Cara Keluar Dari Game PS3 Dengan Mudah

Cara Keluar Dari Game PS3 – PlayStation 3 atau biasa disingkat PS3 adalah salah satu jenis konsol video game yang dikembangkan oleh Sony Computer Entertainment, pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006. PS3 dibuat untuk melanjutkan seri PlayStation sebelumnya yaitu PS1 dan PS2, dan tentunya kualitas dari PS3 jauh lebih baik daripada seri sebelumnya.
Cara Keluar Dari Game PS3

Namun bagi para pengguna seri PlayStation 3 ini, kebanyakan tidak mengetahui bagaimana untuk keluar dari permainan, menutup atau mengganti game dengan benar. Sehingga jalan satu-satunya dipilih yaitu dengan menekan langsung tombol reset yang disediakan. Padahal hal ini dapat berakibat buruk pada PlayStation apabila terlalu sering dilakukan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda membaca buku panduan PS saat pertama kali membeli seri konsol ini. Terutama untuk memandu Anda saat ingin memulai, mengganti atau cara keluar dari game PS3. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir kerusakan akibat kurangnya pengetahuan dalam penggunaan konsol video game PS3 ini. 

Cara Keluar Dari Game PS3 Dengan Mudah

Cara keluar dari game PS3 sebenarnya ada metode tertentu yang dapat dilakukan. Anda bisa menutup maupun mengganti ke jenis game lain yang diinginkan melalui cara ini.

Jadi, di bawah ini akan dijelaskan 2 metode berbeda, yaitu pertama untuk keluar dari game. Dan penjelasan berikutnya adalah untuk Anda yang ingin mengganti game tanpa perlu lagi menekan tombol reset pada PlayStation. Berikut adalah beberapa langkah untuk Anda, antara lain:

1. Cara Keluar dari Game PS3 dengan Stik

Pada saat Anda masih berada dalam tampilan video game, Anda bisa keluar menggunakan stik yang Anda pegang untuk bermain. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

Langkah 1, Pastikan Anda sudah masuk dalam permainan, dan ambillah stik utama untuk bermain.

Langkah 2, Sekarang dari stik Anda, tekan tombol button yang terletak di bagian tengah, pada gambar atau logo PlayStation.

Langkah 3, Bila tombol yang ditekan sudah benar, maka akan muncul menu baru yang memberikan pilihan untuk keluar dari permainan dengan opsi Quit Game.

Langkah 4, Pilih opsi Quit Game tersebut menggunakan tombol bulat dari stik PS3 yang digunakan. Lalu tekan kembali tombol bulat untuk mengkonfirmasi keluar dari game.

Langkah 5, Secara otomatis tampilan game tadi akan hilang atau dikeluarkan, sehingga Anda dapat mematikan PlayStation Anda dengan cara normal seperti biasa setelah mengikuti cara keluar dari game PS3.

Atau opsi lainnya jika Anda ingin mengganti game secara langsung saat masih dalam tampilan game seperti sebelumnya, maka bisa ikuti panduan lainnya seperti di bawah ini.

2. Cara Mengganti Game PS3 Tanpa Menekan Tombol Reset

Metode yang satu ini memang tidak jauh fungsinya seperti di atas, di mana Anda juga bisa keluar dari game PS3 dengan mudah. Berikut adalah cara mengganti game PS3 saat masih dalam permainan.

Langkah 1, Ambil stik PS3 Anda seperti biasa saat masih dalam mode permainan aktif.

Langkah 2, Silahkan tekan tombol button selama beberapa detik sampai nanti muncul menu baru.

Langkah 3, Di menu ini akan menampilkan bebepa opsi yaitu “Quit Game” , “Control Setting” , “Turn Of The System” seta “Turn Of The Controller“.

Langkah 4, Pastikan untuk memilih pilihan “Quit Game” sehingga nanti permainan akan langsung keluar, setelah mengkonfirmasi dengan tombol bulat di stik PS3.

Dan sekarang Anda bisa memilih game apa saja yang tersedia untuk dimainkan, tanpa menekan tombol reset pada konsol video game. Karena yang jelas perlu diketahui, menekan tombol reset memang dapat dijadikan alternatif untuk mengganti dan cara keluar dari game PS3. Namun ketika hal ini menjadi kebiasaan, ini dapat merusak komponen serta hardisk secara perlahan.

Karena itu, ada baiknya Anda menghindari untuk menekan tombol reset terlalu keseringan, terutama jika hanya untuk keluar dan mengganti game PlayStation pilihan Anda. Cukup gunakan saja metode manual seperti di atas, dan semua akan aman terkendali.

Akhir Kata

Itulah tips dan trik yang bisa kami bagikan untuk Anda tentang cara keluar dari game PS3, baik untuk mematikan atau mengganti ke pilihan permainan Anda yang lainnya tanpa harus menekan tombol reset, melainkan dengan menggunakan langsung tombol button dari stik PlayStation 3. Semoga bermanfaat.

Check Also

Memindahkan Tabel Excel ke Word

Cara Mudah Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Mengubah Format

Jika anda ingin memindahkan tabel excel ke word tetapi terus menjadi berantakan formatnya, maka anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *