11 Cara Mengatasi Unexpected Store Exception di Windows 10

UNEXPECTED_STORE_EXCEPTION


Dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya, Windows 10 adalah sistem operasi yang sangat andal dengan segala fitur nya. Kendati demikian, tidak berarti versi Windows 10 akan terbebas dari bug. Sama seperti sistem komputer lainnya, masalah error atau crash bisa saja terjadi. Masalah blue screen dengan menyertakan kode UNEXPECTED_STORE_EXCEPTION misalnya.

Unexpected store exception yang tak terduga adalah salah satu contoh masalah BSOD dengan istilah yang sulit diuraikan. Dan sayangnya, tidak ada satupun penjelasan yang jelas tentang jenis BSOD ini. Tentu sangat menjengkelkan ketika Anda ingin menggunakan komputer tetapi yang Anda dapatkan hanyalah blue screen bersama kode error yang tidak jelas, di mana komputer Anda tiba-tiba crash. Apalagi jika Anda tidak mengerti kesalahannya. Maka dengan artikel ini Anda dapat mencoba mempelajari bagaimana cara memperbaiki kesalahan Unexpected Store Exception di Windows 10.

Apa Penyebab Unexpected Store Exception Error di Windows 10?

Mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan masalah BSOD adalah tugas yang sulit. Masalah hardware (perangkat keras) adalah penyebab paling umum dari “unexpected store exception” ini.

Hard drive atau kartu grafis yang tidak berfungsi adalah contohnya. Komponen perangkat keras penting lainnya di komputer Anda, seperti memori sistem.

Menurut pengguna di support forums, salah satu penyebab paling umum adalah dikarenakan kegagalan Hard Disk. Sedangkan kesalahan dari hardware biasanya cukup minim untuk masalah ini. Beberapa users berspekulasi bahwa dalam banyak situasi, extensive system atau driver updates adalah penyebabnya.

Tidak masalah apakah itu masalah yang disebabkan perangkat keras atau perangkat lunak komputer. Sebelum Anda mempertimbangkan untuk mengganti komputer Anda, di bawah ini ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

11 Cara Memperbaiki Unexpected Store Exception di Windows 10

Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini berikut kami bagikan 11 cara memperbaiki error “Unexpected Store Exception” di perangkat Windows 10 Anda.

1. Scan File System yang Rusak

Cara mengatasi unexpected store exception yang pertama Anda dapat mencoba melakukan scan atau pemindaian file sistem yang corrupt di komputer Windows, menggunakan perintah SFC yang dapat dijalankan dari command prompt.

Silahkan ikuti langka-langkah berikut pada komputer Anda :

  Pertama, mulailah dengan mengetik CMD (command prompt) ke dalam kotak pencarian yang terletak di sebelah kiri bawah layar.

  Lalu bukalah command prompt sebagai administrator.

  Untuk memulai scan, ketik sfc /scannow di layar cmd berwarna hitam dan lalu klik Enter.

  Silahkan tunggu saja karena proses ini akan memakan waktu ketika memulai scan pada perangkat Windows.

  Dan setelah itu sfc utility akan secara otomatis mengatasi berbagai masalah apa pun yang mungkin terdeteksi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan perbaikan tersebut.

2. Menggunakan Check Disk Utility

Utilitas chkdsk adalah tool lainnya yang dapat digunakan segagai alternatif, terutama jika perintah sfc di atas tidak menunjukkan kemajuan. Anda dapat menggunakan Chkdsk untuk memindai drive sistem Anda untuk memperbaiki Unexpected Store Exception.

Jika menurut Anda kesalahan Disk kecil yang bermasalah menghasilkan BSOD, ikuti langkah-langkah ini. Maka Anda harus menjalankan chkdsk, yang mungkin saja dapat membantu Anda memperbaiki masalah file system, dan sebagainya. Anda dapat menjalankan chkdsk dengan kredensial admin dari PowerShell atau pada baris perintah, seperti sfc.

  Untuk menjalankan PowerShell (Admin), klik kanan dari menu start dan pilih PowerShell (Admin).

  Untuk melakukan pemindaian, jalankan chkdsk /r di kotak PowerShell, lalu tekan tombol Y untuk mengonfirmasi.

  Utilitas chkdsk akan beroperasi seperti pemindaian boot. Ini berarti Anda harus melakukan restart di komputer Anda. 

  Izinkan untuk memindai hard drive Anda sebelum Windows terbuka untuk memastikan tidak ada konflik.

Jika ada masalah yang ditemukan, chkdsk harus memperbaikinya dan memulai ulang Windows secara otomatis setelah proses selesai.

3. Periksa Kesehatan Hard Disk

Ada beberapa file penting pada hard disk yang kemungkinan termasuk dalam daftar file yang rusak. Bisa jadi ini adalah sumber utama masalahnya. Beberapa pengguna berspekulasi bahwa hard Disk yang rusak adalah penyebabnya. Maka untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan alat dari pihak ketiga untuk melakukan pengujian / diagnostik. Setelah melakukan ini, Anda dapat mengatasi error “Unexpected Store Exception.” di windows 10.

  Pertama-tama Anda perlu mengunduh tool bernama Crystal Disk Info pada PC Anda. Sebuah tool yang dapat membantu Anda untuk mendiagnosis kesehatan dalam komputer Anda.

  Setelah Crystal Disk Info berhasil diunduh, silahkan lanjutkan ke penginstalan, lakukan double click dan ikuti petunjuk di layar.

  Jendela utama pada alat ini akan memberi tahu Anda info tentang bagaimana kinerja hard drive Anda. 

  Jika tes tersebut menentukan bahwa hard drive Anda buruk, tidak lain itu adalah sumber masalah Anda. Jadi untuk mengatasi masalah ini, dengan terpaksa Anda perlu mengganti komponen hard drive.

4. Update Display Driver

Terkadang display driver menjadi faktor dari Unexpected Store Exception di Windows 10. 

Uninstall Driver

•  Pilih Device Manager dari tabel opsi yang dapat diakses dengan mengklik kanan tombol Windows.

•  Anda juga dapat membuka pengelola perangkat dengan cara menekan tombol Windows + R untuk menjalankan alat Run, kemudian ketikkan devmgmt.msc ke dalam kotak pencarian.

  Perluas bagian Display Adaptor pada device manager dan klik kanan pada display hardware Anda.

  Lakukan Uninstall device adalah pilihan yang harus dipilih. Windows akan menampilkan kotak dialog yang meminta Anda untuk mengonfirmasi tindakan Anda; klik Oke untuk melanjutkan.

Hidupkan Kembali komputer Anda.

Update Driver

Semua driver terdaftar berdasarkan tanggal di situs web produsen, dan Anda dapat menginstalnya secara manual. Untuk menginstal driver secara manual, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Klik kanan pada driver Anda di Device Manager dan pilih “Update Driver.”

Sebuah jendela baru akan muncul, meminta Anda untuk memilih apakah akan memperbarui driver secara manual atau otomatis. 

Pilih alternatif “Browse my computer for driver software” dari menu drop-down.

Sekarang, lihat direktori untuk menemukan driver yang Anda unduh. 

Ketika Anda memilihnya, Windows akan menginstal driver yang diperlukan.

Periksa untuk mendeteksi apakah masalah telah teratasi dengan me-restart komputer Anda. Itulah cara mengatasi Unexpected Store Exception.

5. Uninstall Software Antivirus

Microsoft Defender adalah aplikasi perlindungan virus default dan kuat di Windows 10. Tetapi jangan khawatir jika Anda memilih ingin menonaktifkan software antivirus Anda; komputer Anda akan tetap terlindungi. 

Untuk mencopot pemasangan, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

Buka menu di atas tombol start, Tekan kombinasi tombol Windows + X.

Pilih “Panel kontrol” dari menu drop-down.

Anda akan melihat bagian yang disebut “Program” pada panel kontrol. Pilih dengan cara mengkliknya.

Silakan dan pilih program Anti-virus dari daftar. Jika Anda memiliki banyak versi software protection yang diinstal, Anda harus menghapus semuanya. 

Untuk melakukannya, klik kanan pada item yang ingin Anda hapus dan pilih “Uninstall.”

Anda akan ditanya apakah Anda yakin ingin menghapus perangkat lunak tersebut; jawab ya.

Untuk menyelesaikan penghapusan instalasi, ikuti petunjuk di layar.

Komputer Anda harus dihidupkan ulang.

Jika Anda mengikuti prosedur di atas, kemungkinan kesalahan ini terjadi sangat kecil.

6. Mematikan Startup

Ketika Anda me-restart PC, itu biasanya akan masuk dalam fast boost mode. Kernel, status sistem, dan driver tidak perlu dimuat ulang oleh Windows. Ini hanya akan memuat gambar yang dimuat dari file hibernasi ke dalam RAM Anda dan mengarahkan Anda ke layar awal.

Fungsi ini mempercepat startup Windows, jadi Anda tidak perlu menunggu lama seperti sebelumnya.

Fungsionalitas ini juga diketahui menyebabkan masalah dengan tidak memuat driver yang sesuai dengan benar setiap saat. Karena tidak menyegarkan driver, beberapa di antaranya belum dimuat. Kami mungkin mengalami masalah sebagai akibat dari ini.

Untuk membuka aplikasi Run, tekan Windows + R. Ketik “control panel” ke dalam kotak dialog dan tekan Enter. Ini akan membuka panel kontrol.

Pilih Power Options dari panel kontrol.

Saat Anda berada di Power Options, pergi ke sisi kiri layar dan klik “Choose what the power buttons do.”

Anda akan melihat opsi “Change Settings that are currently inaccessible“. Itu membutuhkan hak administratif. Cukup tekan tombol.

Sekarang pergi ke bagian bawah layar dan hapus centang pada kotak “Turn on fast startup“. Kemudian silahkan simpan perubahan.

Anda mungkin perlu me-restart komputer Anda. Periksa untuk melihat apakah masalah Unexpected Store Exception telah teratasi.

7. Update Windows

Penyebab lainnya dari Unexpected Store Exception, bisa jadi ada kemungkinan beberapa file windows hilang. Maka pilihan terbaik untuk memperbaiki unexpected store exception adalah dengan melakukan update file windows.

Untuk membuka bilah pencarian di menu Start Anda, tekan Windows + S. Ketik “Windows Update” di kotak dialog. Pilih hasil pencarian pertama yang muncul.

Saat Anda berada di pengaturan update, klik tombol “Check for updates“. Windows sekarang akan secara otomatis memeriksa dan menginstal pembaruan yang tersedia. Dan bahkan dapat meminta Anda untuk restart.

Periksa untuk melihat apakah “Unexpected Store Exception.” telah diselesaikan setelah pembaruan.

Pembaruan Windows melakukan segala upaya untuk memberikan driver perangkat keras terbaru. Namun, ini tidak berarti bahwa semua yang tersedia adalah versi terbaru. 

8. Menghubungkan Kembali Hard Drive

Anda juga dapat memasang kembali hard Disk Anda untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah ini. Matikan komputer Anda dan lepaskan kabel daya. Setelah itu, lepaskan tutupnya dengan hati-hati. Lepaskan kabel hitam dan putih dari hard drive Anda ke motherboard Anda.

Sebelum mencolokkannya kembali, beri waktu beberapa menit untuk mendinginkannya. Periksa untuk melihat apakah “Unexpected Store Exception” telah diselesaikan setelah mengatur ulang komputer Anda.

Jika Anda telah menginstal ulang Windows dan masalah masih ada. 

Kami mengusulkan agar Anda memeriksakan hard drive Anda. Hard disk mungkin menjadi sumber masalahnya. Bahkan setelah Anda menginstal salinan Windows baru di komputer Anda, masalah tetap ada.

9. Nonaktifkan File History

Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Dengan menekan pintasan Windows Key + I, Anda dapat melakukannya dengan cepat.

Buka area Update & Security.

Sekarang, di panel kiri, buka bagian Backup dan matikan opsi pencadangan otomatis. Jika opsi ini tidak tersedia, File History tidak diinstal di komputer Anda.

Masalah ini harus diselesaikan setelah menonaktifkan Riwayat File. File History adalah alat praktis yang memungkinkan Anda memulihkan file jika rusak.

Fungsi ini dimatikan secara default. Pengguna menyarankan untuk mematikannya untuk memperbaiki masalah Unexpected Store Exception.

10. Matikan Sleep Mode

Menonaktifkan mode tidur adalah solusi lain yang berfungsi untuk sebagian besar pengguna. Kesalahan tampaknya disebabkan oleh sleep mode penyimpanan data yang telah ditentukan (seperti pada fast startup). Anda dapat mencoba menghapus sleep mode untuk melihat apakah masalah Unexpected Store Exception terselesaikan. Perlu dicatat bahwa jika ini tidak membantu, Anda selalu dapat membatalkan penyesuaian.

Klik kanan ikon baterai di sudut kanan bawah layar Anda dan pilih “Power Options.”

Jika Anda tidak melihat opsi ini di PC Anda, tekan Windows + S dan ketik “select a power plan.” Pilih hasil yang paling relevan.

Banyak plan akan ditampilkan di jendela. Di depan power plan yang sekarang aktif di komputer Anda, klik Restore/Change plan settings.

Anda akan melihat opsi “Put the computer to sleep” di jendela ini. Pastikan pilihan diatur ke “Never“. 

Keluar setelah mengklik “Save changes“.

Restart PC Anda dan sekarang, periksa apakah kesalahan telah hilang.

11. Lakukan Reset Atau Install Ulang Windows 10

Jika semua cara di atas tidak berhasil, melakukan instalasi atau mengatur ulang pada perangkat Windows 10 adalah pilihan terakhir. Hal ini dimaksudkan untuk menghapus kesalahan konfigurasi pada sistem Anda.

Tidak seperti versi Windows sebelumnya, Anda sekarang dapat langsung memulihkan Windows ke pengaturan dasarnya. Dimungkinkan untuk melakukannya tanpa harus melakukan penghapusan dan penginstalan ulang Disk.

Klik kanan Start dan pilih menu Setting yang muncul.

Klik Update & Security > Recovery > Get started.

Anda memiliki pilihan untuk menyimpan file Anda (Keep my files to do this). Atau pilihan lainnya yaitu menghapus total hard drive Anda dan memulai dari awal (Remove everything instead).

Windows akan memulai prosedur reset setelah Anda memilih keputusan Anda. Anda mungkin diminta untuk menerima atau menyetujui lebih banyak step selanjutnya.

Kesimpulan

Itulah 11 solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan Unexpected Store Exception pada komputer Windows 10 yang Anda gunakan. Silahkan lakukan satu persatu langkah-langkah di atas untuk melihat apakah masalah tersebut berhasil diperbaiki.

Check Also

Cara Ajukan Limit Akulaku

Cara ajukan limit Akulaku sering digunakan oleh pengguna aplikasi pinjaman online yang satu ini untuk ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.