Inilah Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP bukan lagi menjadi sebuah persoalan yang rumit untuk dilakukan saat ini. Hal itu berkat hadirnya beragam kecanggihan teknologi melalui terobosan-terobosan inovatif yang terjadi setiap waktu.

Sekarang, semua data foto yang ada di dalam galeri telepon seluler tidak akan langsung hilang begitu saja ketika dihapus. Ini karena semua brand HP telah melengkapi perangkatnya masing-masing dengan fitur preventif semacam itu.

Jadi para pemakai Hp, baik dengan sistem operasi Android maupun iPhone tak perlu risau ketika foto di galeri hilang. Mengapa? Karena sekarang ada cara melihat foto yang sudah dihapus di HP melalui fitur bawaan. Simak penjelasan di robotandro.com lengkap dan terpercaya

Mengembalikan Foto di HP Android

Pada HP berbasis sistem operasi Android, ada sebuah aplikasi bawaan yang bernama Google Photos. Di dalam Google Photos, semua data foto yang hilang dari galeri HP, entah karena dihapus atau terhapus, akan singgah di sana dalam periode tertentu.

Jika Anda berniat ingin mengembalikan data foto itu masuk kembali ke dalam galeri, maka lakukanlah langkah berikut:

  • Hidupkan telepon seluler Android milik Anda.
  • Kemudian masuklah ke folder fitur bawaan, dan temukan aplikasi Google Photos.
  • Jika sudah, masuklah ke aplikasi tersebut.
  • Lalu pilih menu galeri Google Photos yang ada di kanan bawah.
  • Pada halaman berikutnya Anda akan melihat 4 menu yaitu, favorit, utilitas, arsip dan sampah.
  • Tekanlah menu sampah yang diwakili dengan ikon tong sampah tersebut.
  • Di dalam menu sampah pilihlah foto yang ingin dipulihkan dengan menekan foto yang dimaksud hingga keluar tanda centang biru.  
  • Nantinya di bagian bawah akan muncul opsi hapus atau pulihkan.
  • Tentu saja Anda harus pilih pulihkan agar data foto dapat kembali ke galeri.

Baca juga Cara Menghapus Background Foto di PicsArt dari Smartphone Android

Mengembalikan Foto di iPhone

Sama dengan HP jenis Android, pengembang iPhone juga telah menyematkan fitur bawaan preventif semacam itu pada perangkatnya. Bedanya, ada 3 macam cara melihat foto yang sudah dihapus di HP iPhone. Apa saja langkahnya?

1. Mencari di Folder Recently Deleted

Di dalam menu Recently Deleted pada sebuah HP iPhone terdapat foto yang baru saja dihilangkan dari galeri HP. Foto-foto ini akan berada di sana selama kurun waktu 30 hari. Apabila dalam jangka masa itu foto tidak dipulihkan, maka foto akan dibuang secara permanen.

Tak usah khawatir caranya akan rumit, karena Anda hanya tinggal menekan pada data foto yang ingin diselamatkan kembali. Lalu lakukan konfirmasi dengan menekan tombol ‘Ya’ agar proses pemulihan dapat segera dilakukan.

2. Memanfaatkan iTunes

Kemudahan untuk memulihkan data foto terhapus diberikan oleh pengembang iPhone dengan menciptakan iTunes. Perangkat lunak ini berfungsi sebagai alat pengaturan iPhone, termasuk sarana pemulihan terhadap foto yang telah terhapus. Penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan perangkat komputer atau PC atau bisa juga Laptop.
  • Kemudian pastikan koneksi internet lancar dan stabil.
  • Lalu pada menu setting yang ada di dalam HP iPhone milik Anda, carilah fitur Find My iPhone. Kemudian matikan fitur tersebut.
  • Selanjutnya sambungkanlah HP iPhone milik Anda yang sudah dimatikan fitur find My iPhonenya pada perangkat desktop yang sudah disiapkan.   
  • Kemudian melalui desktop masuk ke fitur Backups untuk pilih opsi Restore Backup. Namun semua langkah itu baru bisa Anda lakukan setelah masuk ke aplikasi iTunes ya.
  • Berikutnya adalah terjadinya proses pemulihan data foto di iTunes ke dalam galeri foto di iPhone.  

3. Memulihkan Lewat iCloud

Jika di HP berbasis Android ada aplikasi bawaan yang bernama Google Photos, maka di iPhone aplikasi bawaannya bernama iCloud. Konsepnya sama dengan Google Photos, yaitu melakukan pencadangan data foto secara otomatis ke cloud.

Akan tetapi penggunaan pencadangan otomatis ini ada syarat utamanya. Syarat utamanya adalah proses pencadangan otomatis baru akan dapat dilakukan jika Anda telah mengaktifkan fitur iCloud ini terlebih dahulu sebelum peristiwa penghapusan terjadi.

Penggunaanya melalui tahap berikut:

  • Pertama nyalakan fitur iCloud, dengan jalan Anda lakukan sinkronosasi data pada bagian setting yang ada di iCloud. Jangan lupa untuk memberikan izin pada permintaan aksesnya.
  • Jika sudah, proses pencadangan data akan berlangsung secara otomatis.
  • Ketika Anda menginginkan pemulihan data foto yang telah hilang dari galeri iPhone milik Anda, maka cukup nyalakan saja aplikasi iCloud ini.
  • Tunggulah prosesnya selama beberapa waktu.
  • Bila proses telah selesai, Anda bisa buka galeri foto di dalam HP iPhone untuk memastikan jika semua data foto yang dimaksud telah kembali seperti semula.

Demikianlah uraian yang bisa disampaikan tentang cara melihat foto yang sudah dihapus dari HP kali ini. Meski telah ada cara untuk melihat data foto yang terhapus, namun akan lebih bijak jika Anda lebih berhati-hati ketika melakukan penghapusan data.

Bukankah mencegah itu selalu lebih baik?

About Andro

Check Also

Cara Upload Video TikTok HD

Bukan hanya menikmati keseruan nonton, peminat video mulai penasaran bergerak sebagai pelaku. Namun, ada kalanya ... Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!