Cara Mengatasi Baterai Boros pada Ponsel dan Laptop dengan Mudah

pexels.com

Borosnya baterai pada ponsel dan laptop Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, faktor panel layar yang terlalu cerah serta kedalaman warna pada layar yang makin beragam. Hal tersebut tentunya akan sangat berdampak pada kekuatan baterai perangkat Anda. Maka, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi baterai boros.

 

Selain panel layar, baterai yang boros pada perangkat Anda dapat pula disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terpasang pada ponsel dan laptop Anda. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut berusaha selalu terhubung dengan koneksi atau aplikasi tersebut terus beroperasi di latar belakang. Maka, Anda perlu menyimak cara mengatasi baterai ponsel dan laptop yang boros di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Boros

Berikut adalah tips-tips mengenai cara mengatasi baterai boros pada ponsel dan laptop dengan mudah.

Laptop

  1. Pastikan Baterai telah Terisi Penuh Saat Di-charge

Perhatikanlah saat Anda sedang melakukan pengisian baterai pada laptop Anda. Pastikan bahwa baterai telah terisi penuh. Karena, apabila pengisian baterai dihentikan sebelum baterai penuh dan Anda langsung mengoperasikan laptop akan membuat baterai laptop menjadi lebih boros.

  1. Menginstall Aplikasi Smarter Battery

Aplikasi Smarter Battery dinilai cukup ampuh dalam mengatasi baterai yang boros. Aplikasi ini memungkinkan laptop Anda untuk memiliki daya baterai yang lebih awet serta membuat penggunaan baterai menjadi lebih hemat.

  1. Menggunakan Baterai Laptop yang Baru

Menggunakan baterai laptop yang baru menjadi salah satu jalan keluar ketika cara-cara di atas tidak berhasil. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis baterai apa yang sesuai dengan tipe laptop yang Anda miliki. 

Ponsel

  1. Mengaktifkan Mode Gelap

Fitur mode gelap atau dark mode pada ponsel ternyata tidak hanya membuat pengguna nyaman, namun juga dapat menghemat baterai Anda.

  1. Selalu Menggunakan Jaringan WiFi

Menggunakan koneksi WiFi pada ponsel Anda dinilai dapat lebih hemat dalam penggunaan baterai dibandingkan saat ponsel Anda menggunakan data seluler yang selalu aktif.

  1. Mengatur Kecerahan Layar

Makin redup cahaya yang terpancar dari layar ponsel Anda, akan makin sedikit pula daya baterai yang digunakan. Sebaliknya, makin terang cahaya yang keluar dari layar Anda akan makin banyak mengonsumsi daya baterai pada ponsel Anda.

  1. Menyalakan Mode Pesawat Jika Memungkinkan

Saat Anda membawa ponsel Anda ke tempat yang cukup sulit untuk menangkap sinyal, usahakanlah untuk menyalakan mode pesawat. Hal ini disebabkan ketika ponsel berada di area yang sulit mendapat sinyal, otomatis ponsel tersebut akan berusaha untuk mencari sinyal. Hal tersebut dapat menyebabkan borosnya baterai pada ponsel Anda.

  1. Mengaktifkan Power Mode Saving

Power Mode Saving pada ponsel Anda sangat berperan besar untuk menghemat daya baterai Anda. Mode ini akan memungkinkan ponsel Anda untuk memilih aktivitas mana saja yang tidak perlu beroperasi, karena hal tersebut akan membuat baterai menjadi lebih boros.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai boros yang dapat Anda terapkan pada ponsel dan laptop Anda. Tentu masih ada banyak cara lagi yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai Anda. Namun, tidak ada salahnya bila Anda menerapkan tips-tips mudah di atas pada perangkat Anda.

About Fajar M Reza

Check Also

Cara Transfer Uang dari DANA ke ATM

Cara Transfer Uang dari DANA ke ATM – Nama aplikasi DANA belakangan cukup populer di ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!