Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang

Umumnya ketika pertama kali Anda ingin membuat sebuah akun seperti media sosial Facebook atau WhatsApp, untuk menyelesaikan pendaftaran diperlukan yang namanya proses verifikasi dengan nomor telepon. Namun bagaimanakah cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang?

Seperti yang Anda tahu, proses verifikasi akun biasanya dibuat dalam bentuk kode angka yang dikirim melalui nomor telepon aktif pada ponsel. Sehingga kemudian kode tesebut dipakai untuk melakukan aktivasi akun agar dapat digunakan.

Oleh sebab itulah nomor telepon menjadi hal yang penting, selain sebagai kontak utama Anda juga diperlukan untuk mendaftar dan login pada suatu akun. Apabila nomor ini sudah tidak aktif atau mungkin hilang, tentu Anda akan kesulitan melakukannya.

Cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang bisa jadi dikatakan cukup rumit. Tetapi setidaknya ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mendaftarkan sebuah akun tanpa bergantungan dengan nomor Anda yang hilang tersebut. Untuk itu, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang?

Mungkin Anda pernah mendengar ada yang namanya layanan nomor virtual, seperti di artikel kami sebelumnya tentang nomor HP virtual yang berguna sebagai pengganti nomor utama.

Nomor telepon virtual merupakan sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan nomor gratis, di mana fungsinya adalah untuk menerima panggilan, SMS hingga mendapatkan kode verifikasi layaknya seperti menggunakan kartu SIM Anda seperti biasa.

Layanan ini bisa diperoleh dari banyak metode, ada yang gratis dan ada juga versi berbayarnya. Metode tersebut bisa didapatkan dari menginstal salah satu dari beberapa aplikasi, atau jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda bisa menggunakan layanan ini dengan cara mengunjungi sebuah situs.

Jika nomor hilang, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah melakukan verifikasi dengan memakai nomor virtual ini. Selengkapnya akan dijelaskan pada tutorial seperti berikut.


Baca Juga : Cara Membuat Nomor Telepon Palsu Indonesia Untuk Verifikasi

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang Menggunakan Aplikasi

Bagi pengguna smartphone Android, mendapatkan nomor kedua secara online sangatlah mudah. Ada banyak sekali pilihan aplikasi penyedia nomor telepon virtual yang dapat diinstal dari Google Play Store.

Berikut robotandro.com akan merangkum beberapa aplikasi terbaik untuk cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang, antara lain:

1.  Virtual Number – Receive SMS For Verification

Jika Anda ingin mendapatkan nomor sementara sebagai pengganti nomor hilang Anda untuk menerima SMS verifikasi, aplikasi ini lumayan mudah digunakan. Virtual Number menawarkan lebih dari 50 nomor HP dari berbagai negara termasuk US, UK, Canada, Russia, Netherlands, HongKong, Estonia dan Indonesia.


Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan virtual number, tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi. Cukup instal aplikasinya dari Google Play Store, dan Anda akan bisa memilih kode negara mana yang ingin digunakan. Berikut cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang:

  Unduh aplikasi bernama (Virtual Number – Receive SMS For Verification) via Playstore, kemudian install di Android Anda.

  Bila sudah terinstal, buka aplikasi Virtual Number. Di sini Anda bisa memilih salah satu nomor dari daftar yang telah disediakan dalam menu Free Numbers Online.

  Sekarang Anda hanya perlu menggunakan nomor tersebut untuk mendaftarkan pada sebuah akun yang ingin dibuat. entah itu Facebook, Instagram dan sebagainya.

  Cara mendapatkan kode verifikasinya, cukup tekan tombol menu ” Read sms ” yang tersedia di sebelah kanan. Dan kode OTP pun akan muncul pada menu tersebut (tekan refresh jika kode belum masuk).

Nah setelah kode sudah Anda dapatkan, cukup masukkan saja kodenya di bagian verifikasi Anda untuk melakukan aktivasi akun yang Anda buat sehingga nomor yang telah di input tadi akan terdaftar secara otomatis.

2.  Receive SMS app

Hampir sama seperti aplikasi di atas, Virtual Number Receive SMS app juga menawarkan fitur serupa di dalamnya terutama untuk melakukan aktivasi dan verifikasi. Nomor yang disediakan dalam layanan ini yaitu ada Amerika, Kanada, Rusia, HongKong, hingga Indonesia.


Cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang, sama saja seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Pertama, unduh aplikasi Receive SMS – Virtual Number, instal aplikasinya dan buka seperti biasa.

Selanjutnya tinggal gunakan nomor yang sudah tertera di sana, lalu ambil kode verifikasi melalui menu ” Read sms ” yang terpampang di sebelah kanan daftar nomor. Setelah itu, nomor pun siap digunakan untuk akun Anda.

3.  WhatsApp Virtual Number

Sangat jelas terlihat dari namanya, WhatsApp Virtual Number adalah aplikasi dengan fungsi utamanya yaitu untuk memperoleh nomor palsu (virtual) yang digunakan untuk menerima kode verifikasi WhatsApp.

Dengan aplikasi ini, tentu Anda tidak perlu lagi menggunakan nomor utama Anda untuk mendaftarkan akun WhatsApp. Namun untuk Anda sang penikmat gratisan, sayangnya nomor yang tersedia di sini hanya dapat dinikmati jika Anda membelinya terlebih dahulu.

Dengan kata lain, cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang dari menggunakan layanan WhatsApp Virtual Number adalah berbayar.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang Tanpa Aplikasi

Berbeda dengan semua metode sebelumnya, trik yang perlu dilakukan kali ini Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi sama sekali pada perangkat operating system Anda.

Cara ini bisa digunakan entah apakah Anda pengguna Android, iOS atau PC sekali pun bisa bekerja. Karena apa yang Anda butuhkan adalah sebuah browser web untuk mengunjungi situs penyedia nomor untuk verifikasi. Dan inilah cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang tanpa menggunakan aplikasi, yaitu:


1.  Temporary Phone Number

Temporary Phone Number merupakan situs virtual number untuk terima SMS online secara gratis di seluruh dunia. Metode penggunaan yang sangat mudah, tanpa syarat dan tanpa perlu mendaftar, Anda dapat menerima kode verikasi dari situs web atau aplikasi seperti Gmail, Facebook, WhatsApp, Telegram, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.

Adapun daftar negara nomor telepon yang tersedia di situs ini ada Amerika, Britaniya, Kanada, Rusia, Belanda, HongKong, Estonia, dan termasuk Indonesia. Untuk mendapatkannya silahkan kunjungi situs temporary-phone-number.com.

Fitur:

– Kecepatan terima SMS hanya perlu menunggu selama sekitar 5 sampai 60 detik saja.
– Temporary Phone Number sepenuhnya bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membayar biaya apapun, dan tidak perlu mendaftar akun.
– Sangat cocok untuk Anda yang mementingkan privasi, karena Anda tidak perlu lagi memberikan nomor asli Anda di situs web ketika mendaftar.


2.  SMSReceiveFree

SMSReceiveFree sangat cocok untuk cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang, karena Anda bisa menggunakan pilihan lain selain nomor utama Anda untuk melakukan verifikasi.

Terdapat dua pilihan negara yang tersedia dalam layanan ini, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Dari kedua negara tersebut terdapat banyak lagi pilihan nomor virtual di dalamnya. Cukup pilih salah satunya, dan gunakan sesuai dengan keperluan Anda.

Adapun cara mengaksesnya langsung ketik saja alamat URL smsreceivefree.com dari aplikasi browser di perangkat Anda. Setelah masuk,

  Pilih negara
  Pilih salah satu nomor yang disediakan
  Gunakan nomornya
  Klik nomor untuk melihat pesan verifikasi akun


3.  SMS24.me

Tidak ada yang lebih baik dibandingkan layanan yang menyediakan daftar kebutuhan lengkap untuk Anda. Jika Anda memerlukan lebih banyak nomor virtual, maka situs SMS24.me akan menjadi metode terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Ada banyak sekali pilihan negara di situs ini yang akan membuat Anda akan menyukainya, mulai dari nomor kode negara Indonesia, Malaysia, Spanyol, Amerika, Korea dan masih banyak lagi lainnya yang disediakan. Dan tentunya layanan ini dapat digunakan secara gratis tanpa mendaftar.

Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang dari situs ini, ikuti langka-langkah seperti berikut.

  Buka aplikasi browser, dan kunjungi alamat URL: https://sms24.me
  Pilih negara, diikuti dengan memilih nomor yang tersedia dari daftar
  Gunakan nomornya pada layanan situs atau aplikasi, tempat Anda ingin mendaftar dan membuat kode verifikasi
  Periksa kembali di situs sms24.me, kemudian klik nomor yang telah digunakan tadi
  Kode OTP akan muncul di menu ini, cukup salin dan masukkan kode OTP untuk verifikasi akun Anda
  Selesai.


Kesimpulan

Itulah berbagai metode cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang. Dimulai dari layanan gratis hingga berbayar bisa Anda gunakan. Cukup kunjungi salah satu layanan dari daftar di atas dan Anda sudah bisa mendapatkan nomor kedua Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi mendaftar dengan nomor lama yang sudah hilang. Selamat mencoba.

Check Also

Cara Setting WiFi yang Tidak Muncul di Laptop

Cara setting WiFi yang tidak muncul di Laptop bisa dikerjakan dengan banyak metode. Namun tentu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *