Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Android

Terkadang seseorang bisa sangat ceroboh saat menggunakan smartphone, seperti file dan aplikasi yang tidak sengaja terhapus misalnya. Dan kemungkinan terburuk dari situasi ini yaitu ketika aplikasi yang terhapus itu ternyata adalah aplikasi system ponsel yang mana memang cukup sulit untuk dipulihkan.

Bagi beberapa pengguna mungkin akan memilih reset pengaturan system untuk mencoba memulihkannya kembali namun dengan resiko kehilangan lebih banyak data yang tersimpan di smartphone bila tidak di backup. Lalu adakah cara lain untuk mengembalikan aplikasi system yang hilang / terhapus?

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di HP Android sebenarnya terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan PC atau tanpa menggunakan PC. Dan perlu diketahui beberapa jenis / merk HP mungkin tidak mendukung cara ini. Karena itu silahkan simak dan coba pada tutorial berikut.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Android Menggunakan PC

Jika Anda memiliki komputer atau laptop, memulihkan data dan aplikasi menggunakan metode yang satu ini cukup disarankan untuk Anda.

Anda dapat dengan mudah memulihkan aplikasi sistem yang dihapus menggunakan sebuah software pemulihan data bernama Android Data Recovery Tool . Software Recovery ini digabungkan dengan modul advanced, yang sepenuhnya dapat memindai perangkat Android dan memulihkan kembali aplikasi sistem yang terhapus.

Dengan bantuan tool ini, Anda bahkan dapat memulihkan data lain yang hilang atau terhapus seperti lagu, film, video, file teks, game, dan masih banyak lagi. Software  ini bahkan mendukung pemulihan data dari hampir setiap Smartphone / Tablet Android yang dirilis oleh LG, Samsung, HTC, Micromax, Sony, Dell, Karbonn, Acer, Huawei, dan merek lainnya.

Berikut detail kelebihan dari Android Data Recovery Tool :

  • Dapat memulihkan data yang hilang dari semua model perangkat Android
  • Memulihkan kembali data yang terhapus dari kartu memori yang diformat
  • Memulihkan gambar, audio, video, log panggilan, detail pribadi, email, dll yang hilang.

Langkah-langkah Untuk Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Android

Langkah 1: Hubungkan perangkat Android Anda

  Pertama, setelah sofware Android Data Recovery Tool di atas telah dipasang, bukalah pada komputer lalu pilih Data Recovery ‘.


  Setelah perangkat Anda berhasil diidentifikasi, berikutnya Anda akan melihat menu Data Recovery untuk mulai melakukan pemulihan. 

  Sekarang hubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB. Dengan catatan: Pastikan Anda telah mengaktifkan USB debugging di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Pilih jenis file untuk di scan

  Ketika perangkat Anda berhasil terhubung, Pemulihan Data Android akan menampilkan jenis data yang didukungnya. Hal ini akan memeriksa semua jenis file secara default. Anda hanya perlu memilih tipe data yang ingin Anda pulihkan.

   Dalam menu ini, Android Data Recovery akan memberikan dua pilihan, yaitu: Scan for deleted files (Pindai file yang dihapus) dan Scan all files (Pindai semua file) . Jika Anda memilih “Scan all files”, ini akan memakan waktu lebih lama karena akan memindai file secara menyeluruh.


  Jika Anda yakin klik tombol ‘ Next ‘ di bagian kanan bawah untuk melanjutkan proses pemulihan. Program pemulihan akan memeriksa ponsel Anda terlebih dahulu.

  Dan sekarang perangkat Anda akan mulai melakukan scan untuk memulihkan data yang hilang. Karena proses ini akan berlangsung beberapa saat, jadi silahkan tunggu dan santai saja.


Langkah 3: Pratinjau dan pulihkan data yang hilang dari ponsel Android

Setelah pemindaian selesai, sekarang Anda dapat melihat pratinjau data yang dipulihkan satu per satu. Di sini Anda harus memeriksa item yang Anda butuhkan dan kemudian ketuk ‘ Recover ‘ untuk menyimpan di komputer Anda.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Android Tanpa PC

Kalau sebelumnya Anda bisa memulihkan aplikasi dengan bantuan PC, maka kali ini adalah metode yang sebaliknya (tanpa PC). Di sini Anda akan mendapatkan beberapa metode, yang akan membantu Anda mendapatkan kembali aplikasi sistem yang terhapus pada perangkat Android .

Metode-metode ini bekerja secara efektif dan telah menunjukkan hasil yang positif pada beberapa jenis ponsel. Jadi silahkan simak langkah-langkah di bawah ini untuk melihat apakah HP Anda mendukung cara ini.

Trik 1: Aktifkan Kembali Aplikasi yang Dinonaktifkan 

Sering kali, beberapa aplikasi sengaja dinonaktifkan oleh pengguna lantaran memang jarang / tidak pernah digunakan. Jadi, untuk menampilkan kembali di menu utama, Anda perlu memeriksa aplikasi yang pernah dinonaktifkan dari pengaturan ponsel.

  • Pertama, dari menu utama smartphone, silahkan langsung masuk ke aplikasi Setting / Pengaturan.
  • Kemudan pilih daftar aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang terinstal di Android.
  • Misalnya jika app system yang terhapus itu adalah Kalkulator, maka cari dan masuk dari ikon Aplikasi tersebut untuk melihat detailnya.
  • Di sini Anda dapat melihat opsi Nonaktifkan atau Aktifkan . Apabila aplikasi tersebut memang pernah dinonaktifkan sebelumnya, pilihlah opsi Aktifkan sehingga akan muncul kembali di menu utama ponsel.

Karena terkadang, menonaktifkan aplikasi juga bisa menyebabkan masalah seperti file sistem terhapus atau hilang. Jadi, Anda perlu mengaktifkan aplikasi untuk mendapatkannya kembali.

Trik 2: Tampilkan Aplikasi Tersembunyi

Alasan lain di balik aplikasi sistem yang hilang adalah bisa jadi disebabkan karena Anda atau orang lain secara tidak sengaja menyembunyikannya. Sehingga Anda harus memeriksa aplikasi tersembunyi di ponsel Android Anda.

Opsi menyembunyikan aplikasi biasanya tersedia di pengaturan Launcher, terutama untuk Anda yang pernah menginstal nya dari penyedia pihak ketiga.

  • Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Launcher yang sudah terpasang di ponsel Android.
  • Kemudian buka pengaturan launcher tersebut, di sini Anda akan menemukan opsi Hide apps (Sembunyikan aplikasi) .
  • Pastikan Anda masuk ke menu Hide apps , lalu batalkan pilihan aplikasi yang disembunyikan.
  • Jika Anda tidak dapat menemukannya, ketuk ikon tiga titik yang ada di bagian atas. Di sini Anda akan mendapatkan opsi Show system . Dengan menekan opsi ini akan menampilkan semua aplikasi sistem yang tersembunyi di ponsel android Anda.
  • Jika seandainya ada aplikasi yang dinonaktifkan, Anda bisa pilih opsi aktifkan yang ada di sini. jadi cukup klik saja untuk mengembalikan aplikasi yang dihapus di Android.

Trik 3: Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di Android Dari Library Play Store

Aplikasi yang ada di bagian Library / Perpustakaan Google play store, disusun sesuai urutan pengunduhannya. Aplikasi yang baru dihapus ada di bagian atas sedangkan aplikasi yang dihapus lebih lama tentu ada di bagian bawah.

Jadi ini adalah pilihan yang baik untuk Anda menemukan aplikasi yang dihapus di Android  dan kemudian menginstalnya kembali ke ponsel Android Anda.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di HP Android :

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Anda. Lalu di bagian atas beranda, Anda akan melihat ikon 3 Garis, dan klik ikon tersebut.
  • Dari menu yang terbuka, tekan opsi Aplikasi & Game Saya  .
  • Di bagian menu ini Anda akan melihat 3 tab yaitu Updates, Installed dan Library. 
  • Ketuk ke tab library , di sini Anda akan melihat daftar lengkap semua aplikasi yang secara tidak sengaja terhapus. atau Anda sebelumnya telah mengunduhnya tetapi sekarang tidak lagi ada di perangkat Anda.
  • Sekarang pilih aplikasi dan install salah satu yang ingin Anda pulihkan.

Trik 4: Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Realme

Jika Anda adalah pengguna ponsel Realme UI 2.0 , maka sangat mudah bagi Anda untuk memulihkan aplikasi sistem yang dihapus di ponsel Realme . Karena dengan UI baru ini, ponsel Anda telah dilengkapi fitur untuk mendapatkan kembali aplikasi sistem yang dihapus di telepon .

Silahkan ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di HP Android Realme :

  • Buka Pengaturan ponsel Anda.
  • Ketuk Manajemen Aplikasi.

Cara Mengembalikan Aplikasi System Android yang Terhapus


  • Pilih opsi  Pulihkan Aplikasi Sistem yang Dihapus Instalasinya  .
  • Pada menu ini Anda akan melihat aplikasi apa saja yang terhapus di HP Realme.
  • Klik pada salah satu aplikasi sistem yang ingin Anda pulihkan.
  • Sekarang, Anda bisa mendapatkan kembali aplikasi sistem yang dihapus tersebut di smartphone Realme UI 2.0.

Trik 5: Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus di HP Oppo ColorOS 11

Pembaruan ColorOS 11 hadir dengan beberapa fitur praktis dan bergina, metode memulihkan aplikasi yang dihapus adalah salah satunya.

Anda
mungkin secara tidak sengaja menghapus aplikasi system di ponsel Oppo
dan sekarang Anda mulai bertanya bagaimana cara mendapatkannya kembali? 
Nah, ini adalah tugas yang cukup mudah bagi Anda yang telah melakukan update ke ColorOS 11 di ponsel Oppo Anda sebelumnya.

Sekarang, mari kita lihat cara kerja fitur ini untuk mengembalikan aplikasi yang hilang / terhapus di ponsel Oppo.

  • Buka Setting / Pengaturan  telepon  di ponsel Oppo Anda.
  • Buka  Manajemen Aplikasi .
  • Ketuk pada  Recover Uninstalled System Apps .
  • Selanjutnya, temukan aplikai sistem yang ingin dipulihkan.
  • Kemudian ketuk tombol Install yang tersedia di bagian sebelah kanan aplikasi.
  • Sekarang, aplikasi sistem yang dihapus dari ponsel Oppo akan dipulihkan kembali.

Hal-hal yang Menyebabkan Aplikasi Bawaan Terhapus Ponsel di HP Android

Mungkin diantara Anda akan merasa bingung ketika aplikasi yang terinstal di ponsel Anda tiba-tiba menghilang dari permukaan, padahal Anda tidak pernah merasa menghapus atau menguninstal nya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan, alasan paling umum yang menyebabkan mengakpa aplikasi sistem yang dapat terhapus di HP Android.

  • Restoring System: secara tidak sengaja memilih opsi “Restore” dapat menyebabkan perangkat Anda kembali ke pengaturan pabriknya yang mana dapat mengakibatkan penghapusan data termasuk aplikasi sistem
  • Konflik Software: aplikasi atau file sistem bisa dihapus, salah satunya bisa disebabkan karena adanya konflik software dengan aplikasi dari pihak ketiga yang diinstal.
  • Infeksi Virus: Ancaman virus, Trojan, atau spyware yang mencurigakan dapat masuk ke Smartphone atau Tablet Android Anda dengan berbagai cara. Dan hal ini cenderung dapat menghapus file yang terinfeksi bersama dengan data aplikasi sistem sehingga menyebabkan hilang.

Ketika aplikasi atau file sistem penting Anda terhapus dari perangkat, tentu hal ini menjadi situasi yang sangat mengecewakan bagi penggunanya. Aplikasi atau file sistem memainkan peran yang sangat vital dalam mengelola dan mengakses data, sehingga sangat penting untuk memulihkan aplikasi atau file tersebut.

Nah setelah mengetahui tentang apa saja yang membuat aplikasi sistem Anda hilang dari perangkat Android . Kini saatnya Anda beralih ke bagian metode pemulihannya yaitu “cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di HP Android” seperti di atas.

About Fajar M Reza

Check Also

Cara Ajukan Limit Akulaku

Cara ajukan limit Akulaku sering digunakan oleh pengguna aplikasi pinjaman online yang satu ini untuk ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!