Iklan

Penjelasan Seputar Kode Facebook 6 Digit Serta Manfaatnya

Kode Facebook 6 Digit
Unsplash.com

Facebook yang telah mengganti namanya menjadi Meta beberapa waktu lalu, membuat publik gempar. Sementara itu, kode Facebook 6 digit yang digunakan untuk verifikasi atau konfirmasi, menjadi permasalahan yang dihadapi banyak orang. Seringkali, orang-orang melakukan pendaftaran dengan  menggunakan nomor handphone mereka, namun tidak mendapatkan kode tersebut.

Apalagi jika nomor tersebut sudah tidak aktif. Hal ini tentunya menjadi permasalahan baru. Karena sosial media Facebook saat ini memiliki jutaan pengguna di berbagai negara. Sehingga membuat Facebook memiliki banyak data. Di sisi lain, permasalahan ini perlu diketahui oleh setiap orang agar bisa dengan mudah diselesaikan. Berikut ini adalah penjelasannya!

Kenapa Kode Facebook 6 Digit Sangat Diperlukan?


Facebook merupakan salah satu sosial media terbesar. Dimana ada banyak sekali orang-orang di seluruh dunia, yang tercatat sebagai penggunanya, dalam setiap tahunnya.. Namun, kode Facebook 6 digit tersebut menjadi hal yang patut dipertanyakan. 

Apa pentingnya kode 6 digit tersebut? Kode tersebut merupakan kode tersembunyi dan hanya pemilik akun yang tahu mengenai kode tersebut. Dengan kode yang berjumlah  6 angka ini, keamanan di Facebook menjadi lebih terjamin. Sehingga  tidak akan ada hacker yang bisa menyusup. 

Namun untuk mendapatkan kode tersebut, nomor yang Anda miliki harus aktif. Jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan kode Facebook 6 digit tersebut, dan Anda akan mengalami kesulitan ketika login, maupun saat membuat akun baru. 

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Kembali Akun Facebook yang Telah Dihapus

Namun jangan khawatir, saat ini Anda bisa menggunakan email yang disertai dengan password. Hal ini dikarenakan, meskipun nomor Anda aktif, tetapi jika tidak terverifikasi dengan benar, akan menjadi masalah lain. 

Karena nomor telpon yang belum terverifikasi, akan mempersulit Anda untuk menggunakan nomor tersebut, ketika ingin melakukan login, maupun saat akan menggunakan sosial media lainnya. Meskipun begitu, kode Facebook 6 digit yang Anda dapatkan juga sebenarnya memiliki tanggal kadaluarsa.

Secara umum, Facebook akan mengirimkan kode verifikasi kepada pengguna, bilamana ada tindakan yang mencurigakan. Namun, bisa saja tindakan ini akan mempersulit untuk login. Apalagi jika internet lemot ataupun karena  nomor telepon tersebut tidak aktif.

Baca Juga : Lupa Kata Sandi FB dan Nomor HP Tidak Aktif

Secara otomatis, kode verifikasi bisa saja tidak masuk melalui SMS. Dengan sejumlah alasan tersebut, maka selain dengan menggunakan nomor telepon, maka pihak Facebook juga mengizinkan pengguna untuk menggunakan alamat email.  


4 Cara Mengatasi Kode Facebook 6 Digit yang Tidak Muncul 

Kode Facebook 6 digit yang seringkali terlihat untuk memverifikasi akun Facebook, akan menjadi masalah baru, jika kode tersebut ternyata tidak muncul. Rasa panik dan bingung bisa saja muncul, karena tidak tahu apakah nomor kita belum terverifikasi ataukah memang sudah tidak aktif. 

Namun, ternyata ada alasan dibalik kode Facebook 6 digit tidak muncul. Diantaranya:



Mungkin Anda seringkali lupa untuk mengganti password Facebook. Sehingga orang lain bisa melihat password Anda. Ada seseorang yang mencoba masuk ke akun Anda berkali-kali, hingga mereka melihat celah, dan mendapat kode verifikasi tersebut. 

Hal ini bisa menjadi salah satu alasan, kenapa Facebook memerlukan verifikasi ganda, agar akun Anda aman. Karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengirimkan permintaan untuk melakukan verifikasi ulang pada pihak Facebook.

2. Membuat Akun Baru

Jika Anda tidak tahu lagi bagaimana cara mengembalikan akun lama, Anda bisa membuat Facebook baru. Karena, dengan akun baru tersebut,  Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan Facebook dengan verifikasi ganda. Pastikan nomor Anda aktif, dan alamat email yang sudah  terverifikasi dengan Facebook, agar akun Anda mendapat perlindungan, yang bisa membuat akun tidak mudah di hack.

3. Mengunggah Identitas Asli

Bagaimana jika Facebook meminta Anda untuk memverifikasi nomor, sedangkan nomor Anda sudah  tidak aktif lagi? Tenang, hal ini bisa diatasi dengan mengunggah data asli Anda, sebagai identitas kepemilikan akun. 

Anda bisa menggunakan KTP atau SIM untuk membuktikan identitas Anda sebagai pemilik. Kepemilikan akun ini memiliki beragam pilihan lainnya yang bisa Anda pilih. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan untuk mengembalikan akun yang tidak bisa login, karena tidak mendapatkan kode verifikasi 6 digit.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Facebook yang Dinonaktifkan Tanpa KTP

4. Menggunakan Nomor HP Virtual

Sementara itu, kode Facebook 6 digit yang tidak muncul bisa Anda akali dengan menggunakan nomor virtual. Metode ini secara khusus digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat. Diantaranya dengan menggunakan layanan SMS hingga, aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat nomor virtual. Hal ini bisa Anda manfaatkan, agar akun bisa kembali seperti dulu.

Baca Juga : Nomor HP Virtual Indonesia untuk Verifikasi Gratis

Pentingnya Autentikasi 2 Faktor

Selain kode Facebook 6 digit yang tentunya berjumlah 6 biji angka, untuk keamanan lebih lanjut, Anda bisa menggunakan autentikasi 2 faktor agar Facebook Anda bisa menjadi lebih aman. Autentikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambah lapisan keamanan tanpa password maupun email tambahan, hanya dengan kombinasi satu layer. Bahkan autentikasi ini berguna untuk mengurangi peretasan akun, hingga agar keamanan akun lebih terjaga.

Sesuai dengan namanya yaitu 2FA, Anda hanya membutuhkan satu langkah saja, untuk masuk ke sebuah akun atau situs online. Ketika menggunakan 2FA, website atau aplikasi tersebut akan mengirimkan kode maupun teks numerik ke ponsel pemilik. Sehingga, kode tersebut berfungsi untuk melindungi akun, agar pengguna bisa lebih tenang ketika berselancar di sosial media.

Cara kerja 2FA ini hampir sama dengan website yang meminta penggunanya untuk melakukan konfirmasi email. Hal ini dilakukan untuk memastikan user yang akan melakukan request tersebut, adalah pengguna akun yang asli. Secara umum, autentifikasi 2 faktor tersebut meliputi:

1. One Times Password (OTP)

Setelah memasukkan email dan password, sistem akan mengirim kata sandi, yang hanya bisa digunakan sekali saja. Kode tersebut akan dikirimkan melalui SMS, email maupun melalui panggilan telepon. 

Kode tersebut bisa berupa numerik atau alfanumerik. Setelah memasukkan kode tersebut ke dalam sistem, pengguna akan memiliki akses untuk login ke Facebook. Metode ini sering digunakan, dan semakin populer di dunia industri. Cara seperti ini merupakan hal yang sangat efektif. Mengingat saat ini kejahatan di dunia maya semakin bertambah, dan memerlukan keamanan yang lebih ketat. 

B. Times Based One Time Password (TOTP)

Metode yang satu ini memerlukan konektivitas tersendiri. Dimana kode akan dibuat di perangkat pengguna, dengan  menggunakan algoritma RFC 6238. Algoritma tersebut secara otomatis dapat membuat kode sandi sementara, tanpa terhubung dengan jaringan seluler maupun internet. 

Bahkan, kode tersebut juga bisa digunakan untuk masuk ke akun Facebook Anda. Kode tersebut dihasilkan dari kombinasi kata kunci dan timestamp. Seperti diketahui, timestamp digunakan untuk memastikan kode yang dibuat haruslah terkesan unik. Karena setiap 30 detik, kode akan berubah, agar peretas kesulitan memalsukan kode, maupun menggunakan kode tersebut untuk login maupun akses lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, kiranya sekarang Anda sudah mengetahui mengenai  pentingnya kode Facebook 6 digit, dan autentikasi dua faktor. Dengan mengamankan akun Facebook, hal ini tentunya akan membuat Anda bisa lebih tenang. 

Karena Facebook memiliki keamanan berlapis-lapis, untuk mengamankan akun Anda. Dengan keamanan yang berlapis, akun Anda pasti aman dan kemungkinan kecil peretasan tidak bisa dilakukan oleh hacker. Demikianlah informasi tentang kode Facebook 6 digit. Semoga bermanfaat.
Fajar M Reza Crawl, Walk and Run

0 Response to "Penjelasan Seputar Kode Facebook 6 Digit Serta Manfaatnya"

Post a Comment

Display

Iklan halaman

Iklan tengah halaman 1

Iklan Bawah Artikel