Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat

Ada banyak cara mengatasi jaringan lemot indosat yang bisa dilakukan, selengkapnya silahkan baca artikel ini sampai habis ya.


Indonesia saat ini menduduki urutan ke 108 dari 138 negara di dunia untuk masalah Kecepatan Internet. Semua Provider di Indonesia memang berusaha untuk terus meningkatkan kualitas kecepatan Internetnya, salah satunya adalah Provider Indosat.

Walaupun Indosat menghadirkan Kuota Internet yang murah juga berlimpah, tetapi disamping itu beberapa pengguna mengeluhkan tentang kecapatan jaringan yang lamban.

Hal tersebut berdampak sehingga pengguna tidak bisa memaksimalkan memakai Provider tersebut. Memang semakin jauh kita tinggal maka kekuatan internet juga akan semakin berkurang.

Apalagi jika tempat yang kita tinggali berada di pelosok sehingga jauh dari jarak tower pemancar, padahal Indosat ini menjadi salah satu Provider yang kecepatan internetnya cukup baik.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat Ooredoo 2021

Sebelum mengetahui cara mengatasi jaringan lemot indosat, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab jaringan tersebut menjadi lemot.

Penyebab Sinyal Indosat Lemot

Sebelum ke cara mengatasi jaringan lemot indosat, ada baiknya kita bahas dulu penyebabnya.

Pada hal ini banyak sekali faktor yang bisa membuat sinyal kita menjadi lemot, entah itu rumah kita yang berada di daerah pelosok sehingga jauh dari pusat kota.

Atau tower indosat ini masih belum tersedia di daerah yang kita tinggali karena masih terbatasnya tihang pemancar tersebut. Pastinya hal ini yang membuat kebanyakan pengguna kartu Indosat mengeluhkan jaringannya.

Bisa juga penyebab sinyal lemot adalah Ponsel yang kita pakai sudah ketinggalan zaman yang tidak bisa support jaringan 4G. sehingga Indosat tidak bisa memaksimalkan kinerja kartunya.

Tetapi tidak usah khawatir karena dibawah ini aa beberapa cara mengatasi jaringan lemot indosat terbaru 2021. Berikut caranya.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar Ponsel yang kita gunakan mendapatkan sinyal  terbaik dari Provider Indosat. Berikut adalah caranya.

  • Disconnect lalu Reconnect

Hal pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi jaringan lemot adalah dengan menggunakan cara Disconnect kemudian Reconnect.

Cara ini mengharuskan kita untuk memutuskan lalu menyambungkan kembali koneksi internet Indosat kita. Saat menghubungkan ke PC maka Ponsel kita akan mendapatkan IP otomatis yang diberikan oleh Provider dengan berbeda – beda.

Saat mengalami  internet lelet maka lakukanlah cara ini, dengan melakukannya kita akan mendapatkan ip yang baru yang sebelumnya lemot menjadi ip yang lebih cepat dan baik tentunya.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Kita bisa menggunakan Mode Pesawat untuk mengatasi sinyal Kartu Indosat yang jelek. Dengan cara ini kurang lebih seperti cara diatas ketika kita melakukan Reconnect maka kita akan memulai dngan jaringan ip yang baru.

Cara ini cukup ampuh digunakan oleh Provider Indosat, bahkan cara  yang satu ini juga bisa dilakukan dan sangat efektif bagi pengguna Provider yang lain.

Langsung saja kita aktifkan Mode Pesawat yang biasanya ada di bagian Bar atas dan putuskan kembali, maka otomatis jaringan Internet Indosat pada Ponsel kita akan kembali normal dan cepat.

  • Setting Pengaturan APN Indosat

Seperti Provider pada umumnya Indosat juga memilikipengaturan Acces Point Name atau yag biasa kita kenal dengan APN. 

APN adalah gateaway yang menghubungkan sekalig sebagai pengidentifikasian koneksi antara SIM yang kita gunakan dengan operator jaringan Indosat agar terhubung dengan baik.

Settingan APN memang tidak hanya satu dan tersedia beberapa, maka dari itu kita bisa mengubah settingan APN agar menjadi lebih cepat  dan baik. 

Beriku ini adalah settingan yang bisa kita ubah agar kecepatan internet menjadi lebih baik dan stabil.

  1. Name : Indosat

  2. APN : indosatgprs

  3. Username : Kosongkan saja

  4. Password : Kosongkan saja

Itulah settingan APN yang bisa dicoba agar kecepatan internet yang kita gunakan menjadi lebih cepat dan baik, tentunya banyak sekali settingan APN yang bisa dicoba tetapi diatas adalah settingan yang sudah berhasil dam banyak digunakan.

  •  Diamkan Ponsel Sebentar

Barangkali kita menggunakan Ponsel terlalu over atau terlalu lama sehingga menaikkan suhu Ponsel, hal ini tentunya bisa berpengaruh pada kekuatan sinyal menjadi lemot.

Jadi istirahatkan Ponsel kita sebentar saja agar suhu panas di Ponsel kita turun, jangan sampai Ponsel kita melebihi kapasitas pemakaian  atau over battery temperature karena bisa mempengaruhi performa Ponsel menjadi menurun.

Maka dari itu gunakanlah Ponsel seperlunya saja jika memang kita sangat membutuhkan peran Ponsel seharian sudah seharusnya mengisirahatkan Ponsel jika sudah 2 jam pemakaian selama 10 menit.

Dengan cara tersebut maka sinyal akan tetap aman dan performa Ponsel akan baik – baik saja.

  • Restart Ponsel

cara mengatasi jaringan lemot indosat ini cukup menjadi cara yang lumrah dilakukan oleh seluruh pengguna Ponsel, karena dengan cara ini sangat membantu setelah Sinyal di hp terasa lemot.

Setelah proses Restart selesai biasanya sinyal Ponsel kita akan kembali Normal dan Stabil.

  •  Setting Mode Jaringan Provider

Pada Ponsel Android kita pastinya sudah diberikan beberapa pilihan opsi mode jaringan yang bisa digunakan seperti hanya untuk 2G, 3G, 2G/3G (sambung otomatis), dan 2G, 3G, LTE (sambung otomatis).

Kebanyakan pengguna Ponsel masih belum mengetahui fitur yang satu ini sehingga tidak tahu menggunakan Mode Sinyal yang mana.

Oleh karena itu dibawah ini merupakan cara mengatasi jaringan lemot indosat:

  1. Hal pertama adalah membuka pengaturan yang ada di Ponsel kita.

  2. Selanjutnya, masuk pada pengaturan Koneksi lalu pilih Jaringan Seluler.

  3. Setalh itu, kita pilih Mode Jaringan SIM yang kita gunakan untuk jaringan internet. Lalu atur menjadi 2G, 3G, LTE (sambung otomatis).

  4. Tahap terakhir kita tunggu  Sinyal Internet muncul dan berjalan.

  5. Selesai kita sudah menggunakan kualitas Sinyal yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara yang satu ini sangat ampuh sekali untuk dilakukan di kota – kota besar, karena pastinya sudah banyak tower yang menunjang kebutuhan Kecepatan Jaringan Internet tersebut.

  • Menggunakan Alumunium Foil 

Cara yang satu ini cukup unik dilakukan karena kita hanya membutuhkan Alumunium Foil dalam mengaplikasikannya. Bisa menggunakan dari kertas alumunium foil baru atau bekas.

Hal ini juga berdasarkan pengalaman penulis yang sangat worth it untuk dilakukan, juga  tidak harus mengeluarkan uang untuk melakukannya.

Berikut cara mengatasi jaringan lemot indosat:

  1. Potonglah Alumunium Foil menjadi seukuran panjang Ponsel kita.

  2. Letakkan Alumunium Foil yang sudah dipotong di belakang case Ponsel kita.

  3. Maka secara ajaib Sinyal di Ponsel kita akan terlihat di bar sinyal lebih bagus dan lebih cepat.

Hal ini ddipengaruhi karena Alumunium memiliki daya tarik sendiri terhadap aliran listrik, sangat mudah sekali bukan caranya.

Itulah beberapa cara mengatasi jaringan lemot indosat di Ponsel kita, cara – cara diatas sudah banyak dilakukan dan berhasil untuk mempercepat Jaringan Sinyal Kita.

Akhir Kata

Demikian mengenai Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat, kita hanya perlu mengikuti caranya dengan baik dan benar maka jika berhasil kualitas Internet yang kita pakai akan lebih baik.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya pengguna Kartu Provider Indosat.

Check Also

Cara Setting Channel YouTube Agar Banyak yang Nonton

Cara setting channel YouTube agar banyak yang nonton pasti akan banyak dicari oleh para pemilik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *