Cara Mengatasi Masalah Jaringan 503 di YouTube (6 Metode)


Sebagai pengguna platform YouTube, terkadang Anda harus berurusan dengan beberapa error yang tidak terduga dan mengganggu. Salah satu error yang paling umum terjadi yaitu ada masalah dengan server 503 YouTube, yang membuat Anda tidak dapat melihat video yang ingin dipilih untuk ditonton.

Anda kemudian bertanya-tanya apa penyebab kesalahan ini terjadi? Apakah ada cara untuk memperbaikinya? Yap, setiap error (masalah) pasti ada penyebabnya, dan dari masalah tersebut tentu Anda ingin mengatasinya.

Oleh karena itu, di bawah ini kami akan menyampaikan kepada Anda beberapa penyebab serta cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube pada smartphone dan komputer.

Apa Maksud Masalah Jaringan 503 di YouTube?

Error di YouTube adalah kode respon otomatis yang di hasilkan oleh server. Pesan error seperti ini berfungsi terutama untuk memberi tahu Anda tentang tidak tersedianya server tersebut pada waktu-waktu tertentu. Kode error 503 secara harfiah berarti Service Temporarily Unavailable (layanan sementara tidak tersedia).

Ketika server tidak dapat memproses permintaan Anda, server kemudian akan mengirimkan respons ini kepada Anda yang memberitahukan bahwa ada masalah dengan server 503 YouTube.

Lalu kenapa kesalahan ini bisa terjadi? Alasannya bisa jadi beragam. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling umum:

  • Beberapa video tertentu yang diminta tiba-tiba mengalami lonjakan lalu lintas (traffic). Maksud dari hal ini yaitu, adanya banyak user yang mencoba mengaksesnya pada saat yang sama, sehingga menyebabkan permintaan mereka tidak dapat berjalan.
  • Adanya aktivitas yang mencurigakan, seperti upaya peretasan pada server. Saat terdeteksi adanya aktivitas mencurigakan, kemungkinan akses yang diminta secara otomatis akan diblokir sebagai bentuk perlindungan preventif.
  • Sedang dilakukan maintenance atau pemeliharaan sementara pada platform YouTube . Dan bila ini masalahnya, sebenarnya tidak terlalu serius karena biasanya ini hanya berlangsung sementara. Ya meskipun ada juga kasus di mana server down selama berjam-jam.

Itulah beberapa penyebab yang bisa terjadi saat ada masalah dengan server 503 YouTube. Dan pertanyaan berikutnya, bagaimanakah cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Masalah Jaringan 503 di YouTube

Apabila Anda sering sekali mengalami error 503 di YouTube, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk melakukan perbaikan dari kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa metode yang paling efektif, yaitu antara lain :

Metode 1: Tunggu Selama Beberapa Menit

Kedengarannya mungkin sederhana. Namun dalam kebanyakan kasus, kesalahan seperti ini datang dan pergi dengan sendirinya, dengan kata lain: masalah sementara. Anda bahkan tidak perlu mengkhawatirkannya. Terkadang error 503 hanya berlangsung selama beberapa menit.

Namun apabila error tersebut ternyata berlangsung selama berjam-jam, bisa jadi ada masalah lain yang perlu diperbaiki. Seperti beberapa cara berikutnya di bawah ini.

Metode 2: Refresh Halaman YouTube

Metode ini hampir sesederhana seperti di atas. Sebab karena error ini hampir selalu bersifat sementara, kadang Anda hanya cukup untuk melakukan refresh pada halaman YouTube sehingga koneksi akan diperbarui dan semuanya dapat berfungsi kembali.

Cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube ini klik tombol refresh (segarkan) untuk memuat ulang halaman, atau opsi lainnya Anda cukup kembali ke beranda dan coba lagi.

Metode 3: Restart Perangkat

Jika metode di atas kurang efektif, langkah sederhana selanjutnya untuk mengatasi jika ada masalah dengan server 503 YouTube, adalah menghidupkan ulang perangkat (restart).

Kemungkinan bila adanya masalah dengan pengaturan server DNS pada router atau di komputer, maka cara yang dapat dicoba untuk memperbaiki yaitu dengan melakukan reboot dari kedua perangkat tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu:

  1. Pertama, Anda perlu menonaktifkan perangkat (komputer, tablet, atau ponsel) dan putuskan sambungan modem dan router.
  2. Kemudian silahkan Anda menunggu setidaknya sekitar satu menit.
  3. Setelah itu, Anda dapat menghubungkan kembali perangkat router.
  4. Terakhir, cukup nyalakan perangkat yang Anda gunakan untuk menonton video dan memuat halaman di YouTube.
Dan periksa apakah masalah error 503 telah teratasi melalui metode tersebut. Kalau masih belum, silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya di bawah ini.

Metode 4: Cek Status Server YouTube

Berikut ini adalah metode lain yang bisa Anda lakukan. Seperti telah disinggung di atas bahwa error 503 adalah pesan yang memberitahukan Anda adanya kesalahan dari server YouTube.

Walaupun layanan pemulihan ini berada di luar kendali Anda, paling tidak Anda dapat memeriksa situs web atau profil di media sosial Anda untuk mendapatkan informasi terbaru tentang adanya maintenance server.

Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs seperti Down Detector. Di sana Anda dapat melihat informasi yang akan membantu Anda menentukan apakah error di YouTube adalah kesalahan umum atau justru ada hubungannya dengan masalah server.

Metode 5: Hapus Playlist “Tonton Nanti”

Kemungkinan penyebab lain dari ada masalah dengan server 503 YouTube ini yaitu daftar di playlist “tonton nantisudah terlalu lamaJika itu masalahnya, Anda kemudian dapat mencoba untuk menghapus beberapa video dari daftar tersebut atau langsung saja mengosongkan playlist. Untuk melakukannya Anda hanya cukup menekan ikon tiga titik dan pilih opsi “Hapus daftar”.

Metode 6: Hapus Cache Aplikasi YouTube

Menghapus cache dalam aplikasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Karena itu Anda juga bisa melakukannya pada aplikasi YouTube untuk cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube.

Melakukan hal tersebut dapat membantu Anda mengunduh beberapa file, serta menghapus data yang rusak. Dan pada akhirnya tujuannya adalah untuk memperbaiki error 503. Baik untuk pengguna Android atau iOS, berikut ini caranya!

Cara Hapus Cache YouTube di Android :

  1. Langkah pertama, bukalah Pengaturan / Setting di ponsel Android.
  2. Masuklah ke Manajemen Aplikasi atau Daftar Aplikasi.
  3. Kemudian temukanlah aplikasi YouTube,klik ikonnya untuk membuka opsi.
  4. Sekarang Anda harus masuk ke opsi ” Penyimpanan “ dan klik tulisan  Hapus cache “.
  5. Langkah terakhir, silahkan restart aplikasi YouTube Android.

Cara Hapus Cache YouTube di iOS :

Bagi Anda pengguna iOS, untuk menghapus cache, pertama-tama yang harus Anda lakukan ialah menginstal pemasangan aplikasi YouTube. Caranya yaitu dilakukan dengan menekan ikon aplikasi YouTube selama beberapa detik dan kemudian klik tanda X.

Setelah proses uninstall selesai, berikutnya Anda harus mengunduh kembali aplikasi YouTube dari App Store dan lakukan instalasi seperti biasanya.

Kesimpulan

Ketika Anda melihat ada masalah dengan server 503 YouTube, kemungkinan banyak hal yang menyebabkan error tersebut. Dan yang paling sering terjadi adalah disebabkan server down.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui secara seksama apa faktor utama dari hal tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan solusi cara mengatasi masalah jaringan 503 di YouTube.

About Fajar M Reza

Check Also

Cara Ajukan Limit Akulaku

Cara ajukan limit Akulaku sering digunakan oleh pengguna aplikasi pinjaman online yang satu ini untuk ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!