Cara Cek Kartu KIS Dapat Bantuan, plus Syarat & Cara Daftar

Cara cek kartu KIS dapat bantuan bisa dilakukan dengan jalan mengakses website resmi milik pemerintah Indonesia di bawah naungan departemen Kementerian Sosial. Namun sebelum melakukannya Anda harus sudah terlebih dahulu terdaftar sebagai warga penerima bantuan.

Untuk dapat terdaftar sebagai warga yang berhak mendapatkan bantuan itu, tentu saja ada persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Apabila dari syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Anda dianggap layak, maka akan dimasukkan sebagai calon penerima manfaat.

Apabila semua langkah tersebut telah dilalui maka untuk selanjutnya baru Anda dapat cek apakah bantuan dapat diterima atau tidak. Tak perlu khawatir karena cara cek kartu KIS dapat bantuan dapat dilakukan melalui langkah mudah berikut ini. Selamat menyimak di robotandro.com.

Apakah KIS?

Sebelum membahas mengenai cara cek bantuan, ada baiknya Anda ketahui apakah KIS itu. Jadi KIS adalah singkatan dari Kartu Indonesia Sehat. Pada awalnya keberadaan kartu ini, sesuai namanya, adalah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi para pemilik kartu.

Pada awalnya KIS (Kartu Indonesia Sehat) ini ditujukan bagi warga yang terdaftar sebagai penyandang masalah kesejahteraan yang belum masuk ke dalam daftar BPJS. Nah agar warga golongan ini dapat memperoleh manfaat kesehatan pada BPJS dengan jaminan pemerintah, maka dibuatlah KIS ini.

Dalam perkembangannya, para warga pemegang KIS ini juga berhak untuk masuk ke dalam daftar penerima manfaat bantuan sosial dari pemerintah. Namun untuk dapat merasakan manfaat dari bantuan sosial ini, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

Apa Saja Syarat Pembuatan KIS?

Sebenarnya program bantuan sosial milik pemerintah Indonesia ini meliputi beberapa jenis, yaitu PIP, JKN-KIS, PKH dan Bansos Rastra atau bantuan pangan non tunai. Komitmen pemerintah ingin segera menuntaskan penanggulangan kemiskinanlah yang membuat BanSos memiliki banyak jenis.

Salah satu cabang dari bansos milik pemerintah tersebut adalah KIS. Agar manfaat bansos bagi para pemegang KIS dapat dirasakan benar oleh yang memang berhak, ada beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah bagi warga yang akan mengajukan KIS.

  • Warga negara Indonesia asli yang memiliki masalah kesejahteraan. Golongan ini biasanya berada pada kategori para penyandang disabilitas, tunawisma atau gelandangan, serta para lanjut usia yang terlantar.
  • Warga yang termasuk pada kategori yang disebutkan di atas tadi harus ada di dalam data Program Perlindungan Sosial dimana data ini dikelola oleh pihak BPJS.
  • Warga calon penerima manfaat juga harus memiliki Jaminan Kesehatan Masyarakat, serta wajib untuk memiliki Kartu Keluarga yang terbaru.
  • Pada saat pengajuan permohonan, warga calon penerima manfaat harus melampirkan tanda identitas yang sah dan masih berlaku salah satu anggota keluarganya yang masih ada. Tanda identitas tersebut berupa eKTP.
  • Lalu sebagai syarat yang paling akhir, warga calon penerima manfaat memiliki surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang dalam keadaan tidak mampu dari dinas terkait setempat. Serta melampirkan surat pernyataan atau keterangan yang diberikan oleh Puskesmas di wilayah tempat tinggalnya.

Bagaimana Cara Mendaftar KIS?

Nah apabila golongan warga yang masuk ke kategori calon penerima manfaat telah memiliki kelengkapan syarat yang telah ditetapkan di atas, maka untuk selanjutnya melakukan beberapa tahapan berikut ini agar dapat mendaftar KIS.

  • Membawa salinan identitas diri resmi dari pemerintah berupa KTP milik semua nama yang terdapat di dalam Kartu Keluarganya.
  • Menyiapkan dan membawa serta Kartu Keluarga yang asli beserta salinannya.
  • Menyertakan dalam lampirannya surat keterangan dari Puskesmas setempat dan dari dinas terkait di wilayah tempat tinggalnya yang menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan tidak mampu.
  • Semua berkas yang dipersyaratkan itu dibawa untuk diajukan ke BPJS di wilayahnya.
  • Mengisi formulir dari BPJS dengan data informasi yang benar dan sesuai secara lengkap.

Seperti Apa Cara Cek Kartu KIS dapat Bantuan?

Jika syarat telah terpenuhi dan penagjuan permohonan telah diajukan maka para warga calon penerima manfaat dari bansos pemerintah tinggak menunggu proses verifikasi. Apabila proses verifikasi berhasil dan diputuskan warga tersebut lulus syarat, maka akan diterbitkan KIS atas namanya.

Langkah terakhir bagi para warga calon penerima manfaat yang sudah memegang KIS. Terakhir adalah mencari informasi apakah KIS atas nama yang bersangkutan akan menerima bansos dari kementrian Sosial.

Cara cek kartu KIS dapat bantuan ini bisa dilakukan secara online melalui kunjungan ke laman milik Kemensos. dengan langkah sebagai berikut:

  • Melalui komputer atau HP kunjungi alamat web https://dtks.kemensos.go.id/
  • Masuklah ke menu Cek Penerima Bansos
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan data tempat tinggal yang berupa nama provinsi, kabupaten, kecamatan dan kelurahan.  
  • Jangan lupa ketik nama calon penerima manfaat seperti yang tercetak di KTP serta 8 huruf kode captcha, sebelum menekan tombol Cari Data.
  • Apabila nama Anda masuk sebagai penerima bansos, maka akan terlihat pada status bantuan sosial. Namun jika tidak, layar akan otomatis kembali ke halaman sebelumnya.

Baca juga Cara Membuat Link WA

Demikianlah uraian serta penjelasan cara cek kartu KIS dapat bantuan beserta langkah-langkah pendahuluan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

About Andro

Check Also

Cara Ajukan Retur di Lazada

Cara ajukan retur di Lazada  menjadi penyelesaian bagi banyak pengguna salah satu e-commerce nomor satu ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!