3 Cara Membuka Google Form Yang Sudah Ditutup

Ketika Anda ingin membuka link dari Google Form yang dibagikan, Anda mungkin menyadari bahwa Google Form tidak lagi bisa dibuka ataupun diisi karena telah tertutup sesuai jadwal. Lalu bagaimana cara membuka Google Form yang sudah ditutup? Simak tips dan trik berikut!
Seperti yang kita ketahui, Google Form merupakan perangkat lunak atau aplikasi online gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat survei, kuisioner dan lain sebagainya. Google Form adalah bagian dari rangkaian aplikasi berbasis web Google, termasuk Google Documents, Google Slide, dan Google Sheets.

Dalam pembuatan Google Form, sering kali waktunya juga telah diatur secara terjadwal sehingga dalam waktu tertentu Form akan langsung tertutup secara otomatis mengikuti schedule. Pertanyaannya, bisakah Google Form yang telah ditutup dibuka kembali? Nah untuk menjawab pertanyaan ini silahkan simak pembahasan cara membuka Google Form yang sudah ditutup di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuka Google Form Yang Sudah Ditutup?

Seperti yang dijelaskan tadi Google Form memungkinkan seseorang untuk membuat survey, kuis atau soal yang biasa dibutuhkan guru untuk mengumpulkan tugas dari murid di kelas. Dalam membuat Google Form untuk soal, biasanya telah ditetapkan waktu dan tanggal sehingga pada hari atau jam tertentu Google Form akan ditutup otomatis.

Jadi, mengenai pertanyaan apakah Google Form yang telah ditutup bisa dibuka lagi? Maka jawabannya tentu tidak bisa. Dikarenakan hal ini jelas bukan dalam kendali Anda, melainkan oleh si admin atau orang pertama yang membuat Google Form tersebut.

Dengan kata lain, Anda tidak akan bisa mengisi Google Form lagi apabila telah tertutup dan hasil dari semua jawaban sudah secara otomatis terkirim ke bagian admin atau pihak yang mempunyai kendali dalam pembuatan isi dari kuisioner tadi.

Sehingga metode terbaik untuk cara membuka Google Form yang sudah ditutup ini adalah dengan menghubungi langsung ke pihak admin yang membuatnya.

Namun di bawah ini robotandro.com ingin membagikan beberapa tips untuk Anda yang ingin membuka dan mengisi Google Form yang waktunya telah habis agar Anda dapat menggunakan kembali Google Form yang sudah lewat batas limit sebelumnya.

3 Cara Membuka Google Form Yang Sudah Ditutup

Berikut adalah 3 cara membuka Google Form yang sudah ditutup yang bisa Anda coba, antara lain:

1.  Cara Membuka Google Form yang Sudah Ditutup dari Admin

Bila Anda adalah pengguna yang mempunyai otoritas utama terhadap soal atau formulir yang dibagikan kepada orang lain misalnya siswa atau peserta, tentu membukakan kembali Google Form yang sebelumnya telah tertutup sesuai jadwal dapat Anda lakukan jika Anda adalah adminnya.

Cara membuka Google Form yang sudah ditutup di sini Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah dan sederhana tanpa harus menghubungi siapa pun untuk melakukannya. Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya, silahkan ikuti beberapa poin di bawah ini:

Langkah 1, Silahkan visit ke situs web Google Form terlebih dahulu, atau Anda bisa masuk melalui alamat URL berikut: https://workplace.google.com

Langkah 2, Setelah halaman terbuka, masuklah dengan menggunakan akun Google Anda seperti biasa.

Langkah 3, Di sini Anda harus memilih pada bagian menu Responses.

Langkah 4, Pilih sebuah opsi yang tertulis “Not accepting responses” dan silahkan ubahlah agar menjadi “Accepting responses“.

Langkah 5, Sekarang Anda bisa langsung melakukan pengecekan dengan cara buka di bagian Preview di sebelah kanan atas.

Nah itulah cara membuka form yang ditutup dengan syarat Anda adalah admin atau pembuat kuisioner tersebut. Sedangkan bilamana Anda tidak ada kaitan dengan pembuat atau pemilik tersebut, tentu saja Anda harus menghubungi Admin seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

2.  Cara Membuka Google Form yang Sudah Ditutup: (Mengisi 2X)

Untuk metode ini sebenarnya adalah lebih di tepatkan untuk mengisi Google Form secara dua kali dengan cara menggunakan akun Google palsu agar Anda tidak akan ketahuan saat menggunakannya.

Agar lebih mudahnya, silahkan ikuti tips seperti berikut untuk melakukan pengisian form dua kali dengan menggunakan akun palsu dari Google, yaitu:

Langkah 1, Dari browser yang biasa Anda gunakan untuk mengakses akun Google, silahkan dikeluarkan (logout) terlebih dahulu dari akun utama Anda.

Langkah 2, Pastikan Anda sudah membuat akun yang berbeda dari akun utama, lalu bukalah dengan akun palsu tersebut.

Langkah 3, Masuklah ke Google Form yang telah dikirimkan kepada Anda, lalu isilah kuis atau soal di dalamnya. 

Langkah 4, Pastikan Anda jangan dulu mengirimkan email Anda di bagian akhir, tetapi keluarlah (logout) terlebih dahulu dari akun bila Anda telah mengetahui pertanyaannya.

Langkah 5, Sekarang gunakan akun utama yang biasa Anda pakai untuk untuk login seperti biasa, dan setelah itu barulah Anda dapat mengisi kembali form sebagaimana Anda biasa melakukannya.

3.  Cara Membuka Google Form yang Sudah Ditutup: (Telah Diisi)

Cara Membuka Google Form yang sudah ditutup memang tidak dapat dilakukan, tetapi Anda bisa saja mengisi kembali formulir yang sebelumnya pernah Anda isi. Cara ini bisa dijalankan dengan trik memanfaatkan incognito mode (mode samaran) pada sebuah browser, terutama untuk browser Chrome.

Adapun cara untuk mengisi Google Form yang telah Anda isi, adalah sebagai berikut:

Langkah 1, Buka aplikasi browser dari perangkat yang Anda pakai untuk membuka Google Form, misalnya Chrome.

Langkah 2, Anda perlu masuk ke incognito mode dengan cara tap tombol menu di bagian kanan atas, kemudian klik tulisan “New Incognito Mode“.

Langkah 3, Copy link dari Google Form yang sebelumnya pernah dikirim pada Anda, lalu buka link dari menu incognito mode yang dibuka tadi.

Langkah 4, Sekarang cukup isi langsung formulir Anda. Kemudian langkah berikutnya kembali dari mode samaran, dan masuk ke mode biasanya.

Langkah 5, Google Form bisa Anda isi kembali seperti tadi, dan bisa Anda kirimkan sesudahnya. Selesai!

Nah itulah semua cara tentang metode pengisian Google Form yang dapat Anda gunakan.

Kesimpulan

Cara membuka Google Form yang sudah ditutup pada dasarnya tidak bisa Anda lakukan, kecuali Anda adalah seorang admin yang mempunyai kendali dalam pembuatannya. Sebaliknya, Anda harus menghubungi admin apabila Anda bukanlah pembuat soal atau formulir yang telah dikirim.

Langkah-langkah yang dijelaskan di atas tidak lebih hanyalah metode lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengisi Google Form dengan akun Anda seperti biasa. Jadi Anda tidak perlu berharap Anda dapat mengisi kembali form yang otomatis telah terkirim ke bagian admin.

Jadi itulah pembahasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai cara membuka Google Form yang sudah ditutup. Semoga dengan penjelasan ini bisa membantu Anda memahami langkah yang harus dilakukan apabila Google Form telah tertutup. Terimakasih.

Check Also

Cara Membuat Foto Blur Tanpa Aplikasi

Cara membuat foto blur  merupakan bagian terpenting dalam dunia desain fotografer. Efek ini untuk menyembunyikan ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.