Cara Update Net Framework Windows 10

 Cara update net framework Windows 10

Unsplash.com

Pada dasarnya, setiap aplikasi di Windows membutuhkan yang namanya NET Framework agar aplikasi tersebut bisa berjalan secara lancar. Seiring perkembangan teknologi yang ada, Framework pun turut mengalami perkembangan dan pembaruan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara update net framework windows 10 agar aplikasi Anda bisa berjalan semakin lancar.

Net Framework merupakan software yang tidak bisa dipisahkan dari Windows. Sebab Frameworks ini merupakan platform yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menjalankan aplikasi. Pada dasarnya, NET Framework berfungsi untuk menerjemahkan bahasa program sesuai dengan komando yang Anda berikan. Dengan demikian, sebuah aplikasi bisa bekerja sesuai perintah yang diberikan.

Cara Update Net Framework Windows 10 di Laptop

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengenai proses pembaruan NET Frameworks, berikut adalah beberapa cara update net framework windows 10 yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Update Net Framework Windows 10 : Unduh Driver Terbaru

Cara pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan update Framework adalah dengan terlebih dahulu mengunduh driver terbarunya. Anda bisa mengunduh driver terbaru NET Framework tersebut lewat situs resmi Microsoft yang ada di sini.

Setelah Anda mengunjungi laman resmi NET Framework tersebut, silakan pilih versi NET Frameworks terbaru yang Anda butuhkan. Jika sudah, silakan Anda bisa melakukan proses pengunduhan dengan cara klik untuk mengunduh driver tersebut. Kemudian tunggu proses pengunduhan driver NET Framework tersebut selesai dilakukan.  

2. Lakukan Instal Net Framework Versi Terbaru

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan untuk mengupdate framework NET di Windows 10 adalah dengan menginstal framework hasil unduhan tersebut. Ketika Anda sudah selesai mengunduh file versi terbaru, silahkan Anda bisa membuka file driver tersebut dan menunggu proses ekstraksinya hingga selesai.

Apabila sudah selesai proses ekstraksi file driver-nya, maka akan muncul jendela persetujuan. Silakan Anda bisa klik pada bagian “I Have Read and Accept The License Term” lalu silakan klik bagian Install.

Setelah itu Anda hanya perlu menunggu proses instalasi tersebut berjalan hingga selesai dilakukan. Apabila terjadi masalah pada saat proses instalasi, maka akan muncul suatu jendela pemberitahuan. Ketika proses instalasi masih bisa dilanjutkan maka akan muncul tombol Continue. Silahkan klik tombol tersebut untuk melanjutkan proses instalasi.

Namun apabila tombol Continue tersebut tidak muncul maka artinya proses instalasi terjadi masalah dan tidak bisa dilanjutkan. Umumnya dikarenakan komputer Anda tidak mendukung versi terbaru dari Framework tersebut. Solusinya silakan Anda bisa klik tombol Close dan mengunduh versi yang sebelumnya. 

3. Proses Instalasi Complete

Jika tidak terjadi masalah selama proses instalasi, maka Anda hanya perlu menunggu saja proses tersebut hingga selesai dilakukan. Biasanya proses update dan instalasi NET Framework di Windows 10 ini tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Apabila sudah muncul pesan “Installation is Complete” maka proses update dan instalasi NET Framework tersebut sudah selesai dilakukan. Anda hanya hanya perlu menekan tombol Finish untuk mengakhiri proses dan menutup jendela instalasi tersebut.

Setelah proses instalasi Framework versi terbaru tersebut selesai dilakukan, maka versi NET Framework pada perangkat Anda pun menjadi terbaru.

Demikianlah ulasan mengenai cara update net framework windows 10 yang perlu Anda ketahui. Kini Anda bisa mengetahui secara lebih detail terkait dengan proses pembaruan NET Framework pada Windows 10 secara lebih mudah dan jelas. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *