor teks langsung dalam file .txt dari penyimpanan ponsel dan layanan cloud
  Dalam versi pro Anda bisa meambahkan teks dari file .docx

6.  Teleprompter Pro

Aplikasi Teleprompter 6
Aplikasi Teleprompter Pro dirancang khusus untuk pembuat konten. Teleprompter Pro menawarkan pengalaman tampilan langsung yang unik dan menarik. Memungkinkan Anda menampilkan teks di dalam layar bersamaan dengan perekaman video aktif. Sehingga Anda bicara langsung di depan kamera tanpa memutuskan pusat perhatian Anda.
Anda juga dapat menambahkan dan menyimpan beberapa skrip sekaligus, dan mengeditnya sebelum atau selama perekaman. Dan tentunya, teks Teleprompter dapat Anda sesuaikan, seperti ukuran font, kecepatan teks, dan spasi baris.
Aplikasi Teleprompter Pro sepenuhnya adalah versi berbayar, dengan harga Rp90.000 di Google Play Store. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan Teleprompter Pro versi LITE yang dapat digunakan gratis, seperti poin di bawah ini.

7.  Teleprompter Pro LITE

Aplikasi Teleprompter 7

Teleprompter Pro LITE adalah versi gratis dari Teleprompter Pro yang berbayar. Dari tampilan antar muka yang tidak kalah menarik, Anda bisa memperoleh beberapa fitur dasar yang terdapat dalam versi Pro.
Meskipun aplikasi Teleprompter Pro LITE hanyalah kloningan dari versi Pro (berbayar), berikut adalah beberapa fitur yang akan Anda temukan di dalam aplikasi ini.
Fitur Aplikasi Teleprompter Pro LITE:
  Melihat video dengan mode layar penuh
  Anda dapat memilih beberapa font dan warna latar belakang yang tersedia
  Dapat mengontrol kecerahan dari aplikasi Teleprompter

8.  SingerPro Music Teleprompter

Aplikasi Teleprompter 8

Bagi Anda pecinta musik, SingerPro Music adalah salah satu pilihan aplikasi Teleprompter terbaik yang tersedia di Google Play Store. Dengan alat ini Anda dapat secara mudah menginput subtitle atau teks di dalam video bersamaan dengan pemutaran musik.
Anda dapat mengatur kecepatan waktu, sehingga musik bisa berjalan tepat waktu dan Anda bisa bernyanyi pada saat yang sama menggunakan smartphone Anda.
Di bawah ini adalah beberapa fitur menarik dari SingerPro Music yang membuatnya menjadi daftar salah satu aplikasi Teleprompter terbaik saat ini yaitu,
Fitur Aplikasi Teleprompter SingerPro Music:
  Hanya mendukung pada perangkat Android saja
  Di setiap titik Anda berhenti, Anda dapat memasukkan instrumen yang dimainkan seperti solo gitar. Dengan begitu Anda dapat bernyanyi dan memainkan instrumen dalam SingerPro secara bersamaan
  Mengontrol penuh pada setial lagu karena Anda dapat mengatur timer yang dapat secara otomatis membekukan layar.

Kesimpulan

Ketika Anda kesulitan bicara di depan kamera entah gugup atau lupa menyampaikan pesan / kata-kata, aplikasi Teleprompter adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Aplikasi Teleprompter bisa menjadi teman terbaik Anda saat ingin menyampaikan informasi melalui kamera tanpa meninggalkan satu baris atau satu kalimat pun dari yang ingin Anda sampaikan.
Nah demikian informasi tentang daftar 8 aplikasi Teleprompter terbaik untuk smartphone Android. Semoga dengan informasi ini dapat berguna bagi Anda. Terimakasih, dan selamat mencoba.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *