Personal Komputer Adalah… (Pengertian dan Sejarah PC)

Personal Komputer atau juga dikenal sebagai PC (Personal Computer) adalah jenis komputer mikro yang dirancang pada prinsipnya untuk digunakan hanya oleh satu orang pada satu waktu. Perangkat ini umumnya berukuran sedang dan digunakan oleh satu pengguna (walaupun ada sistem operasi yang memungkinkan banyak pengguna secara bersamaan, yang dikenal sebagai multi-user).

Sebuah personal komputer biasanya dilengkapi untuk menyelesaikan tugas-tugas umum komputasi modern, yaitu memungkinkan pengguna untuk menjelajahi Internet, menulis teks dan melakukan tugas-tugas kantor atau pendidikan lainnya, seperti mengedit teks dan database. Selain itu juga digunakan untuk kegiatan santai seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game, dan belajar, dll.

Sejarah Personal Komputer

PC pertama adalah Programma 101, diproduksi oleh perusahaan Italia Olivetti antara tahun 1962 dan 1964. Komputer pribadi ditemukan oleh insinyur Italia Pier Giorgio Perotto yang juga penemu kartu magnetik. Programma 101 juga digunakan: pada tahun 1969 oleh NASA untuk mengirim manusia ke Bulan dalam misi Apollo 11; di saluran televisi Amerika ABC untuk memprediksi pemilu politik 1969; oleh tentara Amerika untuk merencanakan operasi dalam Perang Vietnam. Pada tahun 1968, Hewlett Packard membuat PC yang hampir identik dengan Programma 101. Hal ini membuat Hewlett-Packard 9100A dan dinyatakan bersalah karena melakukan plagiarisme, hingga harus membayar penggantian biaya kepada Olivetti.

Itu adalah peluncuran spreadsheet VisiCalc, awalnya untuk Apple II dan kemudian untuk PC IBM, aplikasi yang berhasil mengubah komputer mikro menjadi alat kerja. Biaya personal komputer yang rendah membuatnya sangat populer di kalangan keluarga dan pekerja di tahun 1980-an. Itu jauh lebih fleksibel dan kuat daripada komputer perusahaan pada saat itu dan umumnya digunakan untuk bermain game oleh penggemar komputer.

Pada 1990-an, kekuatan personal komputer meningkat secara dramatis, mengaburkan batas usang antara personal komputer dan komputer multi-user seperti mainframe. Saat ini, komputer kelas atas dibedakan dari PC oleh keandalannya yang lebih besar atau kemampuannya yang lebih besar untuk melakukan banyak tugas dan bukan oleh kekuatan CPU.

Sebagian besar personal komputer menggunakan arsitektur perangkat keras yang kompatibel dengan PC IBM, menggunakan prosesor yang kompatibel dengan x86 yang dibuat oleh Intel, AMD, atau Cyrix.

Terlepas dari popularitas Personal Computer yang sangat besar, beberapa komputer mikro yang tidak kompatibel dengan IBM (juga umumnya disebut personal komputer) masih populer untuk penggunaan khusus tertentu. Alternatif utama, hingga saat ini, adalah komputer dengan prosesor PowerPC, dengan sistem operasi Mac OS X Apple Computer (walaupun sistem operasi lain dapat berjalan pada arsitektur ini), yang digunakan terutama untuk desain grafis dan penggunaan terkait, juga berfungsi sempurna untuk pengguna rumahan. Harus dikatakan bahwa mulai tahun 2006 komputer Apple menggunakan mikroprosesor Intel dan PowerPC tidak lagi diproduksi. Meskipun demikian, mereka masih tidak kompatibel (yang kompatibel menggunakan BIOS dan Mac EFI).
 
Personal Computer adalah kata yang mudah digunakan untuk komputer desktop generasi kedua, yang memasuki pasar pada tahun 1977 dan menjadi umum digunakan selama tahun 1980-an. Mereka juga dikenal sebagai personal computer (komputer pribadi).

Personal komputer menjadi tersedia untuk masyarakat umum karena produksi massal mikroprosesor berdasarkan chip silikon dan seperti namanya, dimaksudkan untuk digunakan di rumah daripada dalam pengaturan bisnis/industri. Mereka juga dirancang untuk segera berguna bagi pelanggan non-teknis, berbeda dengan mikrokomputer generasi pertama yang datang sebagai kit dan seringkali membutuhkan keterampilan elektronik. Penggunaan istilah “personal computer” sebagian besar mati menjelang akhir dekade (di AS) atau di awal 1990-an (di Eropa). Hal ini disebabkan oleh munculnya personal computer yang kompatibel dengan IBM PC, dan preferensi istilah “PC” di atas “personal computer.”

Perkembangan Personal Komputer

Daftar di bawah ini menunjukkan di mana personal komputer paling populer dan signifikan secara historis dari tahun-tahun terakhir sejak tahun 1970-an.

Teknologi yang digunakan dalam komputer digital telah berkembang pesat sejak kemunculan model pertama pada tahun 1940-an, meskipun sebagian besar masih menggunakan Arsitektur von Neumann, diterbitkan oleh John von Neumann pada awal 1940-an, yang oleh penulis lain dikaitkan dengan John Presper Eckert dan John William. Mauchly.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: arithmetic unit logic, control unit, primary, main atau central memory, dan perangkat input dan output (I/O). Bagian-bagian ini saling berhubungan oleh saluran konduktor yang disebut bus.

Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) pada dasarnya terdiri dari tiga elemen berikut:

Arithmetic-Logic Unit (ALU) adalah perangkat yang dirancang dan dibangun untuk melakukan operasi dasar seperti operasi aritmatika (penambahan, pengurangan, dll), operasi logic (AND, OR, NO), dan perbandingan operasi relasional. Unit ini adalah tempat semua pekerjaan komputasi dilakukan.
 
Control Unit (CU) mengikuti alamat posisi memori yang berisi instruksi yang akan dijalankan komputer pada saat itu. Ini memulihkan informasi dengan meletakkannya di ALU untuk operasi yang akan dilakukan. Kemudian transfer hasilnya ke lokasi yang sesuai di memori. Setelah ini terjadi, control unit masuk ke instruksi berikutnya (biasanya terletak di posisi berikutnya, kecuali instruksi adalah instruksi melompat, menginformasikan komputer bahwa instruksi berikutnya akan ditempatkan di posisi lain dalam memori).

Primary Memory / Memori Utama :

Memori utama atau Primary Memory (PM), yang dikenal sebagai Random Access Memory (RAM), adalah urutan cells penyimpanan bernomor, masing-masing menjadi bit atau unit informasi. Instruksi adalah informasi yang diperlukan untuk melakukan apa yang Anda inginkan dengan komputer. “Cells” berisi data yang diperlukan untuk menjalankan instruksi, dengan komputer. Jumlah cells ini sangat bervariasi dari komputer ke komputer, dan teknologi yang digunakan untuk memori telah banyak berubah; mulai dari electromecanichal relays, mercury-filled di mana acoustic pulses terbentuk, susunan magnet array, individual transistor hingga sirkuit terintegrasi dengan jutaan sel pada satu chip dibagi lagi menjadi memori statis / static memory (SRAM) dengan enam transistor per bit dan banyak lagi digunakan dynamic memory (DRAM) satu transistor dan satu kapasitor per bit. Secara umum, memori dapat ditulis ulang beberapa juta kali (RAM memory) yang lebih mirip blackboard daripada (memori ROM) yang hanya bisa ditulis sekali.

Input dan Output :

Perangkat Input / Output (I/O) melayani komputer untuk memperoleh informasi dari dunia luar dan/atau mengkomunikasikan hasil yang dihasilkan oleh komputer ke luar. Ada berbagai macam perangkat Input dan Output seperti keyboard, monitor, floppy drive, atau webcam.

Bus

Ada tiga unit dasar dalam komputer:

CPU, RAM, dan subsistem Input / Output, dikomunikasikan satu sama lain melalui bus atau saluran komunikasi:

Address bus, untuk memilih alamat data atau periferal yang akan diakses.
 
Control bus, pada dasarnya untuk memilih operasi yang akan dilakukan pada data (terutama membaca, menulis, atau memodifikasi) dan Databus, tempat data beredar.

Software (Perangkat lunak)

Software atau perangkat lunak adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan program komputer, prosedur, dan dokumentasi yang melakukan beberapa tugas pada sistem komputer. Istilah ini mencakup perangkat lunak aplikasi, seperti pengolah kata yang melakukan tugas-tugas produktif bagi pengguna; perangkat lunak sistem, seperti sistem operasi, yang berinteraksi dengan hardware (perangkat keras) untuk menyediakan layanan yang diperlukan untuk perangkat lunak aplikasi, dan middleware yang mengontrol dan mengoordinasikan sistem terdistribusi.

Operating System

Operating System (OS) mengelola sumber daya komputer dan menyediakan programmer dengan antarmuka yang digunakan untuk mengakses sumber daya tersebut. Operating system memproses data sistem dan input serta respons pengguna dengan menetapkan dan mengelola sumber daya dan tugas sistem internal sebagai layanan kepada pengguna dan program sistem. Operating system melakukan tugas-tugas dasar seperti alokasi dan kontrol memori, memprioritaskan permintaan sistem, kontrol input dan perangkat, memfasilitasi jaringan komputer, dan mengelola file output.

Operating System desktop kontemporer yang umum adalah Microsoft Windows (pangsa pasar 90,65%), Mac OS X (7%), Linux (0,95%), Solaris, dan FreeBSD. Windows, Mac, dan Linux semuanya memiliki server dan varian pribadi. Dengan pengecualian Microsoft Windows, desain masing-masing sistem operasi yang disebutkan di atas terinspirasi oleh atau secara langsung diwarisi, sistem operasi UNIX. UNIX dikembangkan di Bell Labs pada akhir 1960-an dan mendorong pengembangan banyak sistem operasi bebas dan berpemilik.

Kesimpulan
PC atau Personal Komputer adalah jenis perangkat komputer yang digunakan untuk kebutuhan pribadi yang memungkinkan pengguna dapat mengerjakan berbagai tugas, hingga menggunakannya sebagai alat komunikasi dan hiburan.

Check Also

Cara Membuat Foto Blur Tanpa Aplikasi

Cara membuat foto blur  merupakan bagian terpenting dalam dunia desain fotografer. Efek ini untuk menyembunyikan ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.