Lupa Kata Sandi Facebook dan Nomor Tidak Aktif Lagi? Ini Solusinya!

Lupa kata sandi FB dan nomor tidak aktif lagi

pixabay.com

Lupa kata sandi akun Facebook merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap orang. Meski lupa kata sandi, namun Facebook sendiri menyediakan beberapa opsi pemulihan akun yang bisa dipilih. Misalnya saja lewat nomor telepon. Lalu bagaimana jika lupa kata sandi facebook dan nomor tidak aktif lagi?

Facebook telah menjadi salah satu jejaring media sosial yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, selain digunakan sebagai sarana interaksi sosial, Facebook juga kerap digunakan untuk bisnis online. Maka dari itu, wajar jika penggunaan FB di Indonesia masih terbilang cukup tinggi, dengan jangkauan yang sangat luas.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Akun Facebook Yang Sudah Dihapus

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook dan Nomor Tidak Aktif Lagi

Kalau Anda mengalami lupa kata sandi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi lupa kata sandi Facebook dan nomor tidak aktif lagi.

1. Reset Password Lewat Email

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi lupa kata sandi di akun Facebook adalah dengan cara reset password dengan menggunakan email. Cara ini terbilang cukup umum dan mudah dilakukan. Asalkan Anda masih memiliki akses login ke email, yang didaftarkan untuk membuat akun Facebook tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan untuk mereset kata sandi melalui email. Diantaranya :

  • Langkah pertama, silahkan Anda bisa membuka halaman login Facebook seperti biasanya. Kemudian silahkan Anda bisa klik tulisan “Lupa Akun” yang ada di bagian bawah entry login.

  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke laman yang berisikan form pengisian email dan nomor telepon yang terkait dengan akun FB. Karena dalam kasus ini nomor sudah tidak aktif, silakan Anda masukkan alamat email dengan benar, dan kemudian klik “Cari”.

  • Selanjutnya, Anda akan diberikan daftar opsi pemulihan akun, dengan menggunakan gambar profil dan nama akun di bagian bawah kanan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa akun tersebut memang milik Anda atau bukan.

  • Sedangkan di bagian kiri profil tersebut terdapat tulisan “Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode untuk mereset kata sandi Anda?” Pada bagian bawahnya terdapat satu opsi yakni “Kirim Kode melalui email”.

  • Silakan Anda bisa klik tab tersebut, dan nantinya akan ada kode unik yang dikirimkan oleh Facebook ke email Anda. Tugas selanjutnya adalah hanya perlu memasukkan kode unik tersebut pada kolom yang disediakan. Jika kodenya benar, maka Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan ulang akun dengan menggunakan kata sandi yang baru.

  • Kalau email yang Anda miliki juga sudah tidak aktif, maka silakan klik pada bagian “Tidak punya akses ke sini lagi”.

  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan email atau nomor telepon yang baru. Selanjutnya silahkan Anda bisa klik “Lanjutkan”.

  • Setelah langkah tersebut, biasanya Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan dari Facebook. Biasanya pertanyaan ini bergantung pada jenis pertanyaan yang Anda pilih, sewaktu mendaftar FB. Anda hanya perlu menuliskan jawaban, dan kemudian klik “Lanjutkan”.

  • Jika sudah, Anda bisa memasukkan kata sandi baru, lalu klik “Lanjutkan”. Kalau Anda melakukannya dengan benar, maka akan ada email atau SMS berisikan link konfirmasi penggantian kata sandi. Anda cukup klik link tersebut untuk menyelesaikan proses verifikasi penggantian kata sandi akun FB.

Dengan menggunakan beberapa langkah yang telah disebutkan di atas, Anda  pun sudah bisa mereset akun Facebook yang lupa kata sandi dan nomornya sudah tidak aktif. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya  kalau Anda mencatat kata sandi pada tempat yang aman, dan menjaga nomor/email agar tetap aktif.

2. Reset Kata Sandi dengan Upload Identitas

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk login ke Facebook jika lupa kata sandi dan nomor atau email tidak aktif, adalah menggunakan bantuan identitas. Pada umumnya, cara ini banyak digunakan oleh para pemilik akun yang dibajak, agar akun tersebut bisa kembali ke pemilik aslinya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan Tanpa KTP

Mengingat hal ini cukup rentan, maka biasanya proses verifikasi tersebut akan membutuhkan identitas. Prosesnya pun agak sedikit lama, yakni bisa saja mencapai 1 x 24 jam. Selain itu, agar memperlancar prosesnya, dianjurkan agar nama profil pada akun Facebook, sama dengan yang tertera di identitas Anda.

Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa cara yang perlu dilakukan, jika lupa kata sandi FB dan nomor atau email sudah tidak aktif. Diantaranya:

  • Buka laman Facebook seperti biasanya. Kemudian silahkan klik “Lupa kata Sandi” pada halaman login Facebook.

  • Setelah itu, Anda bisa klik bagian “Saya tidak dapat mengakses email saya”. Selanjutnya akan muncul opsi untuk memasukkan email baru. Jika sudah, silakan klik “Lanjutkan”.

  • Berikutnya, Anda akan diarahkan ke laman baru untuk mengisi beberapa informasi data diri. Seperti nama Lengkap, alasan tidak bisa login, opsi untuk upload KTP, dan lain sebagainya. Anda bisa mengisi data-data tersebut dengan benar. Lalu silahkan Anda bisa klik “Kirim”.

  • Setelah klik tombol kirim tersebut, maka Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dilakukan. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 x 24 jam. Setelah verifikasi berhasil dilakukan, maka Anda akan mendapatkan email berupa link, untuk mereset kata sandi akun FB.

  • Silakan Anda bisa klik link tersebut dan mengikuti petunjuk yang diberikan, untuk membuat kata sandi baru.

Ketika mengunggah identitas, pastikan kalau foto yang Anda kirimkan jelas. Mulai dari tulisan yang tidak blur dan juga foto diri yang terlihat. Hal ini bisa membuat proses verifikasi identitas menjadi semakin lancar.

Cara Agar Tidak Lupa Kata Sandi

Meskipun lupa kata sandi adalah hal yang lumrah, dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun ada baiknya kalau Anda tetap bijak dalam menyikapinya. Pada dasarnya, ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya lupa kata sandi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Mencatat kata sandi akun media sosial pada tempat yang aman dan terlindungi. Sehingga akun tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

  2. Gunakan kata sandi yang memang mudah diingat, namun sulit ditebak oleh orang lain.

  3. Menggunakan kata sandi yang sama, untuk semua media sosial. Meskipun bisa memudahkan, namun cara ini juga cukup riskan. Sebab kalau salah satu akun media sosial berhasil dijebol, maka akun media lainnya pun akan bisa dibobol.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi lupa kata sandi Facebook dan nomor tidak aktif lagi. Berbekal ulasan di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi kalau mengalami lupa kata sandi Facebook. Meski demikian, namun tetap ada baiknya kalau Anda menjaga agar tidak sampai lupa kata sandi akun media sosial. Agar Anda tidak perlu repot-repot lagi melakukan reset akun media sosial tersebut.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *