Cara Mematikan HP Tanpa Tombol Power dengan Mudah dan Praktis

Cara Mematikan HP Tanpa Tompol Power


Cara Mematikan HP Tanpa Tombol Power – Tombol power merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada HP / Smartphone. Karena dengan tombol ini layar HP bisa dinyalakan dan dimatikan dengan mudah hanya dalam hitungan detik.

Namun sering kali sebuah smartphone mengalami masalah, entah karena tombol power yang tidak berfungsi atau ada kendala lainnya yang membuat HP tidak bisa dinonaktifkan menggunakan tombol tersebut.

Lalu bagaimanakah solusi atau cara mematikan HP tanpa tombol power? Nah untuk itu silahkan Anda simak pada ulasan berikut ini.

Cara Mematikan HP Tanpa Tombol Power


Cara nonaktifkan HP tanpa menekan tombol power ini terdapat beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Dan tentunya trik ini hanya dapat dilakukan untuk pengguna HP Android saja.

Adapun cara mematikan HP tanpa tombol power adalah sebagai berikut!

1.  Cara Mematikan HP Tanpa Tompol Power Melalui Menu Aksesibilitas


Setiap smartphone Android umumnya mempunyai fitur Accessibility dan Assistant Menu yang terdapat di dalam pengatutan ponsel. Dengan mengaktifkan fitur tersebut Anda dapat mematikan HP tanpa menekan tombol power sama sekali. Selain itu Anda juga bisa mengatur volume, lockscreen dll melalui menu Aksesibilitas.

  Masuk ke Pengaturan


Pertama-tama silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke menu Setting (pengaturan / setelan) yang terdapat di menu utama ponsel Android.

  Pilih Aksesibilitas


Langkah berikutnya carilah tulisan Accessibility / Aksesibilitas di dalam pengaturan. Untuk sebagian merk HP setelan Aksesibilitas biasanya tersembunyi di bagian Pengaturan Tambahan. Lihat seperti pada contoh di gambar ini.


  Pilih Interaction and dexterity


Jika pada setelan Accessibility terdapat menu Interaction and dexterity, maka Anda perlu tap ke menu tersebut. Namun untuk beberapa jenis ponsel tertentu, Anda bisa langsung masuk ke Menu Aksesibilitas.


  Aktifkan Pintasan / Assistant Menu


Setelah Anda berhasil masuk ke pengaturan di atas, Anda bisa langsung mengaktifkan Assistant Menu. Namun jika di dalam setelan tersebut hanya ada menu Pintasan, maka silahkan aktifkan saja seperti contoh gambar berikut.


  Masuk ke Menu Pintasan


Assisstant Menu biasanya akan langsung muncul di layar utama setelah diaktifkan. Agar masuk lebih cepat Anda bisa mengusap layar dari bawah ke atas menggunakan 2 jari. Lalu menu pintasan akan langsung muncul seperti berikut.


  Tap pada Ikon Power


Cara mematikan HP tanpa tombol power inilah langkah terakhir yang perlu Anda lakukan. Cukup tekan saja gambar / ikon power, maka Anda bisa melakukan lockscreen, restart atau menonaktifkan smartphone Android dalam satu ketukan saja.

Nah kurang lebih seperti itulah trik menonaktifkan HP tanpa perlu menekan tombol power melalui fitur Aksesibilitas. Akan tetapi cara diatas hanya berlaku bila HP Anda mempunyai fitur tersebut. Jika tidak, silahkan ikuti pada langkah berikutnya.

2.  Cara Mematikan HP Tanpa Tompol Power Mengunakan Aplikasi


Sangat disayangkan bila ternyata pada beberapa ponsel tidak memiliki fitur seperti di atas. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa melakukannya melalui cara alternatif untuk solusi masalah ini.

Cara mematikan HP tanpa menekan tombol power pada trik ini yaitu dengan menginstal sebuah aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan secara bebas melalui Google Play Store maupun penyedia lainnya di internet.

Berikut ini ada 2 aplikasi yang bisa digunakan untuk mematikan layar HP secara mudah dan praktis selain menggunakan tombol power, yaitu:

1.  Aplikasi Power Button to Volume Button


Power Button to Volume Button adalah aplikasi yang berguna untuk mengubah fungsi tombol Volume menjadi Power. Jadi ketika layar HP redup Anda bisa menggunakan tombol Volume untuk menyalakan kembali layar ponsel.

Namun kekurangan dari aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk nonaktifkan HP, melainkan hanya untuk meredupkan layar sementara seperti melakukan lockscreen. Untuk mematikan HP tanpa tombol power Anda bisa menggunakan aplikasi berikutnya di bawah ini.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Power Button to Volume Button, antara lain:

  Unduh sebuah aplikasi bernama Power Button to Volume Button dari Playstore Android.

  Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi tersebut melalui tombol yang tersedia atau bisa lewat menu utama.

  Silahkan centang Boot pada kotak kosong yang tersedia.

  Centang juga kotak di bawahnya pada Screen Off.

  Bila muncul pop up Aktifkan aplikasi admin Perangkat?, lalu ikuti sesuai perintah dan Aktifkan.

  Berikutnya tap satu kali bagian paling atas yaitu Enable/Disable Volume Power hingga muncul notofikasi di atas layar.

  Lalu usap ke bawah layar untuk memunculkan notifikasi dan menggunakan tool tersebut.

  Cara mematikan HP tanpa tombol power disini tinggal Anda tap saja pada Turn off screen, maka layar ponsel akan langsung redup.

  Untuk menyalakan kembali layar HP Anda, gunakan saja tombol volume. Maka Anda bisa melihat layar smartphone telah aktif seperti biasa.

Aplikasi tersebut memang tidak bisa langsung mematikan layar ponsel, karena itu Anda bisa mengikuti cara mematikan HP tanpa tombol power menggunakan aplikasi di bawah ini.

2.  Aplikasi Power Menu Shortcut – Shutdown


Aplikasi Power Menu Shorcut adalah pilihan terbaik sebagai alternatif yang tidak mempunyai fitur Accessibility pada smartphone Android Anda. Karena dengan aplikasi ini Anda bisa memunculkan opsi power off dengan mudah.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya yang terbatas hanya untuk meredupkan layar HP saja, tetapi dengan aplikasi ini Anda dapat sekaligus mematikan HP Anda.

Nah agar lebih jelasnya, berikut cara mematikan HP tanpa tombol power menggunakan aplikasi Power Menu Shorcut – Shutdown, antara lain:

  Silahkan install aplikasi Power Menu Shorcut – Shutdown di smartphone Android Anda.

  Setelah terinstal, jalankan aplikasi dengan menekan tombol Open / Buka.

  Jika sudah masuk, klik Accept and Continue.

  Selanjutnya tekan tombol NEXT >.

  Pada menu Select Working Mode, pilih salah satunya.

  Jika HP Anda memang tidak di root pilih saja Non-Root mode, klik NEXT >.

  Lihat pada bagian Accessibility Service. Bila statusnya Disabled, Anda perlu mengaktifkannya.

  Caranya di bagian paling bawah, klik OPEN ACCESSIBILITY SETTINGS.

  Lalu aktifkan Power Menu Shorcut, klik OK.

  Kembali ke aplikasi Power Menu Shorcut – Shutdown, Klik NEXT >.

  Terakhir klik saja FINISH.

Kemudian secara otomatis akan muncul opsi untuk Lockscreen, Restart dan Matikan HP. Maka cara mematikan HP tanpa tombol power, cukup pilih saja Matikan. Selesai!

Kesimpulan


Cara mematikan HP tanpa tombol power bisa dilakukan bila ponsel Android Anda mempunyai fitur Accessibility, karena fitur ini memang difungsikan sebagai alat pintasan pada smartphone Android. Namun jika HP Anda tidak mendapatkan fitur Accessibility, Anda bisa mematikan layar HP Anda tanpa menekan tombol power dengan cara alternatif, yaitu dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti di atas. Semoga bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *