Cara Menggunakan PPSSPP di Android Untuk Bermain Game

Cara Menggunakan PPSSPP di Android

Untuk bermain Game PSP di HP Android setidaknya Anda membutuhkan sebuah emulator bernama PPSSPP di ponsel Anda untuk menjalankan berbagai game menarik dari PlayStation ini. Dengan cara menggunakan PPSSPP, Anda dapat menjalankan semua jenis game PlayStation di perangkat Android Anda. Nah dalam artikel di robotandro.com ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara mengunduh dan menginstal game PPSSPP di perangkat Android Anda.

Pertama-tama, syarat yang diperlukan tentu saja Anda harus memiliki perangkat Android (ponsel atau tablet), dengan setidaknya memiliki minimal 1GB RAM. Selain itu, Anda perlu memastikan OS yang diinstal pada perangkat Anda adalah Marshmallow atau sistem operasi Android yang lebih baru. Jika perangkat Android Anda memenuhi persyaratan ini, Anda akan dapat melanjutkan memainkan game PPSSPP tersebut.

Dan sekarang mari kita lihat bagaimana sih cara menggunakan emulator PPSSPP di HP Android untuk memainkan berbagai game dari PSP? Simak ulasan berikut!

Berikut Langkah-Langkah Cara Menggunakan PPSSPP di Android

Langkah 1: Unduh dan Instal emulator PPSSPP di Android

Cara Menggunakan PPSSPP di Android

Seperti yang kami katakan sebelumnya, untuk memainkan game PSP, Anda perlu menginstal aplikasi emulator yang disebut PPSSPP. Walau sebenarnya masih banyak aplikasi emulator lain yang dapat digunakan untuk memainkan game PSP dalam format .ISO atau .CSO, tetapi untuk tutorial ini, kita hanya akan fokus pada salah satu emulator yang terbaik dari semuanya yaitu emulator PPSSPP.

Emulator ini hadir dalam dua jenis, yang pertama adalah versi gratis PPSSPP yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dengan sangat sedikit iklan yang muncul di berbagai bagian aplikasi. Dan yang kedua adalah aplikasi PPSSPP Gold, yang merupakan versi berbayar, dengan harga sekitar Rp 19.000. Kelebihan utama dari PPSSPP Gold yaitu tidak menampilkan iklan yang mengganggu saat digunakan.

PPSSPP – PSP emulator
Harga: Gratis 

Harga: Rp 19.000 

Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum masuk cara menggunakan PPSSPP. PPSSPP Gold sebenarnya juga tersedia secara gratis dengan menggunakan apk m0d yang tersedia bagi mereka yang tidak ingin membayar untuk aplikasi ini, meskipun kami lebih menyarankan untuk tidak menggunakan versi ini, Anda cukup mendukung pengembang aplikasi hanya dengan membayar untuk versi asli atau lebih baik lagi, tetap gunakan versi gratis.

Langkah 2: Unduh Game untuk PPSSPP

Sekarang setelah emulator PPSSPP Android Anda siap, hal berikutnya yang Anda perlukan untuk memulai adalah game PSP yang sebenarnya. Karena ketika Anda menginstal emulator ini untuk pertama kali, Anda perlu menyiapkan game nya sebelum mulai bermain.

Cara menggunakan PPSSPP di Android untuk bisa bermain, Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa game PSP yang dapat dimainkan harus dalam format file .ISO atau .CSO agar dapat kompatibel dengan emulator Android PSP Anda. Apa yang kami maksud adalah bahwa game-game ini kompatibel dalam format .ISO atau .CSO dan kemudian dikompresi menggunakan aplikasi kompresor file seperti Xplore, WinRAR, ZArchiver dll., artinya, untuk membuka kompresi file game PPSSPP yang dikompresi, Anda harus mengikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

Karena itu, kami juga telah mencantumkan beberapa game PPSSPP terbaik yang harus Anda mainkan di smartphone AndaAnda juga akan menemukan lebih banyak di bawah ini setelah melewati 5 langkah dalam panduan ini!

Baca Juga : GTA 5 PPSSPP Ukuran Kecil Untuk Smartphone

Langkah 3: Unduh ZArchiver ke Android Anda

Cara Install Game PSP di Android


Biasanya file game PPSSPP yang sudah di unduh masih dalam bentuk RAR dan juga tidak bisa dimainkan di emulator PPSSPP. Hal ini dikarenakan file yang dapat dibaca oleh emulator PPSSPP adalah file yang berformat CSO atau ISO.

File ISO atau CSO biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan file RAR. Alasan mengapa dikompresi ke RAR adalah untuk membuatnya lebih ringan dan mengurangi konsumsi data saat mengunduh. Menindaklanjuti seperti yang disebutkan di Langkah 2, Anda perlu mempelajari cara mengekstrak file terkompresi, dalam hal ini, kita perlu meng-unzip atau membuka kompres game PPSSPP.

Untuk memulai, silahkan unduh aplikasi ZArchiver di perangkat Android Anda melalui Google Play Store secara gratis tentunya.

Harga: Gratis 

Langkah 4: Buka ZArchiver dan Ekstrak File Game PPSSPP

Cara menggunakan PPSSPP di Android berikutnya. Untuk mengekstrak file game PSP yang masih dalam bentuk RAR menggunakan Zarchiver adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Zarchiver terlebih dahulu.
  • Kemudian Buka dan jalankan aplikasinya.
  • Selanjutnya cari file game yang masih dalam bentuk RAR yang akan di extract.
  • Jika sudah ketemu, klik ekstrak langsung pada aplikasi Zarchiver.
  • Kemudian tunggu hingga proses extract selesai.
  • Setelah proses ekstraksi selesai, buka hasil ekstrak, Anda akan melihat banyak file.
  • Buka file RAR dari hasil extract tersebut, kemudian ekstrak file yang ada tulisan di belakang RAR tersebut, misalnya gamePPSSPP.rar.
  • Tunggu hingga proses Extract selesai.
  • Terakhir, ekstrak file game ke folder PSP Anda (ekstensi file yang diekstrak harus .iso).

Pada contoh tutorial di atas, file RAR yang awalnya berukuran lebih besar yaitu 965MB, setelah berhasil diekstrak ke ISO ukurannya akan berubah menjadi 1,60 GB.

Langkah 5: Buka emulator PPSSPP, lalu buka folder PSP dan terakhir buka file game (.iso)

Sekarang setelah Anda mengekstrak file ke dalam folder PSP, sekarang lanjut ke tahap cara menggunakan PPSSPP dengan membuka emulator PPSSPP yang sudah diinstal dan mulai menikmati game PlayStation dengan format .ISO favorit di perangkat Android Anda.

Rekomendasi Game Terbaik PPSSPP di Android

1. God of War: Ghost of Sparta

Pada dasarnya, game ini paling populer karena grafisnya. GOW dirilis pada 2 November 2010, dikembangkan oleh Santa Monica Studio dan diterbitkan oleh Sony Entertainment America. Ini adalah game terbaik untuk dimainkan di PlayStation Network. Saat ini ada dua versi dari game ini yang tersedia, pertama di PSP dan juga tersedia di konsol PS3.

2. Assassin’s Creed Bloodlines

Assassin’s Creed Bloodlines adalah video game bergenre aksi-petualangan untuk platform portabel play station. Padahal naskahnya sangat bagus dan menarik. Ini dikembangkan dan diluncurkan oleh Ubisoft Montreal. Ini adalah bagian dari franchise Assassin’s Creed. Sejauh ini hanya dirilis di PSP. Dan para gamer akan menyukainya karena grafisnya yang bagus.

Game ini berisi banyak sekali adegan kekerasan dan menanduk untuk hiburan. Ini adalah permainan pemain tunggal dengan peringkat 7/10 di IGN tetapi setelah bermain selama 2 minggu. Anda tidak akan kecewa setelah memainkan Assassin dengan menggunakan PPSSPP di Android.

3. Dragon Ball Z: Shin Budokai

Dragon Ball Z: Shin Budokai, game Dragon Ball Z pertama yang tersedia sebagai salah satu game PPSSPP terbaik . Di Dragon Ball Z: Shin Budokai Anda akan mengalami pertempuran multipemain nirkabel yang intens yang menampilkan aspek paling menarik dari pertempuran DBZ termasuk serangan jarak dekat dan jarak jauh, serangan balik, pertempuran berkecepatan super tinggi, dan pencurian.

Menampilkan pertempuran multipemain nirkabel berkecepatan tinggi yang menampilkan petarung paling kuat di alam semesta; 18 karakter yang dapat dimainkan, termasuk petarung Pikkon; versi baru dari sistem pertarungan “Saiyan Overdrive” yang terkenal; Transformasi dalam permainan menuju bentuk yang lebih kuat; Adegan baru berdasarkan film Janemba; Tujuh mode permainan, termasuk mode cerita yang menarik.

4. Naruto: Ultimate Ninja Heroes

Edisi terbaru dalam seri ini menawarkan pengalaman gameplay pertarungan sengit dengan gameplay berbasis tim hingga 3v3, aksi pemain tunggal yang intens, dan mode versus multipemain nirkabel hingga dua pengguna di alam semesta Naruto. Dengan delapan adegan interaktif dan 20 karakter yang dapat dimainkan untuk dipilih, pemain dapat berperang di luar batas rumah untuk menjadi Hokage. Pemain juga memiliki kemampuan untuk membuat dan menyesuaikan tim impian ninja mereka sendiri untuk melawan lawan atau menukar profil pemain melalui konektivitas nirkabel.

Untuk lebih memaksimalkan fungsi peningkatan karakter, pemain dapat membentuk kombinasi tim yang berbeda untuk membangkitkan keterampilan tersembunyi yang ada di setiap grup. Tergantung pada kombinasi, keterampilan berbasis tim khusus dapat dipicu. Pemain juga bisa mendapatkan poin kekuatan untuk meningkatkan serangan, pertahanan, chakra, kecepatan, dan bahkan kemampuan khusus setiap karakter.

5. Need for Speed: Most Wanted 5-1-0

Menggabungkan keseruan balap jalanan terlarang dan penyesuaian tuner dengan intensitas kejar-kejaran polisi strategis yang menyaingi adegan kejar-kejaran ala Hollywood, Need for Speed ​​​​Most Wanted menantang para gamer untuk menjadi pembalap jalanan paling terkenal dan sulit dipahami. Pemain langsung merasakan sensasi mengemudi saat mereka berlomba di jalanan di lingkungan global terbuka di mana pengemudi dapat menyetel mobil mereka untuk bersaing dengan kelas kendaraan apa pun atau menggunakan akal mereka untuk mengalahkan hukum guna memenuhi kebutuhan mereka akan kecepatan.

Need for Speed ​​Most Wanted menawarkan balapan yang unik, cepat, dan adiktif dalam genre balap. Pemain bersaing dengan pilot terbaik di tempat kejadian dan secara strategis menghindari lebih dari setengah lusin polisi sekaligus. Juga termasuk kelas open world yang dinamis, gameplay dan kustomisasi baru serta tuner, supercar, dan mobil sport.

 Need for Speed: Most Wanted 5-1-0 (169MB)

6. Tekken 6

Rasakan panasnya turnamen pertarungan hebat ini di mana petarung terbaik dari seluruh dunia bersaing satu sama lain. Hadapi petarung paling populer di game Tekken yang menghadirkan game pertarungan eksplosif ke PSP. Jika Anda ingin memainkan Tekken di PSP Anda, Tekken 6 adalah game yang harus Anda mainkan.

Tekken 6 melihat kembalinya banyak wajah yang sudah dikenal serta karakter baru untuk membuat jajaran terbesar seri yang pernah ada. Dengan daftar petarung yang terus bertambah, masing-masing dilengkapi dengan teknik mematikan, gerakan seni bela diri, dan kombinasi serangan mereka sendiri, Tekken 6 berjanji untuk menjadi “Turnamen Raja Tinju Besi” terbaik. Menambah pengalaman gameplay yang sudah kaya, fitur kustomisasi karakter yang lebih mendalam hanya akan meningkatkan intensitas pertempuran yang luar biasa. Dioptimalkan untuk sistem PSP, Tekken 6 tidak hanya mengemas semua aksi eksplosif dari konsol rumahnya, tetapi juga menampilkan tahapan, konten, item tambahan, dan multipemain ad hoc.

7. Killzone: Liberation

Salah satu game First Person Shooter yang terkenal, Killzone: Liberation mungkin tidak menawarkan mode pemain tunggal terbaik, tetapi itu pasti menebusnya dengan multipemain yang luar biasa. Mode pemain tunggal tidak buruk, tetapi itu mengharuskan Anda untuk ekstra hati-hati atau Anda akan dihukum dengan kematian cepat. Kurangnya pos pemeriksaan membuatnya semakin sulit untuk menyelesaikan level dengan mudah.

Namun, mode multipemain mengadu Anda melawan 8 pemain di mana bidang permainan seimbang dan setiap orang memiliki bidang permainan yang sama. Gunakan keahlian dan taktik Anda untuk mengakali pemain lain dan tunjukkan kepada tim lain siapa bosnya di sini.

8. Grand Theft Auto: Liberty City Stories

Grand Theft Auto: Liberty City Stories adalah game baru dalam seri Grand Theft Auto dan menghadirkan dimensi seluler pada pengalaman epik ini. Kisah asli dan misi baru berlangsung di Liberty City, menampilkan lingkungan yang interaktif dan terbuka, bakat vokal, dan musik yang beragam yang telah menjadi ciri inovatif dari seri ini. Mainan game GTA Liberty City dengan cara menggunakan PPSSPP di Android Anda.

9. Grand Theft Auto – Vice City Stories

Vice City Stories adalah semua yang Anda butuhkan. Game ini membawa peta GTA 3 klasik kembali beraksi. Jika Anda telah memainkan GTA 3, Anda akan menemukan diri Anda melihat tempat dan tempat yang sudah dikenal. Namun, misinya benar-benar baru, jadi Anda bisa memainkan game ini dengan cara yang sama sekali berbeda. Di sana Anda juga akan melihat petunjuk Vice City dan San Andreas. Visual GTA yang menakjubkan dan open-world membuatnya menyenangkan untuk dimainkan di PSP. Lakukan apa pun yang Anda inginkan dalam game Ranked R ini selama Anda membayar polisi tepat waktu.

10. Prince of Persia – The Forgotten Sands

Prince of Persia: The Forgotten Sands adalah bagian berikutnya di alam semesta Sands of Time. Mengunjungi kerajaan saudaranya setelah petualangannya di Azad, Pangeran menemukan istana kerajaan dikepung oleh tentara yang kuat bertekad untuk menghancurkannya. Ketika keputusan dibuat untuk menggunakan kekuatan kuno Pasir dalam pertaruhan putus asa untuk menyelamatkan kerajaan dari kehancuran total, Prince memulai petualangan epik di mana dia belajar mengenakan jubah kepemimpinan sejati, dengan menemukan kekuatan besar.

Kesimpulan

Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menggunakan PPSSPP di Android untuk  mengunduh dan menginstal game PPSSPP menggunakan emulator di perangkat Android Anda. Kami harap panduan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *